Kumpulan 100++ Kata Bijak Islami dan Motivasi Al-Quran dari Ayat, Hadist, Tokoh Islam, dan Anonim

#Tags

Islam merupakan agama yang mempunyai banyak hikmah dan kearifan. Ayat-ayat Al-Quran, hadist, dan kata-kata bijak dari para tokoh Islam menjadi sumber inspirasi bagi jutaan umat Islam di seluruh dunia. Kutipan-kutipan ini membantu umat Islam untuk mencari motivasi dan petunjuk dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dalam artikel ini, kami akan menyajikan kumpulan 120 kutipan Islami yang berasal dari berbagai sumber. Kami berharap kutipan-kutipan ini dapat menginspirasi dan memberikan manfaat bagi pembaca yang ingin memperdalam pemahaman agama Islam.

Daftar Isi

  1. Kata-kata Bijak Islami dari Al-Quran

  2. Kata Mutiara Islami Motivasi

  3. Kata-kata Bijak Islami Kehidupan Sehari Hari

  4. Kata-kata Bijak Islami Penyejuk Hati

  5. Kata-kata Bijak Islami tentang Cinta

  6. Kata-kata Bijak Islami tentang Perempuan

Dalam kumpulan kutipan Islami ini, Anda akan menemukan kata-kata bijak dari Al-Quran, hadist Nabi Muhammad, dan juga dari para tokoh Islam. Kutipan-kutipan ini mencakup berbagai topik, termasuk tentang kehidupan, cinta, kesabaran, dan kepercayaan kepada Allah. Selain itu, ada juga kutipan-kutipan motivasi yang dapat memotivasi dan memberikan semangat kepada pembaca untuk terus berjuang dan menjalani kehidupan yang lebih baik. Semua kutipan dalam artikel ini dipilih dengan cermat dan disusun dengan sistematis. Kami berharap kutipan-kutipan ini dapat memberikan inspirasi bagi pembaca dalam mengeksplorasi kebijaksanaan dan kearifan Islam.

1. Kata-kata bijak islami dari Al-Quran

Al-Quran adalah kitab suci umat Islam yang menjadi sumber hukum, ajaran, dan petunjuk bagi umat manusia. Kitab ini memuat banyak ayat yang mengandung makna dan kebijaksanaan yang dalam. Kata-kata bijak islami dari Al-Quran mengandung pesan moral dan spiritual yang dapat membantu umat manusia dalam menjalani kehidupan ini. Dalam bagian ini, kami akan menyajikan kumpulan kata-kata bijak islami yang diambil dari ayat-ayat Al-Quran. Semoga kutipan-kutipan ini dapat membawa manfaat dan inspirasi bagi pembaca dalam mengeksplorasi kebijaksanaan Al-Quran.


