Curug Nangka di Kabupaten Bogor: Menikmati Keindahan 3 Air Terjun Sekaligus dalam Satu Perjalanan Wisata

#Tags

Gunung Salak, sebuah gunung berapi yang terletak di selatan kota Bogor, terkenal di seluruh Indonesia. Di kaki Gunung Salak terdapat beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah air terjun Nangka Bogor.



Bogor memang surganya wisata yang berhubungan dengan air, dengan mata air yang jernih dan pemandangan yang indah. Berbicara tentang air terjun di daerah gunung ini, memang tidak ada habisnya. Kali ini kita akan ke Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak dari pintu masuk Ciapus, Bogor. 

 

pintu masuk taman nasional gunung halimun salak kawasan curug nangka

Setelah melewati pintu gerbang, di dalam banyak lokasi jajanan, dan tempat peristirahatan.

Curug Nangka

Di tempat ini terdapat banyak air terjun, dan yang sangat populer adalah Air Terjun Nangka, Air Terjun Daun, dan Air Terjun Kawung. Keindahan panorama di ketiga air terjun ini tak kalah indahnya dengan air terjun lainnya di Gunung Salak.

curug nangka


Air Terjun Nangka terletak di wilayah Ciapus, Bogor, di kaki Gunung Salak, tepatnya di ketinggian sekitar 750 meter di atas permukaan laut. Suhu udaranya rata-rata sekitar 20 hingga 22 derajat, membuat area ini sangat sejuk dengan pemandangan hijau yang indah.


Air Terjun Nangka dinamai karena dulunya ada tanaman nangka yang tumbuh di dekat air terjun ini dan buahnya sangat besar. Konon, Air Terjun Nangka dulu merupakan tempat Raden Surya Kencana berdiam diri. Ada yang mengatakan bahwa Air Terjun Nangka biasa digunakan sebagai tempat berdiamnya tokoh pemuka agama, dan hal ini masih dilakukan hingga saat ini.

Di dekat Air Terjun Nangka ada sebuah lubang yang dapat menembus ke posisi Cikapatuhan Kute Maneh di wilayah Sukabumi. Di dalam lubang ini ada ruangan khusus untuk berdiam diri, yang bagi sebagian orang dapat digunakan untuk ziarah dan memohon rezeki, jabatan, dan lain-lain. Lumayan mistis, bukan?

Bukan Gunung Salak namanya jika tidak ada cerita mistis di setiap tempatnya. Bagi masyarakat di dekat Gunung Salak, tempat ini merupakan pintu gerbang kerajaan Prabu Siliwangi. Tentu saja pintu gerbang yang dimaksud tidaklah pintu yang terlihat dengan mata telanjang, tetapi pintu gerbang yang kasat mata. Jadi, dapat dipastikan setiap tempat di sana pasti berkaitan dengan cerita mistis.

Air Terjun Nangka memiliki ketinggian air sekitar 10-20 meter dan memiliki tiga tahap. Terletak di Desa Warung Loa, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Air Terjun Nangka selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai wilayah, terutama pada akhir pekan

Selain Air Terjun Nangka dan Air Terjun Daun, terdapat juga Air Terjun Kawung yang menjadi bagian dari kawasan wisata Taman Nasional Gunung Halimun-Salak. Air Terjun Kawung berada di ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut dengan ketinggian air terjun mencapai sekitar 30 meter.


Curug Daun

Air terjun atau curug Daun terletak dalam satu kawasan dengan Air terjun Nangka. Tetapi buat menggapai Air terjun Daun kita butuh berjalan ke arah atas melewati Air terjun Nangka. Meski medan jalur yang ditempuh tidak begitu susah,  wajib senantiasa hati- hati serta memerlukan tenaga yang lumayan. Sebab posisi Air terjun Daun memanglah agak jauh dengan Air terjun Nangka. Air terjun Nangka mempunyai ketinggian air yang tidak sangat besar, dimensi tingginya cuma 6 m, namun aliran air di Air terjun Daun ini lumayan deras.

curug daun


Bagi cerita masyarakat dekat Air terjun ini diberi nama Air terjun daun sebab wujudnya yang semacam daun. Konon tempat ini membagikan keberuntungan untuk siapa saja yang mandi di Air terjun ini. Jadi untuk masyarakat yang yakin, banyak yang tiba mandi ke Air terjun ini buat menaikkan rezeki. Apalagi terdapat sebagian orang yang terencana tiba mandi ke Air terjun ini kala keadaan usahanya mulai turun. Yakin ataupun tidak, yang jelas pemandangan di tempat ini memanglah sangat bagus oleh sebab itu banyak orang yang berkunjung ke mari.  tertarik?


