10++ Daftar Universitas di Bogor

#Tags

Universitas  di Bogor  cukup banyak. Hal ini karena daerah  Bogor merupakan salah satu kawasan  yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Kawasan ini terdapat 2 wilayah admnistrasi tingkat II yakni Kota Bogor dan Kabupaten Bogor.

Kawasan dengan jumlah penduduk total terdaftar saat ini mencapai 7 juta lebih, merupakan salah satu daerah penyangga ibu kota. Dengan jumlah penduduk 7 juta, maka dibutuhkan lembaga pendidikan. Salah satunya lembaga pendidikan tinggi. Berikut ini adalah
lembaga pendidikan tinggi di Kawasan Bogor, semoga bisa jadi masukan dan informasi jika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.



1. Institut Pertanian Bogor (IPB University)
Salah satu kampus favorit di Indonesia ini sudah berdiri sejak 1963 dengan nama Institut Pertanian Bogor (IPB). Di awal tahun 2019, nama terjemahan bahasa Inggris Institut Pertanian Bogor (IPB) yang semula Bogor Agricultural University kini menjadi IPB University.

https://1.bp.blogspot.com/-a2cpJSFEKK0/YZvN_TiBtwI/AAAAAAAAQec/HloT9aJ4mrkCwmYQ7AkSi6GrpH1vSPbqQCLcBGAsYHQ/s16000/University%2BIPB.jpg



Kampus Utama IPB University berlamat di Jl. Raya Dramaga, Kampus IPB Dramaga Bogor, Jawa Barat. Saat ini IPB University memiliki 9 fakultas dengan banyak program studi di dalamnya mulai dari Diploma sampai Doktor. Ke sembilan fakultas tersebut yakni:

– Fakultas Pertanian
– Fakultas Kedokteran Hewan
– Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
– Fakultas Peternakan
– Fakultas Kehutanan
– Fakultas Teknologi Pertanian
– Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
– Fakultas Ekonomi dan Manajemen
– Fakultas Ekologi Manusia

Tertarik kuliah di IPB University? Untuk informasi lebih lengkapnya, kalian bisa datang ke lokasi kampus yang tertera di atas. Selain itu, bisa juga mengunjungi website resmi dari IPB University yakni https://ipb.ac.id/


2. Universitas Pakuan (UNPAK)



Universitas di Bogor selanjutnya adalah Universitas Pakuan (UNPAK). UNPAK merupakan salah satu universitas swasta yang ada di Kota Bogor. Universitas ini berdiri sejak tahun 1980 di bawah Yayasan Kartika Siliwangi yang saat ini telah berubah nama menjadi Yayasan Pakuan Siliwangi (YPS).

UNPAK berlokasi di Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Saat ini UNPAK memiliki 6 fakultas dengan total kurang lebih 36 program studi. Program studi tersebut mulai dari program vokasi (Diploma) sampai program Doktor. Ke enam fakultas tersebut yakni:

– Fakultas Hukum
– Fakultas Ekonomi
– Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
– Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB)
– Fakultas Teknik
– Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

Tertarik kuliah di UNPAK? Untuk informasi lebih lengkapnya, kalian bisa datang ke lokasi kampus yang tertera di atas. Selain itu, bisa juga mengunjungi website resmi dari UNPAK yakni https://www.unpak.ac.id/.


3. Universitas Djuanda (UNIDA)
UNIDA merupakan universitas di Bogor yang berslogan “Universitas Bertauhid”. Universitas ini berdiri sejak tahun 1987 di bawah yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Indonesia. Kini, yayasan tersebut telah berganti nama menjadi Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliah Indonesia (YPSPIAI).


UNIDA beralamat di Jl. Tol Ciawi No1, Ciawi-Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Saat ini UNIDA membuka 7 fakultas dengan total kurang lebih 16 program studi. Program studi tersebut mulai dari program Sarjana sampai program Doktor. Ke tujuh fakultas tersebut yakni:

– Fakultas Pertanian
– Fakultas Ilmu Pangan Halal
– Fakultas Ekonomi
– Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
– Fakultas Ilmu Hukum
– Fakultas Ekonomi Islam
– Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Tertarik kuliah di UNIDA? Untuk informasi lebih lengkapnya, kalian bisa datang ke lokasi kampus yang tertera di atas. Selain itu, bisa juga mengunjungi website resmi dari UNIDA yakni https://unida.ac.id/


4. Universitas Terbuka (UT) Bogor
UT merupakan Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang terletak di Bogor. Universitas ini berdiri sejak tahun 1984 sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984.

UT menyelenggarakan pendidikan tinggi secara terbuka dan jarak jauh. Setiap orang yang lulus SMA/SMK/MA atau sederajat dapat menjadi Mahasiswa UT tanpa ada pembatasan tahun ijazah, usia, dan lamanya studi. Hal ini, sesuai dari namanya yakni “Terbuka”.

