Arti Situ, Sejarah Situ Cikaret, Lokasi Setu Cikaret, dan Fasilitas Wisata Situ Cikaret

#Tags

 Kita sering mendengar istilah Situ, sementara ada istilah lain, yaitu danau. Lalu apa bedanya Danau dan situ ?  Jadi, Danau adalah  daerah yang diisi dengan air, yang terbentuk dalam daratan cekungan dan berair tawar.

Sementara, Arti Situ adalah istilah untuk danau di Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten yang biasa digunakan untuk danau berukuran kecil atau pun waduk (bendungan) yang merupakan tempat penampungan air buatan. Dalam kehidupan sehari-hari warga di kawasan ini juga ada yang menyebutnya dengan bunyi Setu.


Nah, di kawasan Bogor, banyak sekali Situ. Selain sebagai pengendali banjir, situ-situ ini menjadi tempat aktivitas warga untuk bersantai. Salah satu situ yang menarik untuk dikunjungi di wilayah ini salah satunya adalah situ Cikaret. 

Situ Cikaret, Kec. Cibinong, Kab. Bogor


Situ Cikaret, merupakan salah satu setu yang cukup populer, berlokasi di kecamatan Cibinong, kabupaten Bogor.  Popularitas setu ini tersebar hingga ke Depok dan Jakarta.


Sejarah Setu Cikaret

Tempat penyimpanan air ini dikenal sudah sejak lama, bisa dirunut hingga abad ke-19. Menurut cerita, situ atau danau ini bermula dari cerukan kecil yang menampung air hujan yang kemudian membesar.

Sedikit demi sedikit cerukan kecil tersebut kemudian melebar dan menjadi rawa. Perubahannya menjadi danau atau situ terjadi ketika masyarakat di sekitar kemudian membuat tanggul di sekelilingnya untuk mencegah pelebaran rawa, sekaligus merubahnya menjadi sebuah reservoir air.

Namanya sendiri, konon diambil dari karakter wilayah tersebut di masa yang lalu, yaitu perkebunan karet. Dari sinilah nama Cikaret itu berasal, karena Ci dalam bahasa Sunda yaitu air sehingga penamaan Situ Cikaret secara harfiah berarti Air Cikaret

Situ ini terletak di pinggir sebuah jalan yang namanya diambil dari nama danau ini, yaitu Jalan Raya Situ Cikaret. Letaknya, hanya sekitar 2-3 kilometer saja dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Bogor di Jalan Raya PEMDA. Hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit berkendara saja dari Kantor Pemda Kab Bogor tersebut.


 


Danaunya sendiri cukup luas dengan lebar kurang lebih 1 x 1 km memiliki pemandangan alam yang cukup indah. Airnya terlihat biru dan pepohonan di sekelilingnya membuat situ ini cukup menyejukkan mata.

Tempat ini juga merupakan sebuah surga bagi pemancing. Hal tersebut terlihat dari banyaknya penggemar olahraga yang satu ini di berbagai sudut situ. Ada yang berkelompok dan ada yang juga menyendiri dengan hanya ditemani joran mereka.

>

Harga Tiket Wisata Situ Cikaret

Untuk para pecinta traveler yang hendak berlibur dan belum memiliki tujuan destinasi wisata yang mau dituju maka Situ ini bisa menjadi alternatif terbaik untuk anda, karena wisata yang ada di dekat Pemda Bogor ini murah meriah alias gratis. Karena para wisatawan hanya dikenakan biaya parkir kendaraan saja yang terjangkau murah dari Rp.2.000 sampai dengan Rp.5.000

 


Fasilitas Yang Tersedia Setu Cikaret

Sebagaimana tempat tempat wisata lainnya Situ Cikaret juga termasuk tempat wisata yang menyediakan sarana prasarana pendukung untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung diantara sarana yang disediakan yaitu;
- Masjid
- Toilet
- Tempat jualan makanan dan jajanan
- Area Bersantai
- Tempat Parkir
- Perahu-perahu / Perahu bebek

Bahkan beberapa warga sekitar terlihat berada di tengah danau dengan sampan sederhana mereka sedang menebar jala.


Mitos Situ Cikaret

Situ Cikaret juga memiliki mitos atau cerita horror sendiri. Salah satu diantaranya bahwa di dalam situ ini terdapat pusaran air yang di bawahnya terdapat istana kerajaan gaib. Istana kerajaan tersebut, konon, dijaga dengan sangat ketat.

Mitos lainnya adalah di setiap pojok situ atau setu ini ada penunggunya. Namanya dimulai dengan kata Mbah, diantaranya yaitu Mbah Gagu, Mbah Maun dan lain sebagainya. Paling tidak ada 4 Mbah penunggu situ ini.

Jika warna ikan di Situ berubah, itu merupakan tanda Situ  meminta tumbal.

Mitos-mitos sedikit banyak dikaitkan dengan tewasnya 2 wisatawan yang ditemukan berpelukan di dasar situ tahun 2014 yang lalu.