Tak jauh dari Air terjun Daun terdapat 2 kolam yang bagi masyarakat dekat pula mempunyai cerita yang berhubungan dengan cerita mistis. Nama salah satu kolamnya merupakan Leuwi Jurig ataupun dalam bahasa Indonesianya disebut kolam setan . Kolam ini dipercaya oleh masyarakat dekat selaku kolam buat membebaskan sihir- sihir jahat yang dikirimkan orang lain kepada kita . Kolam yang kedua bernama Leuwi Anjangan, masyarakat yakin apabila sejoli pacar ataupun sejoli suami istri mandi di kolam mistis ini hubungannya kian hendak terus menjadi awet .


Air terjun Kawung

Air Terjun Kawung memiliki keindahan yang sangat memukau dengan air terjun yang mengalir deras dan bebatuan yang menambah keeksotisan panorama. Untuk mencapai Air Terjun Kawung, kita harus melewati jalur yang cukup menantang karena jalanannya berbatu dan licin. Namun, semua usaha dan perjuangan akan terbayar dengan keindahan alam yang luar biasa.

Air terjun Kawung posisinya lumayan jauh dari Air terjun Daun dekat 1 km lewat jalur setapak serta mempunyai kontur jalur yang naik turun . Air terjun Kawung mempunyai ketinggian Air menggapai 25meter, serta posisinya di kelilingi oleh bukit- bukit. Air terjun ini lumayan nyaman dibanding dengan Air terjun Nangka, sebab posisi Air terjunnya yang terbuka .

Air terjun ini diberi nama Air terjun Kawung sebab suara rintikan airnya apabila didengarkan bunyinya,“ wunggg”. Apalagi terkadang apabila debit airnya yang turunnya sangat deras hingga suaranya menyamai harimau yang lagi mengaung. Di Air terjun ini ada batu besar yang wujudnya menyamai kepala Harimau .

Konon bagi masyarakat dekat batu itu merupakan penampakan bentuk dari Prabu Siliwangi . Masyarakat Dekat juga yakin apabila  mandi di Air terjun ini hendak mempunyai watak semacam Harimau. Tidak hanya itu, bila  tiba mendatangi Air terjun ini jangan heran bila  menjumpai kelompok kera. Sebab memanglah masih banyak kera yang tinggal di hutan dekat Air terjun ini .

curug kawung

Perjalanan menuju ketiga air terjun tersebut memang tergolong cukup menantang, namun hal tersebutlah yang membuat wisatawan semakin terkesan dengan keindahan yang ada di kawasan tersebut. Dengan menikmati keindahan alam yang masih asri dan sejuk, kita juga dapat menikmati udara segar yang sangat cocok untuk melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari.

Untuk bisa menikmati keindahan tiga air terjun sekaligus di kawasan Gunung Salak ini, disarankan untuk datang pada pagi hari sebelum terik matahari semakin menyengat. Selain itu, persiapkan dirimu dengan baik dengan membawa perlengkapan yang sesuai dengan perjalanan seperti alas kaki yang nyaman, pakaian ganti, dan perlengkapan lain yang diperlukan seperti air minum dan bekal makanan.

Mengunjungi ketiga air terjun di kawasan Gunung Salak, Bogor dapat menjadi pilihan destinasi liburan yang sangat menarik. Selain dapat menikmati keindahan alam yang masih asri dan memukau, kamu juga dapat merasakan sensasi petualangan yang menyenangkan.

Daya tarik lainnya

glamping di bogor

 

Selain air terjun ada daya tarik lain ke curug nangka. Selain keindahan alam, adalah fasilitas lokasi untuk glamping dan camping. Semua lokasi ini berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak Kawasan Curug Nangka. Untuk glamping bisa ke Herman Lantang Camp dan Green Glamping. 

BACA JUGA :

15 Lokasi Glamping di Bogor

5 Restoran di Bogor dengan Pemandangan Bukit yang Menakjubkan dan Cocok untuk Healing!

 

 Lokasi

Jika  naik  angkot 03 jurusan Ramayana- Ciapus dari halte Ramayana Bogor.
Menyudahi di pemberhentian akhir angkot, setelah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki sepanjang 1,5 kmt hingga ke gerbang tempat wisata Halaman Nasional Halimun– Salak Kawasan Curug Nangka. 

Saran, jika pergi beramai ramai, maka carter angkot jauh lebih murah estimasi 20rb / orang sampai ke lokasi.


Tiket Masuk Air Terjun

Tiket Masuk : 

Rp 7.500 x 2 (Tiket di depan dan di dalam)

Ada biaya lain misal :

  • Jasa Informasi 
  • Parkir
  • Asuransi

Sehingga estimasi biaya masuk pada akhir pekan  bisa mencapai Rp 17.000/orang tidak termasuk biaya parkir.

Alamat 

Taman nasional Halimun Salak - Kawasan Curug Nangka

Alamat: Sukajadi, Tamansari, Bogor Regency, West Java 16370
Jam operasional : Senin - Minggu (08.00–17.00 Wib)