Wisata Pemandian Air Panas Gunung Pancar, Sentul Kabupaten Bogor

#Tags

Pemandian air panas Gunung Pancar merupakan salah satu lokasi wisata pemandian alam di kabupaten Bogor. Lokasi lain untuk wisata sejenis adalah di pemandian air panas Ciseeng - Parung. Di mana pun pilihan Anda, berendam di pemandian air panas punya banyak manfaat, selain manfaat rekreasi tentunya.



Manfaat Berendam di Pemandian Air Panas Alami

Berendam di pemandian air panas alami memiliki banyak manfaat, sebagai beirkut :

  • Efek relaksasi yang dapat menghilangkan stres. Pasalnya, mandi air panas alami dapat memperlancar sirkulasi darah. S
  • Manfaat juga untuk kulit. Selain untuk peremajaan kulit, mandi air panas di Gunung Pancar juga diyakini bermanfaat menyembuhkan berbagai penyakit kulit termasuk jenis eksema (eksim) dan jerawat.
  • Mandi air panas alami dapat mengeluarkan beberapa toksin atau racun dalam tubuh.
  • Selain itu, bisa juga menurunkan tingkat gula darah, menurunkan kalori, dan menyembuhkan sakit pada otot-otot.

Tentang Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Gunung Pancar adalah  salah satu gunung di Kabupaten Bogor yang memiliki beberapa potensi termasuk air panas. Meskipun ketinggiannya hanya sekitar 800 mdpl, Gunung Pancar memiliki daya tarik yang telah diakui banyak wisatawan lokal dan maupun mancanegara. Jika ingin ke objek wisata alam ini berlokasi di Kampung Ciburial, Karang Tengah, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa. Pemandian air panas Gunung Pancar dapat ditempuh dalam waktu 40 menit menggunakan kendaraan dari pusat Kota Bogor. 

Pemandian Air Panas Gunung Pancar, Sentul
Hutan pinus Pemandian Air Panas Gunung Pancar  Kabupaten  Bogor



Jika mengunjungi pemandian air panas Gung Pancar, Anda tak perlu khawatir masalah fasilitas. Begitu juga pilihan kegiatan cukup banyak. Berkunjung ke kawasan ini Anda akan dimanjakan Pemandangan Hutan Pinus. Hal ini karena lokasi pemandian air panas Gunung Pancar terletak di area hutan pinus yang indah dan asri. Hawa dingin di kawasan ini sangat menyegarkan dan cocok sebagai tempat rekreasi alam yang direkomendasikan. Untuk lebih menikmati suasana alam hutan pinus, disediakan juga camping ground bagi yang ingin berkemah. Di sekitar pemandian air panas Gunung Pancar juga terdapat berbagai satwa yang bisa menjadi edukasi fauna untuk anak-anak. Sebagai objek wisata alam, tak lengkap rasanya jika tidak ada paket wisata outbond dan fun games. Maka di sekitar pemandian air panas Gunung Pancar ini juga terdapat berbagai wahana yang menghibur.


Aktivitas & Daya Tarik  Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Aneka Satwa
Beraneka satwa yang hidup disana misalnya seperti enggang, srigunting, jalak, ayam hutan merah, cucak kutilang, elang, babi hutan, jelarang monyet kra, surili, dan owa jawa
.
Tanaman unik
Suasana alami benar-benar tergambar di pemandian air panas ini. Banyaknya pepohonan dan berbagai jenis tumbuhan lain menjadi alasannya. Tumbuhan yang ada disana antara lain rotan, jamuju, saninten, puspa, beringin, pasang, huru, dan rasamala.

Sedangkan tumbuhan semak belukar seperti alang-alang, saliara, jarong, harendong, ki rinyuh, dan lain-lain. Selain itu, ada juga tanaman yang dibudidayakan oleh masyarakat sekitar seperti pisang dan singkong.

Udara Yang Sejuk
Kawasan Pemandian Air Panas Gunung Pancar Bogor memiliki suhu udara yang bisa dikatakan sejuk. Pada malam hari suhu udara rata-rata mencapai 24 derajat celcius, dan suhu tertinggi pada malam hari yaitu 33 derajat celcius.  Sedangkan, rata-rata kelembaban udaranya berkisar 58 – 82 persen. Tipe iklim tempat tersebut yakni B dan rata-rata curah hujannya 3.000 – 4.500 mm per tahun. 

