Pemandian Air Panas Ciseeng Parung di Tirta Sanita / Tirta Sayaga Ciseeng , Kabupaten Bogor - Paket Wisata Komplit !

#Tags

 Bogor, halamanbogor.com - Selalu saja ada yang menarik ditelusuri ketika mencari titik lokasi wisata di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ada danau, pegunungan, air terjun / curug, sungai, membuat siapa saja akan takjub melihatnya. Salah satu lokasi wisata alam yang dapat dinikmati ketika berwisata ke Bogor adalah berendam di pemandian air panas alam yang ada di kaki bukit Gunung Panjang Ciseeng.

Di kawasan ini banyak sekali titik pemandian air panas, sebagian masuk kecamatan Ciseeng, sebagian lagi masuk ke kecamatan Parung. Salah satu yang pernah di bahas di artikel Pemandian Air Panas Tirta Aguna Desa Cogreg Kecamatan Parung Kabupaten Bogor


Banyak manfaat yang akan didapat dengan berendam di pemandian air panas alami, yaitu:

  • membuat otot lebih rileks dan meredakan radang sendi
  • melancarkan peredaran darah
  • menghilangkan stres dan membuat mudah tidur
  • meredakan sakit kepala dan flu
  • menyehatkan kulit


Salah satu lokasi yang dibahas di artikel ini tempat yang bernama Tirta Sanita Ciseeng. Tempat tersebut merupakan bekas letusan gunung berapi dan memiliki sumber air panas yang mengeluarkan zat kapur, garam dan belerang yang bercampur menjadi satu.

Sebenarnya Tirta Sanita dibangun pada tahun 1990 dan mulai diresmikan pada tahun 1992. Karena sumber air hangatnya mengandung senyawa belerang dipercaya dapat mengobati penyakit kulit. Tirta Sanita kini telah berganti pengelola kemudian berubah nama menjadi Tirta Sayaga. Namun masyarakat masih mengenalnya dengan nama Tirta Sanita.

Ciseeng bogor
Plang depan Lokasi Wisata Pemandian Air Panas Alami Tirta Sayaga

 

Meski disebut Ciseeng, bukan berarti masuk ke kecamatan Ciseeng. Lokasi Tirta Sanita atau pemandian air panas Tirta Sayaga ini berada di desa Bojong Indah, kecamatan Parung. Sekali lagi, jangan terkecoh dengan penamaannya


Tempat wisata Tirta Sanita Ciseeng menawarkan udara sejuk dan segar. Deretan pohon palem raja yang tertata rapi di sisi kanan dan kiri menghiasi pemandian air panas ini. Di samping pohon palem raja terdapat area bermain anak. 


 

 Jika menyusuri lebih jauh lagi, Anda akan menjumpai kios-kios penjual ikan cupang yang dikemas dalam botol plastik. Di sini, terdapat juga batu ukuran besar yang dapat berubah-ubah warna jadi putih. Hal itu terjadi karena adanya kandungan belerang pada gunung kapur. Jika sedikit menaiki batu besar tersebut, maka akan terlihat kolam air panas yang warnanya putih kehijauan. Kolam air panas inilah yang digunakan untuk berendam terbuka dan beramai-ramai bersama pengunjung lain.


Ragam Fasilitas di Tirta Sanita Ciseeng

1. Kolam Pemandian Air Panas Alami

ciseeng parung
Salah satu bak rendam pemandian air panas alami Tirta Sayaga Ciseeng

 Tirta Sanita Ciseeng memiliki beberapa kolam rendam yang terbentuk secara alami. Oleh karena itu, bak mandinya berwarna putih, diakibatkan oleh endapan kapur. Air panas kolam Tirta Sanita Ciseeng berasal dari mata air Gunung Kapur Ciseeng yang mengandung belerang, kapur dan garam.

Kolam rendam di Tirta Sanita Ciseeng memiliki dua jenis kolam. Yaitu Kolam rendam terbuka dan kolam rendam tertutup (VIP). Untuk menikmati kolam rendam terbuka harga yang ditawarkan yaitu Rp. 5.000,- per orang sedangkan untuk kolam tertutup (VIP) cukup dengan membayar Rp. 15.000,- per orang.

2. Wahana Bermain

Selain kolam berendam air panas, ada juga wahana bermain. Wahana bermain yang ditawarkan di Tirta Sanita Ciseeng cukup banyak dan beragam, dijamin anak-anak akan puas apabila kamu berkunjung membawa mereka ke sini.

Dimulai dari area waterpark yang cocok untuk anak-anak. Dimana area tersebut memiliki berbagai macam perosotan, sehingga anak bisa meluncur diatas perosotan menuju kolam yang berada di bawahnya.

Bermain di wahana air Tirta Sanita Ciseeng



Wahana permainan lainnya yaitu kereta api kecil yang akan membawa anak-anak berputar diatas lahan seluas 50 meter persegi selama beberapa kali. Atau kamu bisa mengajaknya naik sebuah monorel yang akan membawamu mengitari taman.

Selain itu ada juga wahana permainan lainnya seperti :

  • bombom car,
  • sepeda air
  • balon air
  • bermain ATV
  • gokart mini
Wahana permainan di Tirta Sayaga


Dan masih banyak lagi wahana permainan lainnya.

3. Arena Outbound

Selain wahana bermain, tersedia pula area outbond. Ini membuat Tirta Sanita menjadi lokasi wisata yang menawarkan paket lengkap bagi pengunjung. 

