GOR Bogor Selatan: Fasilitas Olahraga dan Rekreasi Baru untuk Masyarakat Bogor

#Tags

Pemerintah Kota Bogor terus berupaya membangun fasilitas publik demi kenyamanan warganya. Setelah Alun-alun Bogor dan Lapangan Sempur, kini Pemkot Bogor telah membangun tiga Gelanggang Olah Raga (GOR) baru, yakni GOR Manunggal, Bogor Utara dan GOR Bogor Selatan. Tujuan dari upaya ini adalah untuk memudahkan warga dalam berolahraga, berkumpul, bermain, dan mencari hiburan.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor, Herry Karnadi, GOR Bogor Selatan ini memiliki konsep beberapa lapangan olahraga dalam satu kawasan. Konsep tersebut mencakup olahraga sepak bola, basket, voli, bulu tangkis, dan jogging track. Sangat lengkap karena mayoritas sarana yang disediakan berkonsep outdoor, kecuali untuk bulu tangkis yang berkonsep indoor. GOR Bogor Selatan ini juga memiliki konsep sportainment dan ramah keluarga yang cocok untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga lansia.

Gedung olahraga Bogor Selatan

“Jadi, orang yang datang ke sini tidak hanya untuk berolahraga, tetapi juga untuk bermain, berkumpul, dan mencari makanan. Harapannya adalah selain tercapainya aspek kesehatan, juga dapat meningkatkan aspek kota yang cerdas dan sehat,” ujarnya.

lapangan sepakbola GOR Bogor Selatan

GOR Bogor Selatan berdiri di atas lahan seluas 1 hektar dan khusus digunakan untuk lapangan sepak bola yang menggunakan rumput sintetis dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung seperti tribun penonton, ruang ganti pemain, toilet, jogging track, permainan anak, gym outdoor, dan ruang pengelola. Selain luas, fasilitasnya juga terbilang lengkap, mulai dari areal parkir, toilet umum, hingga ruang ganti.

Pada tahap berikutnya pada tahun 2023, GOR Bogor Selatan akan dilengkapi dengan fasilitas indoor, seperti lapangan badminton, voli, dan basket.

Tiket Masuk GOR BOgor Selatan

Saat ini, masyarakat dapat menikmati lapangan sepak bola tersebut secara gratis, namun ke depannya Pemkot Bogor akan membebankan tarif sewa dengan pemberlakuan menunggu revisi peraturan daerah tentang retribusi.

GOR Bogor Selatan

“Jika ingin memakai lapangan ini, cukup datang dan bertemu dengan staf Dispora, nanti kami akan membuat jadwalnya. Masyarakat di luar wilayah Bogor Selatan dan Bogor Utara juga dapat menggunakan lapangan ini karena dibangun untuk masyarakat. Namun, pada akhirnya akan ada tarif yang berlaku,” jelasnya.

Pembangunan GOR Bogor Selatan menghabiskan anggaran sebesar Rp10,3 miliar yang bersumber dari APBD 2022.  Rencananya, pembangunan tahap kedua akan dilanjutkan pada tahun 2023 mendatang, dengan rencana pembiayaan GOR Bogor Selatan mencapai Rp 7 Milyar.

BACA JUGA :

 

Alamat GOR Bogor Selatan


Alamat: Kelurahan Kertamaya, Kec. Bogor Sel., Kota Bogor, Jawa Barat