  1. “ Maka jangan sekali-kali membiarkan kehidupan dunia ini memperdayakan kamu.” – (Q.S Fatir: 5)
  2. " Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” – (Q.S Al-Insyirah: 5-6)
  3. “ Dan bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah adalah benar.” – (Q.S Ar-Rum: 60)
  4. " Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” – (Q.S At-Talaq: 4)
  5. “ Hai orang-orang yang beriman, Ingatlah kepada Allah sebanyak-banyaknya.” - (Q.S Al-Azhab: 41)
  6. “ Sesungguhnya Tuhanku amat dekat lagi memperkenankan (doa hamba-Nya).” – (Q.S Huud: 61)
  7. “ Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” – (Q.S Huud: 114)
  8. “ dan bertawakkallah kepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagai Pemelihara.” – (Q.S Al-Ahzab: 3)
  9. “ Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung.” – (Q.S Ali Imran: 173)
  10. “ Dan ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia.” – (Q.S Al-Baqarah: 83)
  11. “ Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan.” –(QS. An-Nahl: 128)
  12. “ Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.” – (QS Asy-Syuura: 43)
  13. “ Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” – (Al-Baqarah: 286)
  14. “ Tidakkah dia menyadari bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya?” – (Q.S Al-Alaq: 14)
  15. “ dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku.” – (Q.S Asy-Syu’ara: 80)
  16. “ Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.” – (Q.S Ali Imran: 159)
  17. “ Dan mohonlah ampun kepada Tuhanmu kemudian bertaubatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang lagi Maha Pengasih.” – (Q.S Huud: 90)
  18. “ dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” – (Q.S Al-Baqarah: 195)
  19. “ Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” – (Q.S At-Talaq: 4)
  20. “ Allah berfirman: “ Janganlah kamu berdua khawatir, sesungguhnya Aku beserta kamu berdua, Aku mendengar dan melihat”. – (Q.S Thaha: 46)
  21. “ Kamu sekali-kali tidak akan melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?” – (Q.S Al-Mulk: 3)
  22. “ Dan barangsiapa berbuat kesalahan atau dosa, kemudian dia tuduhkan kepada orang yang tidak bersalah, maka sungguh dia telah memikul suatu kebohongan dan dosa yang nyata.” – (Q.S An-Nisa’: 112)
  23. “ Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi.” – (Q.S Al-Qashas: 77)
  24. “ Kebaikan tidak sama dengan kejahatan. Tolaklah kejahatan itu dengan cara yang lebih baik, sehingga yang memusuhimu akan seperti teman yang setia.” – (Q.S Fusshilat: 34)
  25. “ Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” – (Q.S Az-Zumar: 10)
  26. “ Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” – (Q.S Ar-Rahman)
  27. “ Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sekecil apapun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.” – (Q.S Al-Zalzalah: 7)
  28. “ Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: “ Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi. kecuali (dengan menyebut): “ Insya Allah”. – (Q.S Al-Kahfi: 23-24)
  29. “ Dan mohonlah ampun kepada Tuhanmu kemudian bertaubatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang lagi Maha Pengasih.” – (Q.S Huud: 90)
  30. “ Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada kedua orang ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” – (QS. Luqman ayat 14)
  31. “ Wahai orang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik agar kamu selalu ingat.” – (Q.S An-Nur: 27)
  32. “ Siapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya, serta takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya, mereka itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.” – (Q.S An-Nur: 52)
  33. “ Dan adapun orang-orang yang takut pada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal mereka.” – (Q.S An-Nazi’at: 40-41)
  34. “ Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal.” – (Q.S Al-Hujurat: 13)
  35. “ Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat dan pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya. Dia mengira bahwa hartanya dapat menyelamatkannya.” – (Q.S Al-Humazah: 1-3)
  36. “ Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” – (Q.S At-Talaq: 4)
  37. “ dan Allah Sebaik-baik Pemberi rezeki.” – (Q.S Al-Jumu’ah: 11)
  38. “ Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar.” – (Q.S Al-Ankabut: 45)
  39. “ Dan mintalah pertolongan dengan sabar dan shalat.” – (Q.S Al-Baqarah: 45)
  40. " Mudah-mudahan Allah menimbulkan kasih sayang antaramu dengan orang-orang yang kamu musuhi di antara mereka. Dan Allah adalah Maha Kuasa. Dan Allah Maha pengampun lagi Maha penyayang." (Q.S Al-Mumtahanah: 7)
  41. " Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan, 'Kami telah beriman' sedang mereka tidak diuji lagi?" (Q.S Al-'Ankabut: 2)
  42. " Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kamu dan tidak pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai terhadap orang yang sombong dan membanggakan diri." (Q.S Al-Hadid: 23)
  43. " Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkanmu, kendatipun kamu berada dalam benteng yang tinggi dan kokoh." (Q.S An-Nisa: 78)
  44. " Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu apa pun, dan Dia memberimu pendengaran, penglihatan, dan hati agar kamu bersyukur." (Q.S An-Nahl: 78)
  45. " Dan engkau akan melihat gunung-gunung, yang engkau kira tetap berdiri di tempatnya, padahal dia berjalan seperti awan berjalan." (Q.S An-Naml: 88)
  46. " Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (Q.S Ar-Ra’d: 11)
  47. " Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." (Q.S Ali Imran: 139)
  48. " Dan barangsiapa berbuat kesalahan atau dosa, kemudian dia tuduhkan kepada orang yang tidak bersalah, maka sungguh dia telah memikul suatu kebohongan dan dosa yang nyata." (Q.S An-Nisa’: 112)
  49. " Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya di hadapan dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah." (Q.S Ar-Ra'd: 11)

