Arti Runtah Dalam Bahasa Sunda

#Tags

Bahasa Sunda merupakan bahasa daerah yang populer kedua di Indonesia setelah bahasa Jawa. Dengan populasi 15% dari dari seluruh penduduk Indonesia, kosa kata Sunda selalu bermunculan di layar TV nasional. 

Salah satu kata yang banyak dicari artinya adalah "runtah". Kata runtah banyak dipakai dalam beberapa waktu belakangan setelah lagunya viral dinyanyikan seorang penyanyi wanita. Pencarian runtah  merupakan tanda rasa penasaran publik terhadap runtah.

Diketahui runtah dikenal masyarakat luas setelah menjadi judul sebuah lagu berbahasa Sunda.  Isi lagunya menceritakan tentang kehidupan wanita-wanita cantik yang suka bergonta-ganti pasangan. Sebenarnya lagu runtah adalah lagu yang sudah diproduksi sejak bertahun-tahun lamanya. Pemilik lagunya adalah Doel Sumbang. Kemudian diremake lagi oleh penyanyi perempuan sehingga popularitasnya bisa melonjak seperti sekarang.


Meski demikian, sebenarnya tidak banyak yang mengetahui secara pasti apa arti dari kata runtah.  Ini bisa dimaklumi karena memang kata runtah jarang didengar dalam kegiatan sehari-hari di masyarakat. Hanya segelintir masyarakat saja yang sering menggunakan dan mendengar kata runtah.

Meski belum tidak semua orang tahu apa artinya, penggunaan kata runtah sudah tampak banyak digunakan. Ini bisa dilihat dari beberapa obrolan di berbagai media sosial atau sekedar tongkrongan anak muda menggunakan kata runtah. Banyak dari mereka yang belum tahu apa artinya tetapi tetap percaya diri dalam menggunakannya di keseharian bersama rekan sebaya.


Arti kata runtah


Kata "runtah" berasal dari bahasa Sunda, Jawa Barat, yang artinya adalah sampah.


Namun, jika kata tersebut dimasukkan ke dalam lagu, perlu konteks yang pas untuk menggunakan kata ini. Contohnya adalah lagu tersebut yang membahas tentang kenakalan para wanita cantik yang suka bergonta-ganti pacar.

Lagunya menceritakan tentang kenakalan para kaum wanita yang senang bergonta-ganti lelaki. Wanita tersebut digambarkan amat cantik, punya mata bagus, hidung bagus dan bibir yang juga bagus. Sayangnya, wanita dalam lagu itu digambarkan memanfaatkan kecantikannya untuk hal yang kurang baik, yakni memikat para lelaki. 


BACA JUGA :
Arti Kata Julid
Tanya Bahasa Sunda "Kangen", Cewek Ini Malah DIkibuli Temannya


Dengan kecantikannya, mereka bisa mudah mendapatkan lelaki baru dan bergonta-ganti pasangan. Kelakuan si cantik tersebut lantas dilabeli sebagai hal runtah, yakni seperti sampah di masyarakat.

Demikianlah kenapa penafsiran tentang penggunaan kata "runtah" dalam lagu tersebut.