Mengenal Masjid Agung Al Miraj ( Dahulu Masjid Raya Bogor ) : Sejarah, Arsitektur, dan Keindahan

#Tags

Masjid Raya Bogor merupakan salah satu masjid terbesar yang terletak di Kota Bogor, Jawa Barat. Terletak di pusat kota, tepatnya di Jalan Pajajaran, masjid ini memiliki arsitektur megah dan modern yang menawan. Tak heran jika Masjid Raya Bogor menjadi salah satu tempat wisata religi populer di Bogor.  

Masjid Raya Bogor memiliki sejarah dan daya tarik tersendiri, yang tentu menarik untuk dikupas di bawah ini.

Sejarah Masjid Raya Bogor

Pembangunan Masjid ini bermula dari gagasan Wali Kota Bogor di masa kepemimpinan Letkol Ahmad Syam. Tak sendiri, Letkol Ahmad Syam juga menggagasnya bersama dengan para ulama dan tokoh masyarakat setempat.

Saat itu mereka menginginkan untuk mendirikan masjid yang megah di Kota Bogor. Keinginan serius itu kemudian membuat mereka sempat menetapkan beberapa lokasi yang berkemungkinan akan menjadi tempat didirikan masjid impian.

Disebutkan bahwa awalnya direncanakan untuk membangun masjid besar tersebut di lahan Kantor Kejari yang sekarang, akan tetapi karena tanahnya saat itu cenderung turun naik, alhasil kemudian dimusyawarahkan dan akhirnya diputuskan untuk membangun masjid di Jalan Pajajaran karena dinilai memiliki tempat yang strategis.
Pembangunan masjid ini pun memakan waktu yang cukup lama, yakni hingga di tahun 1979 pembangunan masjid ini baru saja dirampungkan. Jadi kurang lebih memakan waktu hingga 9 tahun lamanya. Setelah selesai dibangun, masjid tersebut kemudian diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat pada masa itu yakni Aang Kunaefi.

Menjadi Masjid Agung Al Miraj


 Dewan Masjid Indonesia, menyebutkan tingkatan besar masjid, yaitu masjid raya itu untuk provinsi, masjid agung tingkat kota, tingkat kecamatan hingga kelurahan itu masjid. Berhubung masjid raya Bogor merupakan masjid skala kota / kabupaten tingkat II, maka penamaan berubah menjadi mesjid agung. Sejak tahun 2010, aspek legalitasnya menjadi Masjid Agung Al Miraj.

Meski sudah lebih dari 10 tahun, hingga sekarang masih saja populer penyebutannya sebagai mesjid raya Bogor.

Daya tarik masjid Raya Bogor

Ada beberapa hal unik dan menarik dengan masjid kebanggaan kota Bogor ini. Silahkan teruskan membaca artikel ini

1. Didesain oleh arsitek FX Silaban

Masjid Raya Bogor memiliki bangunan yang cukup megah dengan desain unik yang berbeda dari masjid kebanyakan. Desain unik dari Masjid Raya Bogor ternyata merupakan hasil rancangan dari Friedrick Silalaban atau yang juga dikenal dengan sebutan FX Silalaban.

Meski pun bangunan masjid diperuntukan untuk umat muslim beribadah, arsitek FX Silalaban yang berbeda  berbeda keyakinan, sangat hati-hati dan serius dalam membantu pembangunan Masjid Raya Bogor.

Sepak terjang FX Silalaban sudah tak perlu diragukan lagi. Banyak sekali karenanya yang terbilang unik namun memiliki nilai khas yang membedakan dari lain halnya. Salah satu alasan mengapa dirinya ditunjuk untuk merancang desain untuk Masjid Raya Bogor adalah karena dirinya juga perna menciptakan hasil rancangan luar biasa untuk sebuah Masjid, yakni Masjid besar di Jakarta yang kemudian diberi nama Masjid Istiqlal Jakarta.

2. Luas dan Besar

Bangunan ini juga cukup luas, yakni seluas 4.057 m2, dan mampu menampung jamaah hingga 5000 orang.

3. Perpustakaan Islam

Selain menjadi tempat banyak umat muslim yang ingin menjalankan ibadah salat jamaah bersama, di area masjid ini pun ternyata ada Gedung Pusat Pengembangan dan Pengkajian Islam Bogor (PPIB). Tak hanya itu saja, ternyata bukan hanya sekadar bangunan masjid biasa, namun ada juga perpustakaan umum di masjid ini.

