14 Ide Menu Sahur Murah dan Bergizi untuk Anak Kost

#Tags

Sudah dekat nih bulan Ramadan, dan pastinya kita semua harus persiapkan segala sesuatunya termasuk makan sahur yang bergizi. Bagi umat muslim yang kebetulang menjadi anak kost yang sedang menjalankan ibadah puasa, sahur adalah waktu yang penting untuk mengisi tenaga sebelum berpuasa sepanjang hari. Namun, seringkali sahur yang sehat dan bergizi menjadi sulit dijangkau oleh mereka yang memiliki budget terbatas, waktu terbatas, dan peralatan masak terbatas. 

Padahal, jika bisa memasak menu sahur sendiri selama bulan Ramadan tentunya akan membuat pengeluaran bisa lebih hemat. Untuk itu, kami bagikan  ide menu sahur murah dan bergizi yang dapat membantu anak kost dalam menjalankan ibadah puasa dengan lebih baik.

Ide Menu Sahur Sederhana dan Mudah

Supaya tubuh tidak kekurangan nutrisi selama menjalankan ibadah puasa, maka makanan saat sahur harus cukup gizinya. Cukup gizi, tidak harus selalu mahal ya. Makanan yang bergizi juga tidak harus selalu dengan metode yang rumit dan lama. Karena sebagai anak kost pasti kondisinya terbatas. Karena itu harus menyesuaikan diri mencari menu makanan sahur yang praktis dan tidak memakan banyak waktu. Berikut adalah ide  menu sahur sederhana, mudah dimasak, dan terjangkau.

1. Ide Menu Sahur Anak Kost : Martabak Mi

ide menu sahur anak kost murah

 Mie instan memang selalu jadi penolong anak kost bahkan di bulan bulan biasa. Bahkan saat bulan puasa, mie instan pun bisa dijadikan santapan sahur sederhana. Namun, supaya tidak bosan, mie instan untuk sahur ini dibuat agak berbeda. 

Kreasikan mie instan menjadi martabak mie dengan mencampurkan mie yang telah direbus dengan dua butir telur. Jika punya stok bakso atau sosis, bisa potong dadu dan masukkan kedalam adonan telur dan mie. Setelah dicampur bumbu, goteng martabak mie seperti menggoreng telur dadar. Seporsi martabak mie siap menemani santap sahur.

2. Roti Panggang Cokelat

Untuk membuat menu sahur yang satu ini, cukup bermodalkan roti tawar, susu kental manis rasa cokelat, dan topping. Panggang roti tawar menggunakan wajan teflon, atau toaster jika kamu memilikinya. Taburi roti panggang ini dengantopping  dan lumuri dengan susu cokelat.

Toppingnya bisa dengan potongan buah kurma, kismis atau remahan biskuit untuk menambah tekstur kriuk dan krenyes.

3. Roti Goreng Telur

ide menu sahur anak kost

 

Biasanya, roti tawar dipanggang. Namun, selain dipanggang, roti tawar juga bisa kamu goreng untuk menjadi santapan sahur simpel yang lezat.

Kocok telur di mangkuk dengan sedikit garam dan merica. Masukkan sepotong roti tawar ke dalam mangkuk dan pastikan seluruh permukaan roti tertutupi telur kemudian goreng roti diatas teflon yang telah dilumuri margarin dan dipanaskan.

Lebih lezat lagi, santap roti goreng telur ini dengan smoke beef atau sosis yang dimasak sederhana dengan teflon dan sedikit margarin.

4. Nasi Goreng

Nasi goreng adalah menu sahur sedehana anak kost yang cukup populer pada saat bulan Ramadan. Hidangan ini pun mudah dikreasikan sesuai selera dengan bahan-bahan seadanya.

Cukup panaskan margarin di penggorengan, lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Sebelum memasukkan nasi putih, masukkan bahan lainnya yang tersedia di kost-mu. Kamu bisa menggunakan telur ayam, sosis, ataupun bakso sebagai bahan pelengkap. Setelah itu baru masukkan nasi putih dan bumbui dengan garam, merica, dan kecap manis, aduk hingga merata.

5. Tumis Kornet campur

Makanan kaleng yang cukup praktis untuk diolah menjadi menu sahur anak kost adalah kornet.  Kamu bisa mencoba membuat tumis kornet campur yang bisa dikreasikan sesuai dengan bahan yang kamu miliki di kost. Pertama-tama, panaskan margarin di penggorengan hingga harum. Masukkan irisan bawang merah dan tumis hingga harum.

menu sahur mudah dan bergizi anak kost


Selanjutnya, masukkan kornet seusai porsi yang kamu inginkan. Tumis hingga kornet setengah matang. Setelah itu masukkan sayur atau bahan tambahan lain yang kamu miliki. Bahan-bahan yang direkomendasikan adalah potongan buncis atau kacang panjang, sosis, bakso, jagung yang telah dipipil, potongan kentang dan wortel, hingga tahu atau tempe yang telah digoreng dengan potongan dadu sebelumnya.

Bubuhkan bumbu tumisan kornet campur ini dengan garam, merica, dan juga kecap asin. Seporsi kornet tumis ini bisa disantap dengan nasi hangat ataupun bubur.