BACA JUGA :  37 Bacaan Surat Pendek dalam Juz Amma / Juz 30 Yang Sesuai Urutan : Pengertian, Tulisan Arab, Latin, dan Arti / Terjemahan

2. Kata mutiara Islami motivasi

kata kata bijak islami kehidupan sehari hari

 Kata mutiara Islami motivasi merupakan kutipan-kutipan Islami yang mengandung semangat dan motivasi untuk mengejar kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup. Kutipan-kutipan ini mengandung pesan-pesan inspiratif yang mampu memotivasi pembaca untuk terus berusaha dan berdoa kepada Allah SWT. Dalam sub judul ini, kami akan menyajikan kumpulan kata mutiara Islami motivasi yang diambil dari berbagai sumber, termasuk Al-Quran, hadist, dan kata-kata bijak dari para tokoh Islam. Semoga kutipan-kutipan ini dapat membawa semangat dan motivasi bagi pembaca untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

  1. " Ketahuilah bahwa rasa syukur merupakan tingkatan tertinggi, dan ini lebih tinggi daripada kesabaran, ketakutan (khauf), dan keterpisahan dari dunia (zuhud). – Imam al-Ghazali
  2. " Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, namun jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih. – QS. Ibrahim: 7
  3. " Rahasia kebahagiaan itu ada dalam 3 hal: Bersabar, Bersyukur dan ikhlas."
  4. " Selalu ada lebih banyak hal yang patut untuk disyukuri daripada mengeluh. Alhamdulillah.
  5. " Jika Allah memberi kamu nikmat sepotong roti saja, syukurilah itu, karena Allah tidak membuat kamu meminta-minta kepada orang lain untuk mendapatkan itu.
  6. " Jika kita saja tidak merasa bersyukur atas apa yang sudah kita miliki, lalu apa yang membuat kita berpikir bahwa kita akan bahagia dengan memiliki yang lebih banyak?
  7. " Barangsiapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak. (HR. Ahmad)
  8. " Bersyukurlah jika Allah memberimu ujian hidup, karena dengan demikian, Allah memberikanmu kesempatan untuk berubah menjadi manusia yang lebih baik lagi.
  9. " Tidaklah ada dari manusia melainkan: diuji dengan keselamatan agar diketahui bagaimana syukurnya, atau diuji dengan sebuah bencana agar diketahui bagaimana sabarnya. – Ibnu Qayyim
  10. " Mengeluh hanya akan membuat hidup kita semakin tertekan, sedangkan bersyukur akan senantiasa membawa kita pada jalan kemudahan.
  11. " Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam. (Abu Hamid Al Ghazali)
  12. " Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar. (Nabi Muhammad SAW)
  13. " Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam. Abu Hamid Al Ghazali
  14. " Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik - Ali bin Abi Thalib
  15. " Kalau impianmu tak bisa membuatmu takut, mungkin karena impianmu tak cukup besar. (Muhammad Ali)