Perpustakaan dengan desain terbuka ini berada di belakang aula utama. Di perpustakaan itu ada dua rak besar tempat menyimpan buku-buku yang bisa menambah wawasan anda. Jika anda sedang senggang dan memiliki waktu lebih, anda diperbolehkan untuk membaca buku di perpustakaan mini ini. Selain itu, banyak arsip lama dan juga majalah-majalah tua yang ditaruh sebagai bahan bacaan dari perpusatakaan ini.

5. Desain Unik dan Menarik

Secara tampilan, Masjid ini memiliki desain ala Timur Tengah. Di masjid ini ada lampu kristal besar di tengah-tengah bangunan utama. Memiliki kubah besar yang diapit oleh dua buah kubah kecil. Ornamen di langit-langit memiliki bentuk bintang segi delapan dan dilengkapi dengan lampu-lampu tanam.

Mesjid agung al miraj bogor

Tembok dinding pada sisi kanan, kiri dan atas mihrab dilapisi dengan semen fiber. Tak lupa hiasan kaligrafi huruf Arab yang merupakan petikan dari ayat suci Al-Quran melengkapinya. Terdapat pula ornamen lengkung dan garis di setiap sisinya.

Mesjid Agung AL Miraj Bogor

Kemudian ada tulisan Arab berbunyi ‘Allah’ dan ‘Muhammad’ di atas lubang mihrab dengan dua kaligrafi mendatar di setiap sisinya. Diapit dengan sepasang kaligrafi melingkar di kanan dan kiri. Lalu di tempat imam dan mimbar khatib menjadi satu dengan di bagian atasnya ada ukiran menarik.

6. Menara terpisah

Di masjid ini juga terdapat menara. Namun uniknya, bangunan menara yang ada di Masjid Raya Bogor ini letaknya terpisah lumayan jauh dengan bangunan utama masjid. Sehingga jika sekilas, tampak bahwa bangunan menara ini seperti bangunan utama yang berdiri sendiri, padahal ini merupakan masih bagian dari masjid. Namun, ada sebuah lorong panjang yang menghubungkan dua bangunan tersebut.

Masjid raya bogor

Dengan berbagai keunikan dan hal menarik dari Masjid Raya Bogor menjadikan masjid ini ramai dikunjungi oleh wisatawan. Untuk anda yang ingin berwisata religi, anda bisa sekali untuk datang ke masjid yang satu ini. Selain itu, pemandangan sekitar dari Masjid Raya Bogor sangat indah sehingga membuat siapa pun betah berlama-lama.

Lokasi Masjid Raya Bogor

Jika anda tertarik untuk berkunjung ke Masjid Raya Bogor, bisa berkujung ke alamat Jl. Raya Pajajaran No.10, RT.02/RW.6, Baranangsiang, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat. Lokasi masjid tersebut sekitar 400 meter dari terminal Baranangsiang.

alamat mesjid raya bogor

Untuk anda yang membawa kendaraan pribadi, anda bisa memanfaatkan google maps untuk mengetahui arah untuk menuju ke lokasi tersebut. Lokasinya yang berada di tengah Kota, dan dekat dengan pintu tol Bogor dan terminal Baranangsiang, membuat masjid ini tak sulit untuk ditemui.

BACA JUGA:
KAMPUNG EMPANG - KAMPUNG PERANAKAN ARAB DI BOGOR
Jadwal Sholat Bogor - Hari Ini Dan Bulanan

Penutup

Demikian adalah sederet informasi terkait Masjid Raya Bogor. Begitu megah dan menariknya Masjid yang berlokasi di Bogor ini, sehingga mampu membuat siapa pun tertarik untuk melihat langsung bangunan berdesain Timur Tengah itu. Jika anda sedang berada di Bogor atau memiliki waktu dan kesempatan untuk berkunjung ke Bogor, tidak ada salahnya untuk menengok masjid yang satu ini.

Secara keseluruhan, Masjid Raya Bogor merupakan salah satu destinasi wisata religi yang patut dikunjungi. Kombinasi antara arsitektur megah, fasilitas modern, dan nilai sejarah yang penting menjadikan Masjid Raya Bogor sebagai tempat yang istimewa bagi umat Islam dan para wisatawan yang berkunjung ke Bogor.