Salah satu fasilitas outbond di Tempat Wisata Tirta Sanita


Pengunjung bisa menguji adrenalin dengan merangkak disebuah jaring tali, berjalan di atas jembatan tali, kemudian dilanjutkan dengan menapaki jembatan besi yang digantung menggunakan tali, setelah itu kamu meluncur bebas dengan flying fox.




4. Spot Foto

Saat kamu memasuki gerbang utama Tirta Sanita Ciseeng kamu akan menemukan sebuah batu besar berwarna putih, gundukan tersebut merupakan endapan kapur putih yang bernama Bocca Travertin.

pemandian air panas ciseeng
Salah satu Bocca Cabertin di pemandian air panas alami Ciseeng ini



Batu tersebut merupakan hasil endapan dari batu kapur yang terbawa oleh air panas dari dalam perut bumi. Batu ini merupakan ciri khas objek wisata Tirta Sanita, jadi sayang sekali kalau kamu melewatkan untuk berfoto disini.

Selain berlatar Bocca Travertin, kamu juga bisa berfoto sambil berendam di kolam rendam terbuka dengan latar pesawahan, pepohonan, gunung dan tentunya kolam rendamnya yang khas.


5. Penginapan

Sumber : plus-minus-traveler.blogspot.com

 

Tirta Sanita Ciseeng juga terdapat sebuah penginapan yang biasa disebut pesanggrahan yang berarti tempat istirahat.  Penginapan tersebut dibangun menggunakan kayu dan bambu. Kamu dapat berisitirahat sejenak, menghindari hiruk pikuk perkotaan disana.





Fasilitas Lain di Tirta Sanita Ciseeng


Fasilitas di Tirta Sanita Ciseeng dikategorikan sudah komplit. Dimulai tersedianya lahan parkir yang luas, mushola, toilet, dan kios-kios makanan.

Selain itu tersedia juga gedung serba guna yang bisa digunakan untuk acara gathering atau semacamnya. Juga tersedianya taman yang terbuka sehingga kamu bisa  menikmati keindahan alam setelah bermain air.


Ciseeng Dimana ? Ingin Tahu Lokasi Dan Alamat Tirta Sanita Ciseeng ?

Lokasi dan alamat Tirta Sanita Ciseeng berada di Jalan Raya Ciseeng, Bojong Indah Kecamatan Parung, Bogor, Provinsi Jawa Barat Kode Pos 16330


Rute Menuju Tirta Sanita Ciseeng

1) Dari Depok
Tirta Sanita Ciseeng meskipun terletak di Bogor namun jaraknya lebih dekat ke Kota Depok, yakni hanya berjarak 15 km atau memakan waktu perjalanan selama kurang lebih 30 menit.

Rute yang bisa kamu lalui dari arah Depok yaitu kamu harus melewati Jl. Raya Sawangan menuju Jl. Muchtar Raya ke Jl. Jakarta-Bogor arah selatan sesampainya kamu di pertigaan Parung ambil arah yang menuju Jl. H. Mawi kemudian di perempatan belok kanan.

2) Dari Kota Bogor

Untuk kamu yang berangkat dari Kota Bogor, kamu akan melakukan perjalanan sejauh kurang lebih 25 kilometer. Rute yang bisa kamu lalui dari arah Kota Bogor ialah kamu cukup mengikuti Jl. Jakarta-Bogor hingga tiba di pertigaan Jl. Mad Nur kamu belok kiri kemudian setelah sampai di perempatan Ciseeng kamu lurus terus di Jl. Ciseeng.

3) Dari Jakarta

Untuk kamu yang dari Jakarta kamu akan menempuh perjalanan sejauh 40 kilometer atau memakan waktu sekitar 60 menit. Untuk rute yang paling dekat ialah melewati Pondok Indah terus menuju Serpong selanjutnya masuk ke arah Taman Tekmo menuju Puspitek. Sekitar 10 kilometer lagi kamu akan sampai di Tirta Sanita Ciseeng.


Tiket Masuk dan Parkir Tirta Sanita Ciseeng


Untuk Weekday ( Senin-Jumat)      : Rp. 15.000,-
Untuk Weekend ( Sabtu dan Minggu) : Rp. 20.000,-
Anak-anak                         : Rp. 12.000,-
Parkir Motor                      : Rp. 5.000,-
Parkir Mobil                      : Rp. 10.000,-
Parkir Bis                        : Rp. 20.000,-

*Harga tiket bisa berubah waktu waktu tanpa pemberitahuan


Jam Operasional Tirta Sanita Ciseeng Pemandian Air Panas


Jam operasional Tirta Sanita Ciseeng buka setiap hari, dari mulai hari Senin sampai hari Minggu.
Dimulai Pukul 07.30 WIB sampai dengan Pukul 17.00 WIB.

BACA JUGA:

Pantai Buatan Wana Griya Di Parung Ciseeng, Kabupaten Bogor

Tips Wisata

Ada beberapa tips nih untuk kamu yang akan mengunjungi pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng

  1. Tentu saja jangan lupa untuk membawa baju ganti atau perlengkapan yang lainnya.
  2. Jika mengajak anak, selalu perhatikan anak-anak saat bermain air.
  3. Jangan lupa siapkan gadget kamu untuk mengabadikan setiap momen keindahan alam yang diberikan.
  4. Tetap waspada terhadap barang bawaan kamu ya.