3. Kata kata bijak islami tentang kehidupan

Kata-kata bijak Islami tentang kehidupan adalah kutipan-kutipan Islami yang mengandung pesan-pesan tentang arti dan tujuan hidup, serta cara untuk menjalani kehidupan yang baik dan benar di hadapan Allah SWT. Kutipan-kutipan ini mampu memberikan inspirasi dan motivasi bagi pembaca untuk hidup dengan penuh makna dan tujuan yang mulia. Dalam sub judul ini, kami akan menyajikan kumpulan kata-kata bijak Islami tentang kehidupan yang diambil dari Al-Quran, hadist, serta kata-kata bijak dari para tokoh Islam. Semoga kutipan-kutipan ini dapat membawa manfaat dan inspirasi bagi pembaca dalam menjalani kehidupan yang berarti dan bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, dan masyaraka

  1. " Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan hanya senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, jika saja mereka mengetahui." (Q.S al-Ankabut 64)
  2. " Dunia ini hanya memiliki tiga hari: Hari kemarin, ia telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok, kamu mungkin tak akan pernah menemuinya. Hari ini, itulah yang kamu miliki, maka beramallah di hari ini. – Hasan al Bashri
  3. " Hidup tanpa Allah ibarat sebuah pensil tumpul, ia tidak memiliki titik."
  4. " Hidup adalah sebuah perjalanan, yakni perjalanan dari Allah yang kemudian kembali lagi kepada Allah."
  5. " Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini." – Ali bin Abi Thalib
  6. " Kehidupan dunia dan akhirat di hati seorang manusia ibarat dua skala keseimbangan, ketika salah satunya menjadi berat, maka yang lain akan menjadi ringan." – `Amr ibn Abdullah
  7. " Dialah yang menghidupkan dan mematikan, dan hanya kepada-Nya lah kamu akan dikembalikan." – (Q.S Yunus: 56)
  8. " Kehidupan itu cuma dua hari. Satu hari berpihak kepadamu dan satu hari melawanmu. Maka pada saat ia berpihak kepadamu, jangan bangga dan gegabah; dan pada saat ia melawanmu bersabarlah. Karena keduanya adalah ujian bagimu." – Ali bin Abi Thalib
  9. " Apa yang ada di dunia ini tidak lain hanyalah mimpi yang dialami oleh orang yang sedang tidur? Dia merasakan kesenangan di dalamnya selama beberapa saat, dan kemudian terbangun untuk menghadapi kenyataan." – Hasan Al-Bashri
  10. " Dunia ini penjara bagi orang beriman dan surga bagi orang kafir." – Hadis.
  11. " Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam." - Abu Hamid Al Ghazali
  12. " Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." Ibnu Qayyim Al Jauziyyah
  13. " Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." (QS. Al Insyirah 5)
  14. " Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." - Ali bin Abi Thalib

4. Kata kata bijak islami penyejuk hati

Kata kata bijak islami penyejuk hati merupakan kutipan-kutipan Islami yang mampu memberikan ketenangan dan ketentraman hati bagi pembaca. Kutipan-kutipan ini mengandung pesan-pesan yang membawa kedamaian dan kebahagiaan dalam hidup. Dalam sub judul ini, kami akan menyajikan kumpulan kata kata bijak islami penyejuk hati yang diambil dari Al-Quran, hadist, dan kata-kata bijak dari para tokoh Islam. Semoga kutipan-kutipan ini dapat memberikan ketenangan dan kebahagiaan bagi pembaca, serta membantu mereka dalam mengatasi masalah dan cobaan hidup.