UT Bogor beralamat di Jl. Sholeh Iskandar No.234, Kedungbadak, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat. Saat ini UT memiliki 4 fakultas dengan total kurang lebih 38 program studi. Program studi tersebut mulai dari program Diploma sampai program Doktor. Ke empat fakultas tersebut yakni:

– Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
– Fakultas Ekonomi
– Fakultas Sains dan Teknologi
– Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Tertarik kuliah di UT? Untuk informasi lebih lengkapnya, kalian bisa datang ke lokasi kampus yang tertera di atas. Selain itu, bisa juga mengunjungi website resmi dari UT yakni https://www.ut.ac.id/.


5. Universitas BSI (Bina Sarana Informatika)
Sudah 33 tahun Universitas BSI berkiprah di dunia pendidikan demi mencerdaskan anak bangsa. Ribuan mahasiswa telah lulus di Universitas BSI, dan tidak sedikit dari mereka telah mencapai kesuksesannya masing-masing.

Universitas yang terkenal dengan tagline Kuliah…? BSI Aja!! ini memiliki kurang lebih 30 kampus yang tersebar di seluruh indonesia. Dengan kampus yang tersebar di seluruh Indonesia membuat kalian bisa memilih lokasi kuliah di kota terdekat dengan kalian. Dari ke tiga puluh kampus tersebut dua diantaranya terletak di Bogor.

Pertama yakni UBSI Kampus Bogor yang berlokasi di Jl. Merdeka No.168, RT.01/RW.05, Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Kemudian, yang ke dua UBSI Kampus Cilebut  yang berlokasi di Jl. Raya Cilebut No.3a, RT.01/RW.04, RTO1 RW04, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat.

Universitas BSI ini seluruhnya mempunyai 3 fakultas dengan total kurang lebih 22 program studi. Ke tiga fakultas tersebut yakni:

– Fakultas Teknik dan Informatika
– Fakultas Ekonomi dan Bisnis
– Fakultas Komunikasi dan Bahasa

Namun, Program studi yang tersedia di kedua kampus Universitas BSI di Bogor ini ada 3. Ke tiga program studi tersebut yakni:

– Sistem Informasi (D3)
– Sistem Informasi Akuntansi (D3)
– Sistem Informasi (Diploma+Sarjana)

Tertarik kuliah di Universitas BSI? Untuk informasi lebih lengkapnya, kalian bisa datang ke lokasi kampus yang tertera di atas. Selain itu, bisa juga mengunjungi website resmi dari Universitas BSI yakni http://www.bsi.ac.id/


6. Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor

UIKA merupakan salah satu kampus islam di Bogor yang berdiri sejak 1961 di bawah Yayasan Ibn Chaldun Jakarta. Para tokoh ulama pun ikut dalam berdirinya Universitas ini, salah satunya adalah K.H. Sholeh Iskandar.


UIKA ini beralamat di Jl. Sholeh Iskandar Km.2 Kota Bogor, Jawa Barat. Saat ini UIKA memiliki 6 fakultas dengan total kurang lebih 22 program studi. Program studi tersebut mencangkup sampai program magister atau pascasarjana. Ke enam fakultas tersebut yakni:

– Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
– Fakultas Hukum
– Fakultas Ekonomi dan Bisnis
– Fakultas Agama Islam
– Fakultas Teknik dan Sains
– Fakultas Ilmu Kesehatan

Tertarik kuliah di UIKA? Untuk informasi lebih lengkapnya, kalian bisa datang ke lokasi kampus yang tertera di atas. Selain itu, bisa juga mengunjungi website resmi dari UIKA yakni https://uika-bogor.ac.id/.

7. Universitas Nusa Bangsa (UNB)
UNB telah berdiri sejak tahun 1987 di bawah Yayasan Pengembangan Keterampilan dan Mutu Kehidupan (YPKMK) Nusantara yang berkedudukan di Jakarta. Universitas ini berlokasi di JL. KH Sholeh Iskandar KM.4, Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat.


Saat ini UNB memiliki 4 fakultas dengan total kurang lebih 9 program studi. Program studi tersebut mulai dari program Diploma sampai program Pascasarjana. ke empat fakultas tersebut yakni:

– Fakultas Pertanian
– Fakultas Ekonomi dan Bisnis
– Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
– Fakultas Kehutanan

Tertarik kuliah di UNB? Untuk informasi lebih lengkapnya, kalian bisa datang ke lokasi kampus yang tertera di atas. Selain itu, bisa juga mengunjungi website resmi dari UNB yakni https://unb.ac.id/.


8. Sekolah Tinggi Teknologi Industri dan Farmasi Bogor


 

Sekolah Tinggi Teknologi Industri dan Farmasi (STTIF) Bogor pertama kali berdiri dengan nama Sekolah Tinggi Farmasi (STF). Sebelum akhirnya berkembang.
Program studi yaitu :
1.  Program studi Strata 1 (S1) Farmasi
2.  Program studi Diploma 3 (D3) Kimia Industri.

