Apa Itu WhatsApp, dan Kenapa Begitu Populer?

#Tags

WhatsApp adalah layanan pesan / chat yang sangat populer.  Aplikasi perpesanan WhatsApp yang disebut juga WA, banyak dipakai untuk mengirim pesan teks di banyak negara. Negara dimana WhatsApp tidak terlalu populer hanya ada beberapa negera seperti Tiongkok, Korea Selatan, Korea Utara, Jepang dan Amerika Serikat. 

Setiap negara yang disebut sebelumnya punya aplikasi chat masing-masing, kecuali Amerika Serikat, kebanyakan penduduknya yang masih secara teratur menggunakan pesan teks SMS "jadul". Selain negara - negara itu, setidaknya WhatsApp berada di posisi 1 atau 2 sebagai aplikasi layanan pesan yang paling banyak digunakan. 

Di bawah ini adalah panduan pengantar untuk WhatsApp. Kami akan membahas apa itu, fitur apa yang ditawarkan aplikasi, dan mengapa itu sangat populer.

Apa Itu WhatsApp?

WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan instan gratis yang tersedia di Android dan iPhone yang memungkinan Anda  untuk mengirim pesan teks ke pengguna lain satu-satu atau dalam kelompok. Yang penting, obrolan WhatsApp dilakukan melalui internet. Ini kontras dengan SMS standar, yang melewati penyedia telepon Anda.

Di dalam obrolan, WhatsApp memiliki semua fitur yang Anda harapkan dari aplikasi perpesanan modern, termasuk opsi untuk mengirim foto, membagikan lokasi Anda, mencari dan mengirim GIF, dan sejenisnya. Selain layanan SMS inti, WhatsApp mendukung panggilan suara, panggilan video, dan pesan suara yang direkam.

WhatsApp didirikan pada tahun 2009 oleh dua mantan karyawan Yahoo!. Pada tahun 2014, Facebook membeli aplikasi tersebut, dan telah berada di bawah payung Facebook (sekarang disebut Meta) sejak saat itu. Layanan ini memiliki basis pengguna yang besar; itu mencapai lebih dari dua miliar pengguna di seluruh dunia pada tahun 2020.


Cara Mulai Menggunakan WhatsApp

Sangat mudah untuk mendaftar dengan WhatsApp dan mulai mengirim pesan ke teman Anda. Namun supaya tidak terlalu melebar, langkah berikut digunakan untuk ponsel yang menggunakan operasi sistem Android (hp Android)

1. Buka Playstore di Android . Playstore merupakan aplikasi bawaan dari Android untuk install aplikasi. 

Lambang google playstore

2. Unduh / Download /  Install WhatsApp Messenger 


 3. Buka aplikasi dan setujui persyaratannya, lalu Anda harus menjalani proses pendaftaran sederhana. Setelah memasukkan nomor telepon, Anda akan mendapatkan SMS berisi kode konfirmasi. 

4. Masukkan itu ke WhatsApp, dan Anda hampir selesai.


5. Selanjutnya, masukkan nama Anda dan atur foto profil. Anda akan diminta untuk mengizinkan WhatsApp mengakses kontak Anda, yang harus Anda lakukan untuk hasil terbaik. Jika tidak, Anda tidak dapat dengan mudah mencari nama orang di WhatsApp untuk memulai percakapan.
6. Kemudian pilih apakah akan mengizinkan akses ke foto Anda (untuk mengirim obrolan) dan Anda siap untuk menggunakan WhatsApp Messenger.


Dasar-dasar Dalam Menggunakan WhatsApp Untuk Mengobrol / Chat

1. Untuk mulai mengobrol, ketuk tombol NEW, yang ada di kanan bawah hp Android. Cari satu atau lebih orang yang ingin Anda ajak mengobrol, lalu masukkan pesan Anda dan tekan Kirim.


2. Kirimkan pesan singkat. Jika pesan yang dikirim ditandai dengan 2 centang, pesan terkirim, 1 centang tidak terkirim. Jika 2 centang berubah warna menjadi biru, pesan singkat sudah dibaca. 

Tanda centang yang dimaksud ditunjukkan dengan panah merah

Itulah kemampuan SMS dasar, tetapi ada lebih banyak fitur WhatsApp dalam obrolan / chat. Untuk sebagian besar  ketuk ikon  penjepit kertas (Android) di sebelah kotak obrolan untuk membuka menu yang memungkinkan Anda mengirim gambar, lokasi, file, atau kontak Anda. 

