Kapan Isra Miraj 2023 di Indonesia: Jadwal Libur dan Kisah Singkatnya

#Tags

 Isra Miraj adalah salah satu peristiwa penting dalam Islam yang merupakan perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa di Yerusalem dan kemudian naik ke langit. Peristiwa ini diperingati setiap tahun dan dianggap sebagai salah satu hari besar bagi umat Islam di seluruh dunia.


Di Indonesia, perayaan Isra Miraj biasanya dilakukan dengan mengikuti shalat malam dan membaca ceramah-ceramah tentang kisah Isra Miraj. Dalam kesempatan ini, umat Muslim juga sering mengadakan kegiatan-kegiatan lain seperti pengajian, bakti sosial, dan lain-lain.


Jadwal Isra Miraj 2023

Menurut ulama, Isra Miraj diperingati setiap tanggal 27 Rajab menurut sistem penanggalan kalender Hijriah. Untuk itu, perlu adanya pengonversian sistem penanggalan dari kalender Hijriah ke kalender Masehi.

"Isra Miraj terjadi pada tahun 621 M, atau tahun 10/11 dari kenabian (Bi'tsah). Jumhur ulama menyebutkan tanggalnya adalah malam Jumat tanggal 27 Rajab," tulis Muhammad Sholikhin dalam buku di Balik 7 Hari Besar Islam.

Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) RI melalui kalender digital terbitannya yang bertajuk Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2023 M menyatakan Isra Miraj 2023 jatuh pada 18 Februari 2023.

Di samping itu, jadwal Isra Miraj 2023 dapat diketahui melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Nomor 3 Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023. Sebab, pemerintah menetapkan peringatan Isra Miraj sebagai hari libur nasional.

SKB tersebut ditandatangani oleh Menteri Agama (Menag), Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), dan Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Bagi pegawai negeri sipil (PNS), libur resmi pada hari Isra Miraj adalah pada tanggal tanggal 18 February 2023.
Bagi warga swasta, libur pada hari Isra Miraj tidak ditentukan secara resmi oleh pemerintah. Namun, beberapa perusahaan dan instansi swasta memutuskan untuk memberikan libur pada hari tersebut sebagai tanda rasa hormat terhadap umat Islam.

Sejarah Isra Miraj

Isra Miraj adalah perjalanan spiritual yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW pada malam yang sama dengan Isra, atau perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Dalam perjalanan tersebut, Nabi Muhammad SAW diangkat ke langit dan berbicara langsung dengan Allah.

Kisah Isra Miraj ini pertama kali diterima oleh Nabi Muhammad SAW pada tahun 621 Masehi, dan sejak saat itu, peristiwa tersebut selalu diperingati setiap tahun oleh umat Islam di seluruh dunia.

Arti dan Makna Isra Miraj

Isra Miraj memiliki makna dan arti yang sangat dalam bagi umat Islam. Peristiwa ini dianggap sebagai bukti bahwa Allah sangat dekat dengan umat-Nya dan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah pembawa wahyu dan rahmat bagi umat manusia.

Perjalanan Isra Miraj juga menjadi pengingat bahwa hidup di dunia ini hanya sementara dan bahwa setiap manusia akan diuji oleh Allah dengan berbagai ujian seperti pekerjaan, keluarga, kesehatan, dan lain-lain. Oleh karena itu, setiap umat Islam harus selalu berusaha menjalani hidup dengan baik dan memperbaiki diri serta berdoa kepada Allah agar dapat mencapai kebahagiaan yang abadi di akhirat kelak.

Perayaan Isra Miraj juga merupakan kesempatan bagi umat Islam untuk berbakti dan berdoa kepada Allah. Dalam perayaan ini, banyak umat Islam yang melakukan kegiatan-kegiatan kebajikan seperti memberikan bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu, membantu saudara yang membutuhkan, dan lain-lain.

Cara Merayakan Isra Miraj

Untuk merayakan Isra Miraj, umat Islam biasanya melakukan beberapa hal seperti:

Shalat malam: Shalat malam pada hari Isra Miraj dianggap sebagai salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan. Dalam shalat malam ini, umat Muslim membaca doa-doa dan berdoa kepada Allah.

Mengikuti ceramah: Banyak masjid atau musholla yang mengadakan ceramah tentang kisah Isra Miraj pada hari tersebut. Umat Muslim bisa mengikuti ceramah tersebut untuk memperoleh wawasan dan pengetahuan lebih tentang peristiwa tersebut.

Berbakti dan berdoa: Seperti disebutkan sebelumnya, perayaan Isra Miraj juga merupakan kesempatan bagi umat Islam untuk berbakti dan berdoa kepada Allah. Kegiatan-kegiatan kebajikan seperti membantu saudara, memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu, dan lain-lain, sangat dianjurkan pada hari tersebut.

BACA JUGA :

Isra Miraj, Peristiwa Penting Bagi Umat Islam
Niat Puasa Rajab : Tulisan Latin dan Maknanya


Penutup

Isra Miraj adalah peristiwa penting bagi umat Islam yang selalu diperingati setiap tahunnya. Perayaan Isra Miraj memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk beribadah, berbakti, dan berdoa kepada Allah. Dengan memahami arti dan makna dari peristiwa tersebut, diharapkan umat Islam dapat menjalani hidup dengan lebih baik dan memperoleh kebahagiaan yang abadi di akhirat kelak.