Stadion Pakansari: Kebanggaan Cibinong, Bogor

#Tags

Stadion Pakansari, yang terletak di Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, adalah sebuah stadion serbaguna yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Bogor. Stadion ini dibangun di atas lahan seluas 100 hektar dengan anggaran sebesar Rp. 282 miliar dari Pemerintah Indonesia, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan Pemerintah Kabupaten Bogor. Stadion ini diresmikan pada tahun 2014 dan sejak itu menjadi tempat yang populer untuk berbagai acara olahraga, terutama sepak bola.

Sejarah

Stadion ini dinamai berdasarkan lokasinya di Pakansari, Cibinong, dan telah menjadi markas beberapa klub sepak bola, termasuk Persikabo Bogor dan PS TNI. Pada tahun 2019, stadion ini menjadi markas TIRA-Persikabo, hasil merger antara PS TNI dan Persikabo Bogor, dan pada tahun 2022, RANS Nusantara FC, sebuah klub yang berbasis di Jakarta, menjadikannya sebagai markas mereka dalam menjalani Liga 1.

Fasilitas

Stadion Pakansari memiliki kapasitas tempat duduk untuk 30.000 penonton dan dilengkapi dengan rumput Bermuda dan Zoysia Matrella di lapangannya. Stadion ini mencakup area seluas 60 hektar dan memiliki lapangan utama dengan panjang 105 meter dan lebar 70 meter. Stadion ini juga dilengkapi dengan trek atletik sepanjang 400 meter di sekitar lapangan. Stadion ini memiliki kursi tunggal di semua empat tribun dan dilengkapi dengan atap penutup di seluruh tribun. Ada juga lima layar besar dan papan skor video di dalam stadion.

Fasilitas olahraga selain sepakbola

Meski dikenal karena menjadi perhelatan pertandingan sepakbolastadion pakan sari merupakan stadion multifungsi. Fungsi lainnya dari Pakansari ini adalah, menjadi tempat berolahraga misalnya jogging bagi masyarakat sekitar. Tak jarang di sekitar wilayah stadion, banyak orang yang sekaligus berkuliner ria karena ada banyak orang yang berjualan makanan, pakaian dan kebutuhan lainnya.

Joging di stadion pakansari


Karena stadion ini memiliki kapasitas penonton yang jumlahnya cukup besar, maka sering dilaksanakan berbagai kegiatan/acara olahraga bertaraf internasional. Hal ini disesuaikan juga dengan fasilitasnya yang cukup lengkap. Tak heran jika Pakansari juga dijadikan sport center di kawasan Cibinong Bogor.


Sport center pakansari


Renovasi

Stadion ini menjalani renovasi dua kali untuk memenuhi standar FIFA. Renovasi pertama selesai pada tahun 2016 dengan anggaran sebesar Rp. 803 miliar, sementara renovasi kedua dilakukan sebagai persiapan untuk Asian Games 2018. Renovasi ini mencakup peningkatan susunan tempat duduk untuk penonton, ruang ganti, sistem suara, papan skor video, ruang uji doping modern, pusat media, dan trek atletik.

Stadion pakansari

Acara Internasional

Stadion Pakansari telah menjadi tuan rumah beberapa acara internasional, termasuk Piala AFF 2016, di mana stadion ini menjadi tempat bagi tim nasional Indonesia dalam pertandingan semi-final dan final. Stadion ini juga menjadi salah satu tempat bagi pertandingan sepak bola putra selama Asian Games 2018 dan Piala Asia U-19 2018. Selain itu, stadion ini telah dinominasikan oleh Asosiasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) untuk menjadi tuan rumah pertandingan selama Piala Dunia U-20 FIFA 2021.

panjat tebing di pakansari

 

Selain pertandingan sepakbola, sering pula diadakan pertandingan olahraga lain semisal panahan, panjat tebing, dan lain lain.

Data Stadion Pakansari

Nama Stadion Pakansari
Lokasi Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.
Alamat Jl. Gor Pakansari No.26, Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat 16915.
Kapasitas 30.000
Jenis rumput Bermuda dan Zoysia Matrella
Luas lapangan 105 meter (P) dan 70 meter (L)
Standar FIFA/AFC
Lintasan atletik Ada
Koordinat 6°29?42.0?S 106°50?00.1?E
Pemilik/pengelola Pemerintah Kabupaten Bogor

BACA JUGA:

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Stadion Pakansari adalah stadion yang modern dan dilengkapi dengan baik yang telah menjadi sumber kebanggaan dari masyarakat kabupaten Bogor