Berbagai Jenis Istilah Modol Untuk Percakapan Sunda Gaul

#Tags

Modol adalah sebuah kata yang berasalah dari bahasa daerah Sunda.  Modol mempunyai arti buang air besar, sebuah aktivitas membuang air besar yang biasa dilakukan dalam ruang jamban atau toilet. Dalam bahasa lain, aktivitas ini sering disebut sebagai “membuang hajat”.


Uniknya, bahkan kata-kata dengan aktivitas khusus ini pun dimodifikasi sedemikian rupa oleh anak muda saat ini. Berikut ini adalah eberapa istilah yang sering digunakan dalam konteks modol:


Modis, Modol di Disket

Modis adalah aktivitas membuang air besar yang dilakukan di atas disket atau bahasa kekiniannya celana dalam.

Modar, Modol Darurat

Modar adalah istilah yang digunakan ketika seseorang membutuhkan untuk membuang air besar dengan sangat mendesak dan tidak bisa ditunda lagi.

Mobil, Modol Bilang-Bilang

Mobil adalah istilah yang lazim digunakan oleh anak muda ketika perut sakit tiba-tiba dan meminta izin untuk pergi ke toilet. Kalimat yang sering diucapkan adalah “kalem anying, aing haying ngising”.

Motul, Modol Tulalean

Motul adalah istilah yang lebih spesifik untuk jenis feses yang tercebur ke dalam kloset dan berbentuk seperti belalai gajah.

Monas, Modol Nasional

Monas adalah istilah yang masih sebatas isu tentang hari libur nasional yang dimana pemerintah pusat merekomendasikan warganya untuk membuang hajat pada hari tersebut.

Modus, Modol di Kardus

Modus adalah istilah yang jarang ditemukan saat ini karena kardus sudah jarang digunakan sebagai media membuang hajat. Pada zamannya, modol di kardus sangat populer karena kardus merupakan barang gratis yang bisa diperoleh di warung-warung terdekat.

BACA JUGA :
Arti Kata Julid
Tanya Bahasa Sunda "Kangen", Cewek Ini Malah DIkibuli Temannya



Modol adalah sebuah aktivitas membuang air besar yang lazim dilakukan dalam ruang toilet. Ada banyak istilah yang digunakan untuk mengacu pada aktivitas ini, baik secara formal maupun informal. Meskipun berbeda dalam tingkat kefasihannya, setiap jenis modol memiliki hakikat yang sama yaitu membuang tinja.