  1. " Aku percaya, takdir Allah pastilah yang terbaik untukku dan untukmu juga."
  2. " Rugi sekali jika seorang pria melepas wanita yang cantik akhlaknya, hanya demi mengejar wanita yang cantik wajahnya."
  3. " Kamu tidak berhak mengeluarkan air mata untuk seseorang yang belum halal bagimu."
  4. " Jangan menyerah saat doa-doamu belum terjawab. Jika kamu mampu bersabar, Allah mampu memberikan lebih dari apa yang kamu minta."
  5. " Jangan salahkan orang ketika kamu kecewa, tapi salahkan dirimu sendiri karena terlalu berharap sesuatu yang belum pasti."
  6. " Jika sayang orang tua, taati Allah, maka orang tua kita akan disenangi Allah, disayang Allah, itulah sebenar-benar balasan kita pada orang tua."
  7. " Kunci hidup bahagia adalah jalani, nikmati, dan syukuri."
  8. " Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, namun kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup."
  9. " Awali hari dengan Bismilah, optimistis, dan tawakal, Insyaallah harimu akan berkah."
  10. " Bila hijrahmu karena Allah, kamu akan terus melangkah walaupun sudah lelah."
  11. " Andai saja orang memikirkan kebesaran Allah, maka ia terjaga dari perbuatan buruk."
  12. " Bila ingin mendapatkan sesuatu, belajarlah dengan memberi sesuatu."
  13. " Sesungguhnya orang yang sempurna akalnya adalah yang selalu memperbaiki dirinya."
  14. " Barang siapa yang bersungguh sungguh, dia akan berhasil."
  15. " Hidup di dunia itu hanya sementara, gunakanlah sebaik baiknya untuk beribadah."
  16. " Allah akan menolong seorang hamba, selama hambanya senantiasa menolong saudaranya."
  17. " Jadikan Al-Qur'an dan Hadis sebagai pedoman hidupmu."
  18. " Ya Allah bantulah aku untuk selalu ingat, bersyukur, dan selalu beribadah secara baik kepada-Mu."
  19. " Orang yang akan masuk surga ialah orang yang selalu taat dan percaya kepada Allah dan Rasul-Nya."
  20. " Dunia merupakan ladang akhirat. Maka manfaatkan dunia dengan sebaik-baiknya."

BACA JUGA:
Jadwal Sholat Bogor - Mengetahui Waktu Adzan di Bogor Dengan Mudah
Mengenal Masjid Agung Al Miraj ( Dahulu Masjid Raya Bogor ) : Sejarah, Arsitektur, dan Keindahan


5. Kata-kata Bijak Islami tentang Cinta

Kata-kata Bijak Islami tentang cinta merupakan kutipan-kutipan Islami yang mengandung pesan-pesan tentang makna dan cara memaknai cinta menurut ajaran Islam. Kutipan-kutipan ini mampu memberikan inspirasi dan motivasi bagi pembaca untuk mencintai sesama manusia dan mencintai Allah SWT dengan segenap hati. Dalam sub judul ini, kami akan menyajikan kumpulan kata-kata Bijak Islami tentang cinta yang diambil dari Al-Quran, hadist, serta kata-kata bijak dari para tokoh Islam. Semoga kutipan-kutipan ini dapat membawa manfaat dan inspirasi bagi pembaca dalam menjalin hubungan cinta yang penuh berkah dan keberkahan, serta membantu memperkuat ikatan cinta dengan Sang Pencipta.

  1. “ Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (Q.S. Al-Hujurat: 13)
  2. “ Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan " ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (Q.S. Al-Isra: 23)
  3. “ Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui.” (Q.S. Yasin: 36
  4. “ Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah, mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal).” (Q.S. Al Baqarah: 165)
  5. “ Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allah Yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam (hati) mereka rasa kasih sayang.” (Q.S. Maryam: 96
  6. “ Orang-orang yang beriman lebih kuat cintanya kepada Allah.” (Q.S. Al Baqarah: 165)
  7. “ Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.” (Q.S. Az-Zariyat: 49)
  8. “ Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Q.S An-Nur: 32)
  9. “ Dan dia (tidak pula) termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang.” (Q.S. Al-Balad: 17)
  10. “ Mudah-mudahan Allah menimbulkan kasih sayang antaramu dengan orang-orang yang kamu musuhi di antara mereka. Dan Allah adalah Maha Kuasa. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S. Al-Mumtahanah: 7)


