Alternatif Pilihan Tempat Wisata di Puncak Bogor dan Sekitarnya untuk Keluarga

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- Rencana liburan keluarga yang mudah dan banyak dilakukan warga ibu kota dan sekitarnya adalah berwisata ke Puncak, Bogor. Iklim yang sejuk bukan hanya akan membuat nyaman, tapi juga menyenangkan untuk semua anggota keluarga.


Meski tahu kawasan puncak Bogor dan Cianjur memiliki banyak titik lokasi wisata, namun kadang bingung sendiri memilihnya. Akhirnya banyak yang cenderung pergi ke lokasi yang itu-itu saja.  Kali lain bisa mengajak seluruh anggota keluarga mengunjungi wisata Puncak yang variatif .

Tempat Wisata Puncak Bogor dan Sekitarnya

Mulai dari tempat wisata, playground, hingga kafe, berikut daftar tempat wisata Puncak Bogor yang bisa jadi pilihan alternatif saat berlibur.


1. Nicole's Kitchen, Puncak



Pengunjung akan menemukan nuansa cantik dan menenangkan ketika masuk ke Nicole's Kitchen. Bagaimana tidak, dekorasi di kafe ini didominasi oleh warna putih dengan kesan yang minimalis.

Pengunjung  juga bisa memilih hendak mau menyantap sajian ini di dalam ruangan atau di luar ruangan dengan hembusan angin yang segar. Penampilan cantik Nicole's Kitchen menjadi alasan mengapa kafe ini cocok untuk tempat berfoto.

Dilengkapi dengan bantal lucu dan tanaman anggur yang mengular di pilar-pilar tengah, kafe ini patut dikunjungi saat sedang berlibur ke Puncak.

Nicole's Kitchen buka dari pukul 09.00 hingga tengah malam, berlokasi di Kampoeng Brasco Cipanas, Jl. Raya Cipanas Hanjawar No. 1, Bogor Selatan, Jawa Barat, Indonesia.

2. Cimory Riverside, Puncak

Sumber : @firuz_alfarazdaq

Anda mungkin sudah mendengar restoran Cimory Riverside, yang menyajikan ragam kuliner dari bahan dasar susu. Meskipun belum begitu lama buka, tetapi tempat ini selalu ramai dikunjungi.

Apa yang membuat tempat ini memiliki daya tarik dan berbeda dari lokasi kuliner lain adalah  pengunjung juga bisa menikmati pemandangan indah sambil menyantap makanan yang lezat.

Cuaca sejuk, pemandangan sungai, dan makanan enak, Cimory Riverside jadi tempat yang tepat untuk bersantai. Apalagi, restoran ini juga memiliki taman bermain anak-anak, toko perbelanjaan, dan pabrik cokelat.

Cimory Riverside berlokasi di Jl. Raya Puncak Km. 76, Megamendung, buka dari pukul 08.00 sampai 20.30.
Makanan yang disajikan di sini sekitar Rp28.000 ke atas.


3. Telaga Warna Puncak Cisarua

Image credit: @irwanfirmino

Berlokasi di Jl. Raya Puncak – Cianjur, Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Bogor, wisata Puncak ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Warna airnya yang eksotis dan berpadu dengan bentang alam yang hijau akan membuat  pengunjung terhipnotis dengan pesonanya yang begitu menawan.

Ditambah dengan area persawahan dan gunung kecil sebagai background, Telaga warna seakan lukisan yang menawan. Menariknya, warna air di telaga ini dapat berubah seiring berjalannya waktu. Airnya akan terlihat kehijauan hingga kecoklatan.

Perubahan warna air tersebut disebabkan oleh faktor ganggang yang tumbuh subur di dalam telaga. Apalagi saat air telaga terkena pantulan sinar matahari yang memunculkan warna-warna unik. Pengunjung  bisa menjelajahi Telaga Warna menggunakan perahu ataupun rakit.

4. Curug Panjang Megamendung

 


Jika menikmati sensasi udara dingin saja tidak cukup dan ingin bermain dengan sejuknya air, bisa mengunjungi Curug Panjang Megamendung. Berada di Jl. Curug Panjang, Cilember, Cisarua, lokasi ini banyak diminati oleh wisatawan terutama dari luar Bogor.

Aliran sungainya yang besar berasal dari sungai Cirangrang. Airnya yang jernih dan udara yang segar, dapat menjadi pelepas lelah yang menyegarkan bersama keluarga. Namun,  harus hati-hati saat untuk bermain air, karena kedalaman airnya bisa mencapai 5 meter.
                                        

5. Puncak Pass Resort



Sesuai dengan namanya, Puncak Pass Resort berada di atas lokasi tersebut. Tepatnya di Jl. Raya Puncak KM.90, Tugu Selatan, Cisarua, Bogor. Bagi  yang berminat untuk bermalam di sekitar puncak Bogor, ini bisa menjadi pilihan tepat.

Hotel sekaligus restoran ini, merupakan salah satu hotel tertua yang berada di Puncak, dan menghadap langsung ke arah lereng Gunung. Pengunjung tentunya akan betah berlama-lama di sana karena mendapatkan pemandangan sekitar hotel yang indah, dan bisa dinikmati dari jendela kamar.

