JALAN - JALAN KE HUTAN PENELITIAN DRAMAGA DAN CIFOR

#Tags

Bogor merupakan kota yang sejak dulu dikenal dengan penelitian pertanian, peternakan, hingga kehutanan. Untuk tanamaan kehutanan dan perkebunan, sudah umum diketahui dengan kebun raya bogor. Padahal selain kebun raya Bogor, juga terdapat  lokasi penelitian lagi di Bogor, tepatnya di Kecamatan Bogor Barat.

Sering sekali banyak yang salah mengatakan lokasi ini sebagai CIFOR ( Center for International Forestry Research ) yaitu, Pusat penelitian Kehutanan Internasional. Padahal  sebenarnya lokasi yang dimaksud ini adalah Hutan Penelitian Dramaga yang berada di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Jalan Lintas di Area sekita  Hutan Penelitian Dramaga

Area ini mempunyai luas hampir 60 Hektar. Dari luar tersebut, ada 10 Hektar yang diserahkan kepada CIFOR sejak 1997 sebagai lokasi penelitian mereka.
Batas-batas Wilayah Hutan Penelitian Dramaga tersebut adalah sebagai berikut :

-  Disebelah Timur berbatasan dengan Kelurahan Bubulak   

-  Disebelah Selatan berbatasan dengan Situ Gede dalam Kelurahan Situ Gede

-  Disebelah Barat berbatasan dengan Kampung Jawa, Kelurahan Situ Gede

-  Disebelah Utara berbatasan dengan Sungai Cisadane

Meski ditujukan untuk penelitian, namun hutan yang memiliki nama asli Hutan Penelitian Dramaga (HPD) ini kerap didatangi pengunjung untuk bersepeda ria atau sekadar berjalan-jalan menikmati kesejukannya.

Rimbunan pepohonan menyambut siapapun yang melintas di hutan yang berlokasi di Jalan Raya Cifor, Bubulak, Bogor Barat, Kota Bogor. Bagaimana tidak, jika memandang ke atas, sinar matahari tampak malu-malu menyelusup di antara dedaunan.


Penangkaran Rusa di Hutan Penelitian Dramaga
Sumber : puslitbanghut(dot)or(dot)id


Biru langit hampir tak terlihat tertutup rindang pohon sehingga tak diragukan lagi hawa sejuknya. Tak hanya disuguhkan pemandangan indah dan suasana menyejukkan, ada juga hewan rusa Timor yang dipelihara dalam penangkaran.  Pengelola pun nampaknya mengizinkan publik untuk berinteraksi dengan rusa sebatas dari luar kandang.

Situ Gede

Jika ingin piknik menikmati suasana hutan, ada area danau yang terletak di sebelah paling selatan Hutan Cifor, yakni Situ Gede.  Di sini terdapat banyak tempat duduk, warung tenda, dan penyewaan tikar untuk membuat pengunjung lebih nyaman.  Jika ingin ke sini, menggunakan kendaraan pribadi dapat dijangkau dengan menyusuri Jalan Raya Cifor atau Jalan Tawakal dari Terminal Bubulak.