Spot Foto
Pemandangan alamnya yang cantik tentu akan bagus dijadikan sebagai spot poto untuk unik. Kamu juga bisa memotret satwa yang ada di tempat tersebut. Bahkan, beberapa satwa juga bisa diajak berpoto selfie bersama.

Pemandian Air Panas Gunung Pancar
Salah satu pemandangan dari  Pemandian Air Panas Gunung Pancar Sentul


Hasil poto akan tampak natural dengan nuansa warna hijau yang asri dan segar.

Kolam Terapi Ikan

Tidak hanya pemandian air panas pada umumnya saja, tersedia juga kolam ikan yang sering digunakan untuk terapi. Terapi dilakukan dengan cara memasukkan kaki ke dalam kolam ikan tersebut. Kemudian, ikan-ikan akan menggigit kulit kaki kamu.

BACA JUGA:

Pemandian Air Panas Tirta Aguna Desa Cogreg Kecamatan Parung Kabupaten Bogor

Pemandian Air Panas Ciseeng Parung di Tirta Sanita / Tirta Sayaga Ciseeng , Kabupaten Bogor - Paket Wisata Komplit !

 

Fasilitas Pemandian Air Panas Gunung Pancar

  • Tempat parkir yang sangat luas.
  • Kamar mandi diperuntukkan pengunjung yang ingin membilas diri seusai berendam. Kamu juga tidak perlu antri saat ingin ke kamar mandi karena bilik yang disediakan cukup banyak. Bilik untuk laki-laki dan perempuan juga tidak dijadikan satu, melainkan dibedakan. Bahkan, disana juga terdapat kursi roda yang boleh digunakan oleh pengunjung yang sedang sakit.
pemandian air panas gunung pancar sentul
Lokasi parkir di kawasan wisata Pemandian Air Panas Gunung Pancar, kec. MadangKab. Bogor


Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Gunung Pancar

 Destinasi wisata Pemandian Air Panas Gunung Pancar Bogor mematok tarif yang terbilang murah untuk tiket masuk. Akan tetapi, kalau kamu ingin merasakan berendam air panas di kolam pribadi, harus membayar tarif khusus. Sedangkan, untuk perawatan dan memanjakan diri berupa jasa pijat, lulur, masker, dan lain-lain, pengunjung bisa memberikan tips atau uang sukarela saja.

  • Tiket Masuk Gunung Pancar Weekday     Rp5.000
  • Tiket Masuk Gunung Pancar Weekend     Rp7.500
  • Tiket masuk kolam Pemandian umum     Rp10.000
  • Harga tarif parkir kendaraan roda dua : Rp 2.000,00
  • Harga tarif parkir kendaraan roda empat : Rp 5.000,00

Jam Operasional  Pemandian Air Panas Gunung Pancar, Kabupaten  Bogor


 

Pemandian air panas tersebut memiliki jam operasional setiap hari selama 24 jam. Sehingga, pengunjung bisa datang kapan pun untuk mencoba sensasi yang disuguhkan disana.

Pagi hari menjadi waktu yang paling ideal untuk berendam di pemandian air panas yang sumbernya berasal dari Gunung Pancar ini. Alasannya karena saat pagi hari, udara di sekitar sana masih terasa sejuk. Tetapi, siang hari maupun malam hari juga tidak jadi masalah.

Alamat dan Rute Pemandian Air Panas Gunung Pancar Bogor



Pemandian Air Panas Gunung Pancar Bogor terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasi tepatnya ada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul.

Sebaiknya pengunjung menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor maupun mobil untuk sampai ke tempat tersebut. Hal tersebut karena tidak ada transportasi umum yang bisa ditumpangi hingga sampai ke pemandian air panas yang ada di Bogor itu.


Rutenya bisa dideteksi dengan mudah pada aplikasi peta yang di handphone. Jika merasa tersesat pada saat ada di perjalanan, tanyakan saja kepada masyarakat sekitar untuk menanyakan arah jalan.

Cek LINk DI GOOGLE MAP


Demikian beberapa  informasi mengenai Pemandian Air Panas Gunung Pancar Bogor. Destinasi wisata berupa pemandian air panas yang bersumber dari alam tersebut memang sangat sayang kalau tidak dikunjungi , apalagi bila mengajak teman, keluarga, dan pasangan kamu.