Pada Tahun 2006-saat ini STTIF pindah lokasi ke Jl. Kumbang No 23 dijadikan Perkuliahan &Perkantoran 

Info web : https://sttif.ac.id/

9. Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor
ekolah Tinggi Pariwisata Bogor atau yang sebelumnya dikenal dengan Institut Hotel Bogor adalah sekolah pariwisata pertama yang ada di kota Bogor. Sekolah ini juga merupakan sekolah pariwisata terbesar di kota Bogor. Sekolah ini menyediakan beberapa program pendidikan:
Sarjana (S1) Diploma 4 (D4), dan Diploma 3 (D3). 



Sekolah ini akan memberikan fasilitas seperti keahlian dasar, ramah tamah, skill penjualan dan juga kedisiplinan. 

Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor memiliki lebih dari 4.000 alumni yang telah bekerja di berbagai industri perhotelan di seluruh dunia. Beberapa dari mereka bekerja di hotel, jalur pelayaran, restoran, rumah sakit, bank, pegawai pemerintah, apartemen, konsultan, atau penyelenggara acara.

Kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor, Yasmin Jl. Curug Mekar No. 17, Yasmin, Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Kodepos 16113.

Info : https://stpbogor.ac.id


10.Politeknik AKA

Akademi Kimia Analis saat ini bernama Politeknik AKA Bogor, didirikan di Bogor, Jawa Barat pada tahun 1959 oleh Departemen Perindustrian Rakyat untuk menyelenggarakan program Sarjana Muda dengan tujuan untuk menyediakan analis tingkat akademi yang diperlukan oleh Balai Penelitian Kimia Bogor.


Politeknik AKA Bogor menerapkan kurikulum berbasis kompetensi yang didukung sarana dan prasarana serta tenaga pengajar yang berpengalaman.

Politeknik AKA Bogor menyelenggarakan tiga program studi yaitu :
- D3 Analisis Kimia.
- D3 Penjaminan Mutu Industri Pangan ( Dual System )
- D3 Pengolahan Limbah Industri ( Dual System )



11.IBI Kesatuan

Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan atau IBI Kesatuan adalah sebuah institusi pendidikan berbentuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Kota Bogor, Jawa Barat.  Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan berdiri pada 12 Juli 1993.



IBI Kesatuan adalah perguruan tinggi di kota Bogor, dengan memiliki tiga fakultas yaitu Bisnis, Teknologi Informasi dan Pariwisata serta program vokasi
Pada saat ini, Sekolah Tinggi Ilmu ekonomi Kesatuan telah terakreditasi ”B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi untuk semua Program Pendidikan baik itu Program Diploma III Akuntansi maupun Program Strata-1 (S-1) Manajemen dan Akuntansi.


Berikut program studi di Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan :

Diploma (D3)

    D3 Akuntansi
    D3 Manajemen Pemasaran
    D3 Perbankan dan Keuangan

Sarjana (S-1)

    S1 Akuntansi
    S1 Manajemen
    S1 Bio Kewirausahaan
    S1 Pariwisata
    S1 Sistem Informasi
    S1 Teknologi Informasi

IBI Kesatuan Bogor

 Alamat: Jl. Rangga Gading No.01, Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16123

 

12.  Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Menara Siswa  (STIA-MENSIS)


Sekolah tinggi Ilmu Administrasi Menara Siswa (STIA-MENSIS) merupakan sebuah kampus administrasi swasta yang memiliki lokasi di kawasan Bogor, Provinsi Jawa Barat. Kampus STIA Menara Siswa ini didirikan pada tanggal 26 Oktober 1998. Kampus administrasi swasta ini memiliki 3 buah program studi, yaitu :

  1. D-3 Administrasi Bisnis
  2. S-1 Ilmu Administrasi Negara
  3. S-2 Ilmu Administrasi


STIA Mensis

Alamat : Jl. Hambulu No. 24, Parung Hijau, Pabuaran, Kec. Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16310
Telepon: (0251) 8616927

 

13. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE ) Dewantara

STIE Dewantara merupakan sebuah lembaga pendidikan tinggi, telah memiliki izin operasional yang sah dari pemerintah untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi berdasarkan SK Mendiknas RI nomor 57/D/O/2001 tanggal 05 Juli 2001 dan telah mengalami perpanjangan izin, terakhir berdasarkan SK Dirjen Dikti nomor 1860/D/T/2012 tanggal 27 September 2012 untuk Program Studi S1 Manajemen.



Penyelenggaraan program studi yang ada pada STIE Dewantara adalah S1 Manajemen dengan 3 konsentrasi, yaitu Manajemen Bisnis, Manajemen Pemerintahan dan Manajemen Akuntansi. Mata kuliah yang ditawarkan berdasarkan Kurikulum Nasional dan perkembangan ilmu pengetahuan serta kebutuhan dunia kerja serta mampu menciptakan wirausaha yang tangguh.