Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Dibajak dan Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah di WhatsApp

#Tags

Whatsapp meurpakan aplikasi chat + media sosial yang paling populer. Hal itu karena pemakaiannya mudah, dan klaim WhatsApp dilengkapi sistem keamanan terenkripsi end-to-end dan verifikasi dua langkah. Namun peretasan akun whatsapp masih mungkin saja bisa menyusup ke akun dan mengekstrak data pribadi.



Jika nomor  whatsApp sudah telanjur dibajak, masih ada kesempatan untuk mendapatkannya kembali. Beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengembalikan WhatsApp yang dibajak berikut ini.


1. Install ulang Whatsapp

Jika terdapat indikasi dibajak, coba langsung dilakukan metode ini dengan catatan sudah mengaktifkan verifikasi 2 langkah. 

 Uninstall atau hapus aplikasi WhatsApp dari ponsel, kemudian install kembali dan log in dengan memasukkan nomor telepon seperti biasa.

Kemudian akan muncul verifikasi berupa kode OTP yang dikirim melalui SMS langsung ke nomor HP Anda tadi, kemudian masukkan kode OTP tersebut.

Setelah Anda berhasil masuk ke WhatsApp, akun di tangan peretas akan secara otomatis keluar (log out) dan akun WhatsApp akan kembali pulih.  Kode OTP ini sebagai pengaman sehingga hacker atau peretas tidak diberi kesempatan untuk mendeteksi password tersebut.


Setelah memasukkan kode OTP dan Anda bisa masuk ke akun WhatsApp. Itu sebabnya penting menambahkan perlindungan tambahan dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah. 

LIHAT >>>  CARA MENGAKTIFKAN VERIFIKASI 2 LANGKAH


2. Lapor ke pusat bantuan WhatsApp


Jika cara di atas belum bisa, pengguna bisa mengirimkan email pelaporan ke pihak WhatsApp di emailsupport@whatsapp.com.

Tulis email dengan subject bahwa akun WA Anda di-hack, misalnya: "My WhatsApp account got hacked".

Dalam laporan tersebut, tuliskan kronologi disertai bukti tambahan seperti screenshot akun dan masalah yang dialami.

Kemudian lengkapi nomor telepon Anda yang digunakan untuk WhatsApp dengan diawali nomor kode internasional Indonesia (+62).

Usai membuat laporan, pihak WhatsApp akan segera medeaktivasi akun atau menonaktifkan akun sementara. Tunggu hingga ada pemberitahuan untuk bisa kembali mengaktifkan akun WhatsApp Anda.


>

Cara mengaktifkan verifikasi dua langkah

Fitur verifikasi dua langkah (two-step verification) merupakan proteksi tambahan yang bertujuan agar akun WhatsApp Anda tidak berpindah ke tangan peretas.

Ketika melakukan aktivasi two-step verification, pengguna WhatsApp akan diminta memasukkan enam digit PIN.  PIN rahasia pada two-step verification ini berfungsi sebagai kunci akses, apabila penggunanya mengganti HP di kemudian hari.

Verifikasi dua langkah terbilang cukup aman dari peretas. Fitur ini memberikan pengamanan ganda pada akun media sosial termasuk WhatsApp agar terhindar dari pembajakan. Berikut cara mengaktifkannya:

  1. Masuk ke Profil WhatsApp, lalu pilih Pengaturan
  2. Pilih Akun, lalu klik Autentikasi Dua Langkah
  3. Aktifkan fitur ini dengan memasukkan 6 digit kode PIN
  4. Setelah Autentikasi Dua Langkah diaktifkan, masukkan 6 digit kode PIN ini ketika log in pada perangkat atau gadget yang berbeda


 


Pengembalian akun WhatsApp yang di-hack dapat dengan cepat tertangani, asalkan korban segera melapor ke pusat bantuan dan mengikuti cara di atas.


Cek artikel lain TIPS WHATSAPP