6. Kata-kata Bijak Islami tentang Perempuan

Kata-kata Bijak Islami tentang perempuan adalah kutipan-kutipan Islami yang mengandung pesan-pesan tentang nilai dan martabat perempuan dalam ajaran Islam. Kutipan-kutipan ini mampu memberikan inspirasi dan motivasi bagi pembaca untuk menghargai dan menghormati perempuan sebagai insan yang setara dengan laki-laki di hadapan Allah SWT. 

kata bijak islami
Photo by mostafa meraji on Unsplash

 Dalam sub judul ini, kami akan menyajikan kumpulan kata-kata Bijak Islami tentang perempuan yang diambil dari Al-Quran, hadist, serta kata-kata bijak dari para tokoh Islam. Semoga kutipan-kutipan ini dapat membawa pemahaman yang lebih baik tentang peran perempuan dalam Islam, serta memberikan inspirasi dan motivasi bagi pembaca untuk meningkatkan penghargaan dan perhatian terhadap perempuan di sekitar mereka.

  1. " Perhiasan terbaik seorang wanita adalah rasa malunya." - Fatimah binti Muhammad
  2. “ Wanita adalah tiang negara, jika baik wanitanya baik pula negara itu, tetapi jika jelek wanitanya, maka jelek juga negara itu.” (Nabi Muhammad SAW)
  3. “ Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah istri yang sholehah” - Nabi Muhammad SAW dari HR Muslim
  4. " Seandainya seorang wanita penghuni surga melongok ke bumi. niscaya surga sampai bumi terang bercahaya dan seluruh bumi semerbak wangi karena bau harum tubuh wanita tersebut. Sungguh kerudung yang dipakai oleh wanita penghuni surga itu lebih baik dari pada dunia dan semua isinya." - HR. Bukhari
  5. " Wanita adalah tiang negara, jika baik wanitanya baik pula negara itu, tetapi jika jelek wanitanya, maka jelek juga negara itu." - Nabi Muhammad SAW
  6. “ Jika seorang istri mengerjakan sholat 5 waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya, menaati suaminya, niscaya akan dikatakan kepadanya, “ Masuklah ke surga.” (HR. Ahmad)
  7. " Wanita bukanlah pakaian yang bisa kamu pakai dan kamu lepas semaumu. Mereka terhormat dan memiliki haknya." - Umar bin Khattab
  8. " Wanita itu sama seperti bunga. Mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik, dan penuh kasih sayang." - Ali bin Abi Thalib
  9. “ Wanita yang baik untuk lelaki yang baik. Dan lelaki yang baik adalah untuk wanita yang baik (pula).” (QS. An Nur: 26)
  10. “ Seorang wanita salihah, meski dia tidak cantik, akhlak dan agamanya membuatnya menarik.” – Ibnu Utsaimin

BACA JUGA:

Penutup

Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali membutuhkan kata-kata bijak sebagai pengingat dan motivasi untuk menjalani kehidupan dengan penuh makna dan tujuan yang baik. Artikel ini menyajikan kumpulan kutipan-kutipan Islami yang inspiratif dan bermakna, yang diambil dari Al-Quran, hadist, serta kata-kata bijak dari para tokoh Islam. Dalam artikel ini, kami telah membagi kutipan-kutipan tersebut menjadi beberapa sub judul, yaitu Kata-kata Bijak Islami dari Al-Quran, Kata Mutiara Islami Motivasi, Kata-kata Bijak Islami Penyejuk Hati, Kata-kata Bijak Islami tentang Kehidupan, dan Kata-kata Bijak Islami tentang Cinta dan Perempuan.

Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi pembaca untuk menjalani kehidupan dengan penuh makna dan tujuan yang baik, serta memberikan pemahaman yang lebih baik tentang ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita selalu mengambil hikmah dari setiap kutipan-kutipan Islami yang kita baca, dan mengaplikasikannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.