Cara Menghapus Akun WhatsApp secara Permanen dan Cara Backup Data / Berkas WhatsApp

#Tags

 Pilihan untuk melakukan komunikasi yang bisa mengirimkan pesan teks, bergambar, video, dan lainnya cukup banyak. Sebut saja mulai dari whatsapp, line, wechat, hingga telegram.

Bagi pengguna WhatsApp yang berpikir mungkin akan tidak menggunakan WA untuk komunikasi, dengan beberapa alasan sangat disarankan tidak sekedar "uninstall" saja.

Perlu diketahui bahwa setelah akun WhatsApp dihapus, semua history pesan, grup WhatsApp, dan pesan yang dicadangkan juga akan ikut terhapus dan tak bisa dikembalikan lagi. Jika sudah yakin tidak ingin menggunakan WhatsApp lagi, ikuti cara menghapus akun WhatsApp secara permanen.




Harap diingat Semua catatan pesan pada WhatsApp akan terhapus sekalipun anda mencadangkannya di iCloud atau Google Drive. Akun WhatsApp tidak lagi dapat dipulihkan maupun diaktifkan. Berikut yang hilang jika WA dihapus:
1. Grup WhatsApp
2. Foto dan Video yang tidak sempat diunduh. Jika video maupun foto sempat diunduh / download sebelum akun dihapus, maka berkas-berkas tersebut akan tetap ada pada gallery penyimpanan selama Anda tidak menghapusnya.
3. Pesan Masuk

Karena itu sangat disarankan, siapa tahu harus mengaktifkan kembali WhatsApp di masa mendatang.
Memang pendaftaran nomor seluer  ke whatsapp bisa menggunakan nomor yang sama, tapi  dianggap menggunakan akun yang baru. Artinya, anda harus mengulang segalanya dari awal karena akun dianggap baru.



Cara Mencadangkan Pesan dan Dokumen pada Android

Supaya tidak kehilangan bekas dan hal penting lain, cadangkan semua berkas whatsapp. Pencadangan riwayat pesan menggunakan Google Drive jika WA diinstall di android,  begini langkahnya:

  1. Ketuk ikon titik tiga pada sudut kanan atas
  2. Pilih dan ketuk Setelan atau 'Settings'
  3. Ketuk opsi Pencadangan Pesan atau 'Chat Backup'
  4. Pilih opsi Backup to Google Drive atau Cadangkan ke Google Drive
  5. Pilih salah satu opsi waktu pencadangan pesan
  6. Selanjutnya pilih opsi email anda
  7. Berikan akses yang diminta WhatsApp
  8. Pesan berhasil dicadangkan ke Google Drive

Cara Menghapus WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Selanjutnya ketuk ikon tiga titik pada pojok kanan atas
  3. Pilih dan ketuk 'Account' atau Akun
  4. Kemudian pilih opsi 'Delete My Account' atau Hapus akun saya dan ketuk opsi tersebut
  5. Setelah dihapus secara permanen anda tidak lagi dapat mengakses akun Whatsapp anda ataupun memulihkannya.
  6. Akun akan benar-benar terhapus dalam kurun waktu 90 hari dan informasi pribadi apa pun yang dibagikan dengan perusahaan Facebook lain juga akan dihapus.