Pabangbon Bogor, Wisata Alam Dengan Spot Foto Instagramable

#Tags

 Bogor dikenal dengan keindahan puncaknya di Gunung Gede Pangrango, namun semakin populernya tempat tersebut membuatnya semakin ramai dan kurang tenang dinikmati. Bagi Anda yang mencari tujuan wisata alam bernuansa sepi yang menyajikan banyak hal seru di Bogor, jangan lewatkan pesona keindahan wisata Panorama Pabangbon Leuwiliang atau biasa disingkat Papa.

Terletak di area hutan pinus Perhutani Meranti atau di sisi utara Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Papa menawarkan panorama alam perbukitan yang asri di ketinggian lebih dari 700 meter di area pegunungan Benteng Bogor.

Daya Tarik Wisata Panorama Pabangbon Leuwiliang

Panorama Pabangbon memiliki keunikan wahana berfoto yang sangat kekinian. Selama berlibur di kawasan wisata ini, Anda akan disuguhkan dengan beberapa spot foto menarik seperti sayap kupu-kupu, gardu perahu, sangkar burung, desain bentuk hati, pancawara tangan raksasa, ayunan langit, bulan sabit, rumah kurcaci, balon udara, dan semuanya dipadukan dengan panorama hijau perbukitan yang asri.

wisata pabangbon bogor


Selain itu, Papa juga dilengkapi dengan jembatan penyeberangan yang menghubungkan beberapa spot berfoto di tebing curam, di mana Anda dapat merasakan hembusan segar angin khas nuansa puncak. Bahkan dek jembatan tersebut sering dijadikan obyek latar pengambilan foto acara pra nikah atau prewedding.

pabangbon bogor



Selain wahana berfoto yang instagramable, Papa juga menawarkan wahana permainan yang menyenangkan. Salah satunya adalah sepeda layang yang memanfaatkan tali besi sebagai jalur lintasan. Wahana ini terbilang lumayan ekstrim karena rutenya berada di sela sebuah jurang. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena atraksi ini dilengkapi dengan tali penahan yang cukup teruji dan memenuhi standar keselamatan.

wahana foto dengan sepeda pabangbon

Jika dirasa sepeda terbang kurang menantang, Anda bisa mencoba wahana lain seperti flying fox. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan hutan pinusnya dengan bersantai di atas gantungan hammock, berjalan di bawah rindangnya pinus, atau nongkrong di beberapa tempat duduk kayu.

Rumah Pohon Nan Instagramable

Tak ketinggalan, ada juga rumah pohon di Papa yang menempel di pepohonan dan bentuknya sangat cantik. Tidak hanya buat dipandang dari kejauhan saja, rumah pohon di Papa juga bisa naik dengan tangga yang disediakan. Keindahan rumah pohon ini menjadi salah satu daya tarik utama dari tempat liburan alam ini.

Camping

Selain berfoto,  Anda bisa memilih untuk berkemah di area perkemahan yang tersedia . Biasanya, pengunjung dapat memasang tenda di sekitar area perkemahan yang telah disediakan dengan tarif yang terjangkau.

Selain camping, Anda juga dapat melakukan aktivitas lain di sekitar air terjun seperti hiking atau trekking. Anda bisa menikmati pemandangan indah di sekitar . Namun, pastikan untuk selalu berhati-hati dan membawa perlengkapan yang cukup saat melakukan aktivitas di alam terbuka.

Terakhir, pastikan untuk selalu mematuhi peraturan dan petunjuk yang ada di sekitar. Jangan merusak lingkungan dan selalu menjaga kebersihan. Dengan begitu, Anda dapat menikmati keindahan alam yang masih asri dan mempesona di sekitar.

Lokasi Benteng Pabangbon

Pariwisata alam ini terletak di Wilayah Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.
Kawasan wisata di Pabangbon ini sendiri berjarak sekitar 27 kilometer dari kota Bogor, dan 49 km dari pusat ibukota Kabupaten Bogor yakni Cibinong.
Gunakan  Jalan Leuwiliang. Setelah sampai di wilayah Leuwiliang, kamu bisa melanjutkan perjalanan sampai di persimpangan Kracak, selanjutnya bisa belok kiri melewati Jalan M. Noh Nut hingga sampai di SMP 4 Leuwiliang.

Dari situ kamu bisa lurus melewati jalan tanjakan bukit sampai berjumpa dengan kawasan hutan Penelitian Meranti.

Jalan masuk terus beberapa meter dan kamu sudah sampai di area Gunung Benteng yang merupakan tempat wisata Panorama Pabangbon berada.

Jika menggunakan kendaraan pribadi ke lokasi, pastikan kondisi kendaraan prima, karena tanjakan cukup terjal, dan jalur di kiri dan kanan adalah jurang.


panorama pabangbon bogor

Tiket Masuk Panorama Pabangbon

  • Tiket masuk Rp 20.000/orang
  • Parkir Rp. 10.000/mobil dan Rp. 5.000/motor.
  • Penitipan helm  Rp. 3000
  • Dan harus bawa banyak uang karena setiap photo di spot yang sudah disediakan dikenakan Rp. 5.000/spot.
Tips : siapkan uang receh/ 5 rb an. Karena dikelola oleh penduduk,  susah kembaliannya.
  • Namun saat menikmati aneka spot foto, wisatawan perlu merogoh biaya tambahan kisaran Rp 5.000,- per tempat, dan jika kamu ingin menggunakan jasa fotografer, maka perlu membayar Rp 10.000 untuk 5 gambar.
lokasi wisata pabangbon bogor

BACA JUGA : 

Yuk berkunjung ke Ranggon Hills saat berlibur di Bogor! 

Curug Nangka di Kabupaten Bogor

Jam Buka Benteng Pabangbon

Untuk waktu operasional kunjungan di obyek wisata Gunung Benteng Pabangbon adalah setiap hari mulai pukul 08.00 Wib. pagi hari hingga sore pukul 15.00 Wib.

Fasilitas  Pabangbon Bogor

Ada apa saja Fasilitas yang disediakan oleh wisata Pabangbon? tentunya sangat beragam, diantaranya;

  1. Lahan parkir Luas.
  2. Musholla yg Nyaman.
  3. Toilet Bersih.
  4. Warung makan dan kedai minuman nan maknyus.
  5. Gazebo atau saung bersantai.
  6. Camping ground keren.
  7. Jasa fotografer