Situ Gede / Setu Ageng - Lokasi Danau Bogor Barat di Kota Bogor

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- Bogor memang diberkahi dengan banyak daerah yang bisa dijadikan wisata air. Mulai dari curug hingga setu/situ. Masyarakat yang masih bingung mau berlibur atau mencari suasana alam terbuka yang masih natural serta dengan objek view yang bagus untuk di abadikan sebagai koleksi gambar-gambar instagramable, bisa memilih ke danau atau situ yang ada di Bogor .

Situ Gede - Kota Bogor (Sumber : googlemap(adamscover)



Salah satu situ /setu yang ada di Bogor adalah Situ Gede. Kebetulan lokasi situ ini masih masuk dalam administrasi kota Bogor. Situ Gede terkadang disebut dengan Danau Situ Ageng oleh warga sekitar, memiliki luas 6 hektar dengan kedalaman air sekitar 6 meter.

Danau Situ Gede dahulu berfungsi sebagai panampungan air yang kemudian akan digunakan untuk mengairi sawah di sekitar tempat wisata ini seperti pesawahan di Kecamatan Kawalu, Kecamatan Mangkubumi, Kecamatan Indihiang dan Kecamatan Cibeureum.



Kamu akan menemukan sebuah pulau kecil di tengah tempat wisata ini. Di pulau kecil tersebut terdapat sebuah makam Eyang Prabudilaya yang merupakan seorang tokoh penguasa yang melegenda. Kamu akan merasa betah untuk berlama-lama di sini karena udaranya yang sejuk.

Selain menikmati keindahan pemandangan alam tempat wisata ini dan menikmati kesejukkan udaranya kamu juga bisa mencoba beberapa aktivitas menarik di sini, Kamu bisa menaiki perahu, memancing, dan berjalan di sekitar danau yang dikelilingi hutan yang rimbun, atau berpiknik dengan keluarga.


             

BACA JUGA :

JALAN - JALAN KE HUTAN PENELITIAN DRAMAGA DAN CIFOR

 

Aktivitas yang Bisa Dilakukan Di Situ Gede


Selain menikmati keindahan pemandangan alam tempat wisata ini dan menikmati kesejukkan udaranya kamu juga bisa mencoba beberapa aktivitas menarik di sini, Kamu bisa menaiki perahu, memancing, dan berjalan di sekitar danau yang dikelilingi hutan Cifor yang rimbun, atau berpiknik dengan keluarga.

Dengan begitu wisata ini cocok sebagai wisata keluarga di Bogor yang patut kamu kunjungi. Banyak sekali sudut tempat wisata ini yang bisa kamu jadikan spot foto andalan. 

 

Rute Kendaraan Umum Ke Situ Gede


Berlokasi kurang lebih 10 km dari pusat Kota Bogor, atau sekitar 3 km di utara Terminal Bubulak. Danau Situ Gede berlokasi tidak jauh dengan beberapa situ yang ada di sekelilingnya seperti Situ Panjang dan Situ Burung.

Bagi kamu yang menggunakan kendaraan umum kamu bisa menaiki angkot dengan jurusan Baranangsiang menuju Bubulaak dari terminal Baranangsiang. Setelah sampai di Bubulauk lanjutkan dengan menaiki angkot jurusan Situ Gede Bogor atau gunakan ojek.



Fasilitas Danau Situ Gede


Selain fasilitas parkir yang tersedia di tempat wisata ini kau juga bisa menikmati beberapa fasilitas lainnya di dalam Danau Situ Gede. Kamu bisa menemukan gazebo, toilet, dan taman-taman indah di sana yang bisa kamu nikmati keindahannya untuk melepas kepenatan. Ada pula penangkaran rusa milik badan konservasi CIFOR di lokasi ini. 

BACA JUGA:

Warung Tepi Danau di Situ Burung , Dramaga, Kabupaten Bogor

 




Harga Tiket Masuk Situ Gede

Cukup mengeluarkan uang 4000 rupiah per orang untuk orang dewasa dan 2000 rupiah untuk anak anak kamu bisa menikmati kesejukkan tempat wisata ini.

Jika kamu membawa kendaraan pribadi kamu hanya perlu membayar 2000 rupiah untuk kendaraan roda dua dan 2500 rupiah untuk kendaraan roda empat.

Di sana pun terdapat area perkemahan yang bisa digunakan jika kamu menginginkan sensasi liburan yang lebih seru dengan berkemah.