3. Ikon Stiker memungkinkan Anda mengirim GIF atau stiker lucu, sedangkan ikon Mikrofon memungkinkan Anda merekam pesan suara.

4. Di bagian atas, Anda akan melihat ikon Kamera untuk memulai panggilan video dengan orang/grup ini, serta ikon Telepon untuk memulai panggilan audio. 

5. Tab Obrolan di layar utama berisi semua obrolan Anda yang ada, diurutkan berdasarkan aktivitas terbaru. Geser dari kanan ke kiri untuk mengarsipkan obrolan jika Anda tidak lagi membutuhkannya, atau ketuk Lainnya untuk melihat beberapa opsi. Dengan menggesek dari kiri ke kanan, Anda akan melihat Pin untuk menyimpan percakapan di bagian atas daftar.
Apa Lagi yang Dapat Dilakukan WhatsApp?

6. Status WhatsApp

Banyak orang menggunakan WhatsApp terutama untuk pengiriman pesannya, tetapi ada beberapa fungsi lainnya juga, salah satunya update status. 



Pada tab Status, Anda dapat menambahkan teks sementara atau status foto untuk dibagikan dengan kontak Anda (atau orang tertentu yang Anda pilih). Anda juga akan melihat status apa pun yang telah dibagikan oleh kontak Anda dengan Anda.

Status ini hanya tersedia selama 24 jam, setelah itu hilang dan teman Anda dapat membalas setelah melihatnya.  

7. Jika Anda sering menggunakan WhatsApp untuk panggilan audio, tab Panggilan memudahkan untuk memeriksa semua panggilan Anda dan yang tidak terjawab, mirip dengan aplikasi telepon ponsel Anda.

8. Whatsapp juga bisa digunakan di komputer dengan syarat WhatsApp di ponsel juga dalam keadaan aktif. 

9. Untuk keamanan, sangat disarankan untuk mengktifkan fitur verifikasi 2 langkah. Caranya bisa dibaca di ARTIKEL Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah di WhatsApp


Mengapa WhatsApp Begitu Populer?

Ada beberapa alasan mengapa WhatsApp lebih banyak digunaka :
1. Biaya murah
Hanya perlu membayar layanan internet saja, pengguna bisa menelepon, mengirim pesan (teks, gambar, dokumen, video, emoji, stiker). Apalagi jika dibandingkan dengan pengiriman pesan dengan SMS atau telepon langsung lewat penyedia layanan telepon.

2. Bisa digunakan di Android dan Iphone
Tidak seperti aplikasi serupa di Iphone, iMessage, yang tidak bisa digunakan di hp Android. Message adalah pembawa pesan default untuk banyak orang—secara otomatis akan aktif saat Anda mengirim SMS kepada seseorang yang juga memiliki iPhone. Tetapi karena Android jauh lebih banyak digunakan di seluruh dunia, iMessage tidak akan sepopuler WA.

3. Waktu Yang Tepat.
Sebelum WhatsApp sebesar saat ini, pengiriman pesan text yang serupa sudah dilakukan oleh Blackberry Messenger. Sayangnya perkembangan Blackberry tidak sebesar hp Android yang diadopsi smartphone skala besar, bersama dengan koneksi 3G, ketika WhatsApp masih baru. Saat HP Android semakin besar, WhatsApp juga ikut membesar.

Dalam banyak hal, WhatsApp berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat untuk menjadi sepopuler sebelumnya.

4. WhatsApp Terenkripsi End-to-End

Ikhtisar WhatsApp tidak akan lengkap tanpa menyebutkan bahwa itu dienkripsi ujung-ke-ujung. Ini berarti bahwa pesan yang Anda kirim dengan layanan hanya dapat dibaca oleh penerima yang dituju.

Banyak layanan perpesanan lainnya, seperti Telegram, menggunakan enkripsi client-server secara default. Ini berarti pesan Anda dienkripsi saat transit, tetapi pesan tersebut melewati server perusahaan dan dienkripsi ulang pada saat itu. Secara teori, seseorang di perusahaan dengan kunci dekripsi dapat membaca atau merusak pesan Anda.

Meskipun enkripsi ujung-ke-ujungnya, banyak orang tidak mempercayai WhatsApp karena Facebook yang memilikinya. Apakah Anda memutuskan untuk menggunakan WhatsApp terserah Anda—meskipun jika Anda memiliki teman dari seluruh dunia, kemungkinan besar Anda harus melakukannya jika Anda ingin berbicara dengan mereka.