Menebak Lokasi Kandang Roda di Cibinong - Bogor

#Tags

Kandang Roda merupakan kawasan yang membingungkan di Cibinong, Kabupaten Bogor. Jika Anda mengecek di google maps maka akan muncul beberapa lokasi tempat usaha yang menambahkan Kandang Roda di belakang nama usahanya, sementara alamat resmi usaha tersebut berada di Jalan raya Jakarta Bogor KM 49, dan masuk ke dalam daerah kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. 

Lokasi Kandang Roda Bogor

Kandang Roda Bogor
Cuplikan peta untuk kata kunci kawasan  Kandang Roda


Terlihat dari gambar di atas, ada 3 lokasi usaha menyematkan Kandang Roda, sebagai tanda mereka merasa di kawasan Kandang Roda, mulai dari Agen Bus di bawah hingga ke SPBU Kandang Roda di atas dekat pertigaan Jalan, Alternatif GOR Pakansari. 


Namun, ada juga yang menyebut pertigaan ke Cimandala, yang merupakan jalan Roda Pembangunan, sebagai pelesetan dari warga untuk menyebut Kandang Roda. 

Lampu Merah Kandang Roda
Persimpangan  Kandang Roda dan Jalan Roda Pembangunan


Sementara secara resmi di pemerintahan, Kandang Roda yang disebut adalah kawasan pertigaaan antara Jln Raya Bogor dan Jalan Roda Pembangunan, sebagaiman terlihat di gambar di atas. 


Salah satu blog warga setempat (kandang-roda49.blogspot.com) menyebut itu sebagai kawasan kampung dulu yang jika dihitung sejak KM 49 jalan raya Jakarta Bogor, meliputi wilayah dari PT. Rahayu sentosa hingga sampai Hotel M-One , sementara Hotel M-One sendiri sudah termasuk dalam Kelurahan Cimandala. Blog tersebut juga menyebutkan pendudukan di jalan Roda pembangunan sebagai orang kandang roda.


Namun berdasarkan info lebih jauh, wilayah yang disebut Kandag Roda adalah wilayah RW 04 di kelurahan Nanggewer. Meski RW 04 sendiri yang notabene satu kesatuan kampung kandang roda sudah memiliki nama bagian masing –masing di setiap  R, seperti RT 03 lebih cenderung dengan sebutan Bojong, RT 05 sebagai Gang Mayat, dan RT01 sebagai kampung cina, sedangkan RT 02 itu pertengahan antara bojong dan kampung Cina dan RT 04 yang dari dulu hingga sekarang masih menggunakan nama Kandang Roda sebagai nama asli dan penduduk asli kandang roda di RT04 lah adanya Mesjid tertua di Kelurahan Naggewer tersebut dengan nama Mesjid Al – Hasanah.

Lampu Merah Kandang Roda atau Pertigaan

Jika pada bahasan sebelumnya,  kawasan Kandang Roda adalah sejak KM 49 jalan raya Jakarta Bogor, meliputi wilayah dari PT. Rahayu sentosa hingga sampai Hotel M-One , bisa dilihat di gambar di bawah ini, kawasan yang di stabilo kuning.

Sebagai kawasan ini sudah jelas. Selanjutnya adalah menentukan pertigaan  / simpang Kandang Roda. 

Jika merujuk pada sistem peta google, maka pertigaan kandang roda akan menunjukkan pada pertigaan dengan jalan kecil yaitu Roda Pembangunan. 

Kawasan pertigaan Kandang Roda - Jln Roda Pembangunan

 Jika merujuk pada beberapa pemberitaan misal tangkapan layar berita tribunNews di bawah ini, maka simpang kandang Roda adalah berikut :

Video yang dimunculkan adalah perempatan Jalan Raya Bogor, Jln Raya Sentul dan Jalan Pakansari. 


Di sistem google sendiri, kawasan tersebut dinamakan Simpang Sentul. 

Ini adalah contoh buruk dari sistem pembagian daerah, dan jalan. Untuk hal seperti ini, bisa terjadi sengketa penamaan daerah. Dan tentu saja dalam sistem pemberitaan, salah menamakan daerah juga bisa membuat pemirsa merasa tertipu.

Jadi, jika lain kali bertemu seseorang lalu memberi alamat kandang roda, silahkan diperjelas lagi sebelah mana, dan kalau perlu share lokasi.