15 Ide Menu Sahur Cepat Saji

#Tags

Puasa merupakan ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT. Salah satu hal yang harus diperhatikan selama berpuasa adalah makan sahur. Saat sahur, tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk menahan lapar dan haus sepanjang hari. Namun, terkadang waktu untuk mempersiapkan makanan sahur terbatas, sehingga dibutuhkan menu sahur cepat saji yang praktis dan mudah dibuat. Namun, tidak perlu khawatir, ada banyak pilihan menu sahur yang sehat, murah, dan mudah dibuat.

Anda mungkin tidak memiliki banyak waktu atau uang untuk membeli makanan yang mahal dan sulit dibuat. Namun, dengan sedikit kreativitas, Anda masih dapat menikmati makanan yang enak dan bergizi di saat sahur. Artikel ini akan memberikan 15 ide menu sahur murah dan bergizi untuk dan mudah dibuat yang akan membantu Anda mengisi kebutuhan nutrisi selama bulan puasa.

15 Ide Menu Sahur Cepat Saji

Dalam memilih menu sahur, penting untuk memperhatikan kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Menu yang seimbang dan bergizi dapat membantu Anda menjalani ibadah puasa dengan baik dan tetap sehat selama sebulan penuh. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan pilihan menu sahur yang mengandung karbohidrat, protein, serat, dan vitamin, sehingga tubuh Anda tetap sehat dan bertenaga selama berpuasa. Berikut adalah 15 menu sahur cepat saji yang dapat Anda coba:

1. Nasi Goreng Mentega

Ide sahur cepat saji

Memasak nasi goreng tidak butuh waktu lama, dengan asumsi bahan sudah tersedia semua. Supaya menghemat waktu, pakailah mentega sebagai pengganti minyak lalu masukkan nasi kemudian garam, merica dan kecap. Aduk hingga merata. Jika mau, bisa menambahkan saus sambal jika suka pedas. Nasi goreng mentega sangat cocok dijadikan menu sahur cepat saji.

2. Tumis Bakso atau Sosis

Jika ingin memakan menu sahur cepat saji dengan rasa gurih, cobalah untuk menumis bakso atau sosis. Caranya cukup iris bakso atau sosis secara tipis lalu masak dengan minyak panas. Setelah itu, tambahkan garam, merica, kecap dan saus sambal.

Jika ingin lebih kental, kamu bisa tambahkan secukupnya tepung maizena. Disantap saat masih hangat rasanya nikmat banget untuk sahur!

3. Telur Dadar

Telur dadar juga merupakan menu sahur cepat saji yang bisa dimasak kurang dari 5 menit. Cukup panaskan minyak. Sambil menunggu minyak panas, ambil telur lalu masukkan dalam wadah. Masukkan garam lalu kocok telur hingga rata. Tuang pada wajan lalu masak sampai matang.

4. Telur Rebus

ide Menu sahur cepat saji

 Seperti yang kita tahu, telur banyak mengandung protein yang dapat memberi kita energi selama puasa. Menu sahur cepat saji pertama adalah telur rebus yang hanya membutuhkan waktu kira-kira 11 menit saja. Selain itu, tidak perlu repot untuk memasaknya, cukup merebus telur.

5.Martabak mi

 

Ide makanan sahur cepat saji

Jika ingin menggabungkan protein dengan karbohidrat sebagai menu sahur cepat saji, kamu bisa memasak martabak mie. Pertama rebus mie selama 3 menit lalu campurkan dengan telur dan goreng hingga matang. Sajikan dengan kecap atau saus sambal agar dapat memaksimalkan rasa.

6. Oseng Tempe

Tempe merupakan salah satu makanan dasar yang mengandung protein. Menu sahur cepat saji berikutnya adalah oseng tempe. Kamu tinggal mengoseng sayur dan juga tempe dengan minyak sedikit, lalu bumbui dengan bawang dan garam.

7. Oatmeal atau Granola

Ingin menu sahur cepat saji yang mengenyangkan dan sehat? Kamu bisa menggunakan oatmeal atau granola. Caranya adalah tinggal menuangkan oatmeal atau granola pada mangkok lalu tambahkan susu. Setelah itu, hangatkan dengan microwave. Oatmeal atau granola bisa langsung disantap.

8. Tahu atau Tempe Goreng

Ide menu sahur cepat saji

 

Menu sahur cepat saji yang kaya akan protein adalah tahu atau tempe goreng. Tidak perlu memakan waktu lama untuk membuatnya, cukup goreng tahu atau tempe lalu disantap dengan kecap ataupun cabe rawit.

