Rute - Titik Pemberhentian Biskita Trans Pakuan Bogor Koridor 5 di Kota Bogor

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- BisKita Trans Pakuan atau yang sering disebut dengan Trans Pakuan adalah layanan Bus Rapid Transit di Kota Bogor Jawa Barat, yang dikelola oleh Pemerintah Kota Bogor melalui Perusahaan Daerah Jasa Transportasi. 

Bus kota ini sangat mirip dengan Transjakarta, hanya berhenti di halte tertentu saja. Yang membedakan hanyalah bus ini tidak menggunakan jalur khusus. Bus ini juga diharapkan akan mengurangi jumlah angkutan kota yang masih beroperasi dan menjadi salah satu cara mengatasi kemacetan di Kota Bogor.



Mulai tahun 2021, Bus Trans Pakuan kembali beroperasi sebagai salah satu program pembelian layanan (buy the service) yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek. Layanan yang dinamai sebagai "BisKita Trans Pakuan" ini direncanakan akan beroperasi pada enam koridor pelayanan di Kota Bogor, dengan soft launching layanan dimulai sejak 2 November 2021 untuk Koridor 5 Ciparigi - Stasiun Bogor.

Terdapat tujuh koridor Trans Pakuan yang direncanakan akan beroperasi secara penuh. Enam koridor pertama termasuk ke dalam sistem pembelian layanan BisKita, sementara satu koridor sisanya tetap beroperasi di bawah Pemerintah Kota Bogor, namun tidak disubsidi.

Koridor 1: Terminal Bubulak-Cidangiang PP
Koridor 2: Terminal Bubulak-Ciawi PP
Koridor 3: Terminal Bubulak-Sukasari PP
Koridor 4: Ciparigi-Ciawi PP
Koridor 5: Ciparigi-Stasiun Bogor PP (Untuk Saat ini hanya sampai Halte Bappeda)
Koridor 6: Parung Banteng-Air Mancur PP
Koridor 7: Cidangiang-Sentul Bellanova PP

Jalur Koridor 5 Biskita

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor telah mengoperasikan 10 unit BisKita Trans Pakuan koridor 5 sejak awal November 2021. Selama masa sosialisasi, bus berkapasitas 34 penumpang ini masih digratiskan untuk warga hingga akhir tahun. Setiap bus akan berangkat setiap 7-8 menit sekali dan ditarget bisa mengangkut penumpang hingga 12 putaran.

BACA JUGA: 

Rute-Titik Pemberhentian Biskita Bogor Koridor 6 di Kota Bogor


Titik awal pemberangkatan BisKita Trans Pakuan dimulai dari shelter Ciparigi yang berada di dalam kawasan Perumahan Villa Bogor Indah, Kelurahan Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Bus dengan kapasitas 34 penumpang ini kemudian melaju ke Stasiun Bogor dan langsung kembali ke Shelter Ciparigi.


Sedikitnya, ada 30 titik pemberhentian di sepanjang koridor 5.  Berikut jalur yang dilalui Biskita koridor 5

Jl. Villa Bogor Indah → Jl. Pemda → Jl. KS Tubun → Jl. Jend. Ahmad Yani → Jl. RE. Martadinata → Jl. Merdeka → Jl. Kapten Muslihat → Jl. Mayor Oking → Stasiun Bogor  (Dihentikan saat ini) → Jl. Mayor Oking → Jl. Kapten Muslihat → Jl. Ir. H. Juanda → Jl. Jend. Sudirman → Jl. Pemuda → Jl. Dadali → Jl. Jend. Ahmad Yani → Jl. KS Tubun → Jl. Sholeh Iskandar → Jl. KS Tubun → Jl. Pemda → Jl. Villa Bogor Indah


BACA JUGA:
Rute Pemberhentian Biskita Transpakuan Koridor 1 dan 2 dan Cara naik Biskita Transpakuan

Rute-Titik Pemberhentian Biskita Bogor Koridor 6 di Kota Bogor

Titik pemberhentian di sepanjang koridor 5

  1. Terminal Ciparigi
  2. SMP 19 (1)
  3. Villa Bogor Indah 2-1
  4. Komplek PGRI
  5. Simpang Talang 1
  6. Jambu Dua
  7. SLTPN 8
  8. BPJS
  9. Dinkes
  10. GOR 2
  11. Dinas Sosial (Dinsos)
  12. Puskesmas Merdeka
  13. PGB Merdeka
  14. Stasiun KA Bogor (Dihentikan)
  15. BAPPEDA
  16. RS Salak
  17. Sudirman 1
  18. Air Mancur 2
  19. GOR 1
  20. DPRD Baru
  21. SMPN 5
  22. Tugu Narkoba 1
  23. Tugu Narkoba 2
  24. Simpang Talang 2
  25. SDN Kedung Halang 1
  26. SDN Kedung Halang 5
  27. Villa Bogor Indah 2
  28. SMP 19 (2)
  29. Terminal Ciparigi

 

CATATAN :

 Biskita Trans Pakuan Koridor 5 (Ciparigi-Stasiun Bogor) tidak berhenti di Halte Stasiun Bogor mulai 6 Mei 2022 hingga waktu yang dapat ditentukan. Dengan penonaktifan Halte Stasiun Bogor, penumpang Biskita Trans Pakuan bisa menggunakan Halte Bappeda.