Resep dan Cara Membuat Kue Tete yang Lezat dan Mudah

#Tags

Indonesia memiliki beragam budaya serta ciri khas kuliner masing-masing. Salah satunya adalah kue tete. Kue tete adalah salah satu jenis kue khas Indonesia yang populer dan banyak disukai oleh masyarakat. Kue ini memiliki rasa yang gurih dan lezat, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai cemilan atau dessert.


Kue Tete merupakan jajanan tradisional ciri khas Betawi.

Jajanan tradisional satu ini  sudah jarang ditemukan di dekat rumah. Hanya ada sedikit penjual jajanan tradisional yang masih setia menjajakan jajanan tersebut. Kue bertekstur empuk dan renyah bagian pinggirnya ini disebut juga sebagai serabi Jakarta, bahkan cocok sekali untuk teman menikmati teh bersama keluarga.

Kue Tete banyak sekali diminati masyarakat karena rasanya yang enak dan harganya terjangkau. Kue ape sebutan kue Tete biasa kerap dijumpai di sekolah atau di pasar.
Warnanya hijau cerah, bentuknya pipih melebar dan bulat. Pada bagian tengah menojol atau bagian kue yang lebih tebal. Kue ini sangat enak dan biasa dijumpai di jalan-jalan dan lebih enak dinikmati hangat-hangat. Seiring perkembangan zaman, kue tete semakin meluas ke berbagai daerah termasuk Kota Bogor. Di Bogor, nama kue ini juga disebut kue Ape.


Kue ape bentuknya bulat, pinggirannya renyah ketika dimakan, lalu bagian tengahnya empuk dan kenyal. Warna kue ini hijau, tetapi pinggirannya cokelat karena ketika dimasak pinggirannya menjadi agak kering dan renyah.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang bagaimana cara membuat kue tete yang lezat dan mudah, serta memberikan resep yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Resep kue ape

Jumlah Yang Dihasilkan Resep: Sekitar 20 Pcs
Waktu persiapan: 20 Menit
Waktu Memasak: 10 Menit
Total Waktu: 30 Menit


Bahan:

  • 200 gram tepung beras
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh garam
  • 175 gram gula pasir
  • 400 ml air + santan
  • 25 ml air daun suji dari 25 lembar daun suji dan 2 lembar daun pandan
  • 8 tetes pasta pandan


Cara membuat kue ape:

  1. Campur tepung beras, tepung terigu, baking powder, dan garam. 
  2. Aduk rata. Masukkan gula.
  3. Tambahkan setengah bagian air sedikit-sedikit sambil diuleni rata 15 menit.
  4. Masukkan sisa air dan air daun suji sedikit-sedikit sambil dikocok perlahan sampai menyatu.
  5. Diamkan 1 jam sampai adonan mengembang dua kali lipat.
  6. Panaskan wajan kue ape di atas api besar sambil dioles dengan sedikit minyak. 
  7. Tuang adonan. Tekan bagian tengahnya hingga sisinya berkulit. Tutup. Kecilkan api dan biarkan matang.

Kue tete
Kue Ape

Jajanan tradisional termasuk jajanan sehat, karena dibuat dari bahan-bahan alami, seperti tepung beras dan tepung ketan. Selain itu, jajanan tradisional tidak menggunakan bahan pengawet. Supaya penganan tradisional ini tidak punah, yuk lestarikan dengan cara membeli jajanan tradisional, dan mencari tahu bagaimana cara membuatnya, dan mempraktikkan resep-resepnya.