Apakah Arti Dari Bachelor Degree, Undergraduate, Graduate dan Postgraduate ?

#Tags

Pernahkah mendengar istilah bachelor degree, undergraduate, graduate dan postgraduate ? Sering dengar ya, tapi masih bingung artinya, ya?
Bachelor degree sama dengan gelar pendidikan di Indonesia setara dengan S1. Supaya bisa mendapatkan "bachelor degree" seseorang harus mengikuti program undergraduate dengan beban studi 120 SKS.

Selain bachelor degree, ada beberapa istilah lain seperti Associate Degree, Postgraduate, Undergraduate dan sebagainya. Mari kita bahas satu persatu mengenai hal-hal tersebut.


Sistem Pendidikan Luar Negeri
Setiap negara memiliki peraturan dan sistem pendidikan yang berbeda satu dengan lainnya. Sistem pendidikan Indonesia berbeda dengan sistem di Amerika Serikat. Tidak hanya itu, negara-negara eropa bahkan negara-negara  yang bertetangga di kawasan ASEAN saja bisa berbeda.

Kita ambil contoh saja ya, di Amerika Serikat sendiri ada beberapa jenjang pendidikan yang dapat ditempuh untuk bisa mencapai tahapan tertinggi dalam gelar pendidikan. Bisa dilihat pada gambar berikut :


Sumber : ravimalekinth.wordpress.com

Waktu pendidikan yang dihabiskan hingga tamat berbeda 1 tahun. Yang unik, ketika lulus high school (SMA di Indonesia), maka mendapatkan gelar Diploma. Hal yang cukup berbeda dengan Indonesia. Setelah lulus dari high school atau SMA, jenjang yang dilewati juga berbeda.

Sumber : ravimalekinth.wordpress.com

Setelah menyandang Diploma, luluan di Amerika Serikan dihadapkan pada 3 pilihan jenjang pendidikan pendidikan untuk mendapatkan gelar Certificate, Associate atau Bachelor. Sementara lulusan SMA di Indonesia dapat memilih melanjutkan pendidikan untuk mendapatkan gelar Diploma atau Sarjana. Lulusan SMK yang setara dengan SMA, meski punya pilihan melanjutkan ke perkuliahan, kurikulumnya sangat dititikberatkan supaya bisa langsung bisa melanjutkan bekerja.


Setelah menyelesaikan pendidikannya dan mendapatkan gelar Diploma di level High School (Setara SMA), lulusan dapat langsung terjun ke dunia kerja, atau melanjutkan pendidikan di College atau University untuk mendapatkan certificate, Associate Degree ataupun Bachelor Degree.

Untuk mendapat Certificate ditempuh selama 1 tahun, sementara Associate Degree ditempuh selama 2 tahun (setara beban perkuliahan 60 SKS), dan Bachelor Degree ditempuh selama 4 tahun dengan beban kuliah 120 SKS.

Program Associate Degree adalah gelar yang didapatkan setelah siswa menempuh pendidikan di kampus yang disebut College. Pendidikan difokuskan pada pendidikan keterampilan. Lulusan akan mendapatkan gelar Associate Degree atau setara dengan D3 di Indonesia atau Ahlimadya (Amd).

Program ini biasanya diikuti oleh siswa karena kebutuhan keterampilan untuk langsung terjun ke dunia kerja atau persiapan melanjutkan program Bachelor. Meski nyaris sama seperti di Indonesia, lulusan ahlimadya di Indonesia lebih difokuskan untuk bekerja.

Setelah lulus Associate Degree, lulusan dapat langsung bekerja ataupun melanjutkan studi untuk mendapatkan Bachelor Degree dengan sistem transfer, tentunya dengan persyaratan tertentu. Nantinya siswa yang sudah menempuh Associate’s Degree sudah berada di tingkat 3 dan tidak perlu mengulang masa pembelajaran dari awal. Hanya menempuh tambahan 2-3 tahun masa pendidikan lagi tergantung kebijakan dari pihak universitas.

Hal ini mirip dengan Indonesia, dimana saat seseorang lulusan diploma 3 hendak melanjutkan ke S1, tentu saja diperbolehkan. Hanya saja jumlah SKS yang diakui tentu tidak semua, dan ini memberatkan bagi mahasiswa. Sehingga ada pilihan setara S1 jika lulusan D3 ingin melanjutkan pendidikan, yaitu melalui jalur D4.

Balik lagi ke Associate’s Degree dan Bachelor Degree, kedua program ini dikategorikan sebagai program Undergraduate. Setelah itu ada program graduate dan postgraduate


PROGRAM GRADUATE & POSTGRADUATE
Program graduate post graduate adalah program lanjutan dari undergraduate atau di Indonesia bisa disebut program Pasca Sarjana (S2). di tingkat ini dipelajari program-program studi yang lebih spesifik dari studi sebelumnya.

Graduate adalah program untuk mendapatkan gelar magister / Master. Sedangkan Postgraduate adalah program untuk mendapatkan gelar Doctor / Doktor (PhD).


Arti / Istilah:
- Bachelor adalah sarjana (Muda)
- Degree adalah gelar
 - Associate Degree adalah gelar setara D3 yang diberikan setelah siswa menempuh pendidikan 2 tahun selepas pendidikan High School/SMA.
- Bachelor Degree (gelar sarjana) adalah gelar yang diperoleh oleh siswa setelah menyelesaikan masa studi 4 tahun setelah lulus dari high school (Setara S1)
- Undergraduate adalah program yang terdiri dari program Associate degree dan bachelor.

- Graduate adalah Program lanjutan dari Bachelor dengan studi lebih spesifik (Setara S2) untuk mendapatkan gelar Magister (Master)
 
- Postgraduate adalah Program lanjutan dari Graduate untuk mendapat gelar Doctor (Setara S3)

- Master degree adalah Gelar yang didapatkan selepas lulus dari program Graduate atau S2

- University Adalah Institusi universitas / perkuliahan sarjana S1, S2, hingga S3

- College Adalah Institusi pendidikan / perkuliahan yang memiliki ukuran lebih kecil dari University dan hanya tersedia perkuliahan S1