6. Taman Safari Indonesia, Cisarua

Salah satu atraksi di Taman Safari Indonesia, melihat singa makan

Dikenal sebagai ikon wisata di Kabupaten Bogor, Taman Safari Indonesia Cisarua terletak tidak jauh dari wisata Puncak lainnya. Berada di Jl. Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, Cisarua, Bogor.


Bukan hanya siang hari, ada juga wisata hewan malam yang akan memberikan sensasi yang mendebarkan. Disuguhi dengan destinasi wisata alam beserta wahana edukasi, Taman Safari ini cocok didatangi bersama keluarga.

Rasakan pengalaman mengenal hewan langsung, bahkan beberapa hewan bisa diajak berfoto bersama seperti ular, burung bahkan singa. Selain itu, wahana permainannya pun cukup lengkap, sehingga pengunjung tidak merasa bosan.

BACA JUGA:

Taman Safari Indonesia - Bogor


7. Paragliding Bukit Gantole, Puncak

Image credit: @taufixgunawan

Bagi penyuka kegiatan yang meningkatkan adrenalin, kawasan wisata Puncak Bogor juga ada lokasinya.  Pengunjung bisa merasakan saat berkunjung ke Paragliding Bukit Gantole, Puncak. Di sana adalah tempat untuk terjun payung yang akan meningkatkan adrenalin.

Lokasinya sendiri berada di bukit Gantole Puncak yang letaknya sekitar 300 meter dari masjid Att’awwun atau sekitar 1,2 km dari Puncak Pass Resort. 


8. Taman Riung Gunung, Puncak


Taman Riung Gunung merupakan salah satu objek wisata Puncak lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Selain memiliki pemandangan yang indah, tempat ini juga mudah dijangkau karena posisinya hanya berada sekitar 0,4 km dari Puncak Pass Resort.

Dikelilingi perkebunan teh yang memanjakan mata dengan bentangan pesona pegunungan dan pemandangan hijau, taman ini juga bisa menjadi salah satu tempat yang segar untuk sekadar teawalk. Di sana juga terdapat resto, lesehan, kolam renang, dan juga fasilitas outbond yang siap untuk dijajal.

Banyak hal yang bisa dilakukan di sini. Mulai dari menikmati secangkir kopi panas ditemani cemilan kesukaan hingga aktivitas yang sedikit berat seperti tea walk atau trekking di sepanjang jalur perkebunan.

9. Agro Wisata Gunung Mas

 


Tempat wisata puncak ini memiliki konsep kebun. Ini menjadi salah satu tempat wisata Puncak sekitar Bogor yang memiliki pemandangan hijau dan asri oleh tanaman teh yang akan menambah nuansa kenyamanan dan memberikan kesegaran.


Banyak hal yang bisa dilakukan di sini. Mulai dari tea walk atau trekking di sepanjang jalur perkebunan, berkendara ATV, menunggang kuda & berparalayang musiman.

BACA JUGA :

4 LOKASI WISATA KEBUN TEH DI KABUPATEN BOGOR


10. Curug 7 Cilember

 


Jika menginginkan tempat wisata Bogor yang masih menyuguhkan air terjun, silakan kunjungi Curug 7 Cilember, yang memiliki tidak hanya 1, tapi 7 air terjun sekaligus!

Tak hanya menyajikan kesegaran air terjun, wisata Bogor ini juga memiliki kawasan yang indah khas pegunungan, yang memberikan kenyamanan dan kesejukan. Bersama keluarga bisa menikmati gemuruh air terjun, ditambah ada tempat penangkaran kupu-kupu. 

Penangkaran kupu-kupu di curug 7 Cilember


Jam Buka: 06.00-18.00 WIB

Harga Tiket Masuk: Rp6.000

Lokasi: Desa Jogjogan, Cisarua, kawasan Puncak Bogor.

11. Kebun Raya Cibodas


Selain Kebun Raya Bogor, ada lagi balai konservasi tanaman di Jawa Barat, yaitu Kebun Raya Cibodas.

Meski berada di kawasan puncak, namun  sebenarnya kebun raya ini sudah masuk dalam administrasi kabupaten Cianjur.

Kebun Raya Cibodas memiliki area yang lebih luas jika dibandingkan dengan Kebun Raya Bogor. Ada lebih dari lima ribu jenis tanaman di kebun yang juga memiliki sejumlah air terjun dan perbukitan ini.

Sambil piknik bersama orang terdekat, Anda pun bisa curi-curi berfoto di beberapa lokasi Instagramable di Kebun Raya Cibodas. Kebun raya Cibodas punya 6 taman, salah satunya yang unik adalah taman Sakura.

Lebih baik, hubungi kantor terlebih dahulu di nomor (0263) 511385 untuk memeriksa tanggal terbaik untuk melihat bunga Sakura saat sedang mekar.

Berlokasi di Jl. Kebun Raya Cibodas No. 131, Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Kebun Raya Cibodas buka dari pukul 08.00 hingga 17.00 waktu setempat. Untuk biaya masuknya, Rp9.000, parkir sepeda motor Rp5.000, dan parkir mobil Rp16.000.


Itulah beberapa destinasi wisata Puncak yang seru dan tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke sana. Semoga bermanfaat!