9. Sandwich

Sandwich merupakan salah satu menu sahur cepat saji  dengan kandungan nutrisi lengkap. Kamu bisa memadukan daging ayam atau sapi, sayur dan juga telur dengan roti dengan waktu singkat. Jangan lupa juga untuk memakannya dengan buah-buahan agar lebih lengkap nutrisi dan seratnya.

10. Frozen Food

Menu sahur cepat saji berikutnya adalah makanan frozen food. Kamu tinggal mengeluarkan frozen food seperti nugget, sosis, smoked beef dan chicken wing dari dalam kulkas, kemudian digoreng ataupun dihangatkan.

11. Tumis Tauge

Tauge adalah sayur yang paling gampang dibuat karena kamu tidak perlu repot memotong-motong dan mencucinya juga mudah. Bumbu yang kamu perlu siapkan hanya lada dan saus tiram serta irisan bawang merah, bawang putih, daun bawang, dan cabai.

Cara membuatnya, cukup tumis bumbu iris hingga harum dan masukkan tauge ke wajan. Selanjutnya, tambahkan lada dan saus tiram, lalu coba apakah rasanya sudah pas.

Kamu juga bisa menambahkan air jika mau agak berkuah dan sedikit garam untuk rasa gurih. Untuk aroma yang segar, pakaikan sedikit minyak wijen.

12. Telur Kecap

Sahur adalah bekal untuk berpuasa seharian, jadi kamu harus makan yang lahap. Telur mata sapi polos mungkin terlalu kering untuk dimakan dengan nasi saja. Alternatif yang bisa kamu lakukan adalah memberikannya kuah kecap.

Tumis bawang putih, bawang merah, cabai, dan bombay hingga harum. Lalu, tambahkan air, kecap, dan garam ke wajan. Sambil menunggu kuah kecap mendidih, masukkan telur mata sapi yang sudah jadi agar kuah menyerap.

13. Sop Bakso

Makanan berkuah bening saat sahur adalah santapan yang segar dan bagus untuk hidrasi tubuh. Untuk resep satu ini, kamu perlu memiliki stok bakso di rumah. Jika ingin pakai sayur, iris sayuran seperti wortel, kol, atau sawi.

Untuk bumbu, iris bawang putih, bawang merah, dan daun bawang. Langkah pertama yang kamu harus lakukan adalah merebus sayur dan bakso. Sambil menunggu rebusan matang, tumis bawang iris hingga harum kecoklatan.

Lalu, tuang tumisan ke panci berisi bakso dan sayur. Selanjutnya, aduk dan tambahkan daun bawang, lada, garam, dan penyedap hingga rasanya pas.

14. Tumis Sawi Putih

Sawi putih adalah sayur yang mudah untuk disiapkan dan teksturnya yang garing membuatnya menu yang enak untuk menjadi lauk. Untuk membuat tumis sawi putih, kamu cukup mengiris sawi sesuai selera dan menyiapkan irisan bawang merah, bawang putih, dan cabai.

Pertama-tama, tumis bumbu iris hingga harum. Lalu, masukkan telur untuk dioseng sebentar dan tuangkan irisan sawi. Tambahkan garam, penyedap, dan lada hingga rasanya pas. Menambahkan kuah pada tumisan ini juga bisa kamu coba!

15. Sarden

Sarden adalah makanan cepat saji yang praktis dan mengenyangkan untuk dimakan dengan nasi. Meskipun sarden dalam kemasan sudah siap makan, kamu bisa menambahkan bawang bombay dan tomat jika punya waktu untuk menghangatkannya di wajan.

Cukup tumis irisan bombay dan tomat hingga harum dengan sedikit minyak, lalu tuangkan isi kaleng ke wajan. Jika ingin rasa yang lebih pekat, kamu bisa juga menambahkan saus tomat.

BACA JUGA
14 Ide Menu Sahur Murah dan Bergizi untuk Anak Kost
10 Inspirasi Minuman Sahur, Tetap Semangat Meski Puasa

Penutup

Itulah 15 menu sahur cepat saji yang dapat Anda coba saat waktu mempersiapkan makanan terbatas. Meskipun praktis dan mudah dibuat, pastikan menu sahur yang Anda konsumsi tetap seimbang dan sehat agar tubuh tetap terjaga kesehatannya selama menjalankan ibadah puasa.