6. Bibimbap modifikasi sederhana

Halyu wave, atau gelombang budaya Korea tidak hanya drama dan musik. Makanan dari negeri ginseng tersebut, seperti bibimbap pun tengah tren. Konsep bibimbab sebenarnya sama dengan nasi campur dan bisa dibuat versi sederhananya di kost selama kamu memiliki chilli paste khas Korea.

menu sahur anak kost
sumber:cookpad.com


Cukup campur nasi putih hangat dengan irisan telur dadar, irisan sosis atau bakso yang sudah digoreng sebelumnya, sayuran rebus (bisa menggunakan jagung pipil, wortel, toge, buncis, ataupun bayam), bumbui dengan chilli paste dan aduk nasi hingga tercampur.  Lebih nikmat lagi bisa kamu campurkan dengan kimchi dan acar.

7. Sandwich Dadar Sosis

menu sahur anak kost

 

Sandwich adalah kreasi menu sahur ala anak kost lainnya yang bisa dibuat menggunakan roti tawar.  Untuk membuat sandwich dadar sosis, kamu cukup membuat mengocok sebutir telur yang dicampur potongan sosis dan dibumbui garam dan merica. Goreng telur menjadi dadar.

Letakkan dadar telur diatas roti tawar, berikan saus tomat dan saus sambal dan potongan tomat, timun, dan daun selada. Jika ada keju, Toppers juga bisa menambahkan keju diatasnya sebelum ditutup lagi dengan sepotong roti tawar.

8. Nasi Gila Darurat

Nasi gila darurat ini dibubujkan kata darurat, karena menu sahur ini bisa dikreasikan dengan bahan seadanya yang ada di atau bisa dibeli di warung terdekat.


Pertama-tama, tumis irisan bawang merah dan bawang putih dengan menggunakan margarin hingga harum. Setelah itu masukkan dua butir telur ayam dan orek hingga setengah matang.

Lalu, tambahkan bahan pelengkap yang bisa dikreasikan sesuai bahan yang tersedia (contohnya potongan sosis atau bakso, potongan sayur seperti buncis, wortel, kacang pacang, daun bayam, ataupun tahu dan tempe yang telah digoreng dengan potongan dadu sebelumnya).

Kemudian, bumbui dengan garam dan kecap manis. Berikan sedikit air dan masak tumisan “gila” ini hingga bumbu kecap meresap dan air berkurang. Siram tumisan “gila” ini di atas nasi hangat atau santap bersama bubur juga bukan ide yang buruk.

9. Pasta Instant

menu sahur  murah

 

Pasta adalah salah satu menu makanan sahur anak kost yang cukup sederhana cara masaknya.  Cukup rebus pasta (bisa spaghetti, zucchini, fusilly, atau jenis pasta yang disukai), dan tumis bumbu pasta cepat saji dan campurkan dengan pasta, sepiring pasta siap disantap. Jika bosan dengan saus pasta siap saji, coba kreasikan pasta ini dengan menggunakan topping “Nasi Gila Darurat” ataupun “Tumis Kornet Campur” yang telah dibahas sebelumnya.

10. Mixed Cereal

menu sahur mudah
Salah satu kendala anak kost adalah peralatan masak terbatas, atau banyak pula yang bahkan tak punya kompor. Jika terjadi demikian, sereal bisa jadi pilihan paling sederhana. Cukup stok sereal-sereal favoritmu dan juga susu segar. Biar lebih seru, kamu juga bisa campur beberapa varian sereal favorit untuk ciptakan menu santap sahur kreatif favorit.

11. Tempe Orek

Jika kamu sedang benar-benar hemat pengeluaran dan tidak punya waktu banyak saat bangun sahur. Tempe orek bisa jadi menu penyelamat. Selain murah dan praktis, tempe orek juga kaya akan protein tentunya.

12. Pecel Sayur

menu sahur anak kost

Bagi pecinta sayuran, ini bisa jadi menu sahur sederhana yang cocok untuk kamu. Bahan pecel sayur yang kaya akan serat akan membuat kamu kenyang lebih lama saat berpuasa. Bumbu kacang dapat ‘menyulap’ makanan ini menjadi punya citarasa yang gurih dan nikmat. Pastikan saja bumbu kacang jangan terlalu pedas.

13. Salad Buah

ide menus sahur murah

 

Selain sayuran, kamu juga bisa mengandalkan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan serat selama berpuasa seharian. Mengonsumsi buah secara langsung sebenarnya baik, tapi akan terasa bosan tentunya.

14. Perkedel Tahu

ide menu sahur

 

Bagi kamu yang ingin menyiapkan menu sahur sederhana dengan anggaran biaya rendah, maka perkedel tahu bisa jadi jawaban. Menu ini punya rasa yang gurih dan lezat. Kamu akan lupa kalo ternyata ini terbuat dari tahu!

BACA JUGA :
10 Inspirasi Minuman Sahur, Tetap Semangat Meski Puasa
Resep Kolak Pisang Santan , Takjil Ramadan untuk Buka Puasa

Penutup

Mudah dan praktis sekali bukan berbagai hidangan sahur ala anak kost tesebut. Yang mana yang jadi pilihan menu sahur favoritmu? Namun, pastikan sajian sahur yang dikonsumsi tak hanya mengenyangkan agar tubuh tetap fit untuk menjalani puasa sepanjang hari. Bila perlu dan memungkinkan, lengkapi menu sahur anak kost ini dengan segelas susu dan sepotong buah pisang. Selain itu, buatlah jadwal menu, supaya mudah menghitung stok bahan yang dibutuhkan.