Daftar Istilah Belanja Online Mulai dari WTS, WTT, PCB, Hit and Run Hingga Kode A Dan B

#Tags

 Belanja secara daring kini mengalami perkembangan pesat. Diminati karena kemudahan dan praktis. Cukup menggunakan ponsel atau PC dengan koneksi internet, seseorang bisa mencari barang yang diinginkan, bertanya, dan membeli. 


Bagi kamu yang suka belanja online, pasti sering menemukan kata kata gaul dalam transaksi jual beli online di internet.  Tetapi terkadang bagi para pemula, ada kata-kata gaul yang terkadang tidak dipahami.


Daftar Istilah / Singkatan Dalam Jual Beli Online

Kata-kata ini sering ditemukan pada jual beli online di sosial media ataupun di marketplace. Kali ini halamanbogor.com akan menjelaskan arti dari kata gaul tersebut.

1. WTS

WTS adalah singkatan dari Want To Sell, digunakan oleh para penjual dalam menjual suatu produk miliknya. Sehingga jika ada seseorang yang memberi keterangan WTS berarti dia ingin menjual suatu produk. 

WTS biasanya ditulis di awal kalimat seperti contoh "WTS kamera Canon EOS 60D harga Rp. 3juta, nego"

Hal ini bisa diartikan bahwa pemasang iklan sedang menawarkan produknya kamera Canon EOS 60D untuk dijual dengan harga 3juta dan masih bisa nego.

2. WTB

WTB merupakan kebalikan dari WTS, singkatan dari  Want To Buy (WTB). Kata ini biasanya digunakan apabila sedang mencari atau ingin membeli suatu barang.
WTB biasanya ditulis di awal kalimat seperti contoh, "Want To Buy HP Realme 5 area Jakarta". Hal ini bisa diartikan bahwa pemasang iklan tersebut sedang mencari HP realme 5 area Jakarta.

3. WTT

WTT merupakan sinkatan dari Want To Trade, yang  berarti ingin bertukar barang yang dimiliki. Bisa dibilang WTT ini berarti tukar tambah.
Nantinya kedua belah pihak akan menentukan apakah barang ini sebanding nilainya atau tidak. Jika tidak sebanding biasanya akan diberikan beberapa ketentuan seperti menambah uang jika nilai barangnya tidak sebanding.

4. Nett

Nett adalah istilah yang digunakan terhadap harga suatu barang yang sudah pas menurut penjual dan nggak bisa ditawar lagi.

5. COD

Kependekan dari Cash on Delivery. Pembayaran dilakukan saat bertemu antara penjual yang membawa barang dan pembeli yang membawa uang.

6. PO

PO atau Pre-Order adalah kondisi ketika suatu barang belum tersedia dan harus dipesan dulu.

7. Hold

Istilah hold digunakan ketika suatu barang sudah dipesan oleh seorang customer.  Namun, ada kemungkinan barang itu masih tersedia apabila customer membatalkan pesanannya.

8. DP

DP singkatan dari Down Payment alias uang muka. Pembeli biasanya diminta untuk membayar sebagian dari harga produk di awal sebagai tanda persetujuan.
Sistem pembayaran ini biasanya digunakan untuk transaksi pre-order.

9. Slow Respon

Slow respon atau respon lambat adalah istilah yang biasanya digunakan penjual kalau mereka akan menanggapi pertanyaan atau pesanan dengan lambat.

10. Fast Respon

Fast respon adalah istilah yang biasanya digunakan penjual kalau mereka akan menanggapi pertanyaan atau pesanan dengan lambat. Terkadang penjual akan memberitahukan bahwa perpesanan bisa dilakukan lebih cepat lewat WA, misal "Untuk fast respon bisa lewat WA 08xxxxx" .

11. Ready Stock

Ready Stock adalah kondisi suatu barang yang stoknya sudah tersedia dan nggak perlu nunggu untuk proses pemesanannya. Jadi siap kirim kapan saja kalau sudah transfer!

12. Hit and Run

Istilah ini ditujukan kepada para customer yang telah melakukan pemesanan atau telah deal terhadap suatu produk, tapi menghilang atau kabur tanpa alasan saat diminta melakukan transfer.

13. Testi

Testi adalah singkatan dari kata "testimoni" adalah respon kepuasan atau ulasan dari pembeli mengenai produk atau jasa yang ditawarkan oleh penjual. Testimoni ini biasanya digunakan para penjual supaya calon costumer lebih percaya akan produk atau jasa mereka.

14. DM atau PM

DM atau direct message adalah percakapan pribadi antara penjual dan pembeli, yang membicarakan mengenai produk yang akan dijual dan dibeli. DM juga biasa dikenal dengan PM atau private message. Lewat PM atau DM, pembeli bebas bertanya apa pun kepada penjual barang online, mulai dari kualitas barang, potongan harga, kekurangan produk, pengirimannya, dan sebagainya.

15. PCB

PCB adalah singkatan dari pantau cocok bayar. Artinya, calon pembeli diharapkan datang langsung ke lokasi yang ditetapkan oleh penjual. Berbeda dengan COD yang lokasi pertemuan ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara penjual dan pembeli, penentuan lokasi PCB sepenuhnya ditentukan oleh penjual. Dengan PCB, penjual tak perlu repot-repot pergi ke tempat yang sudah disepakati. Ia hanya perlu menunggu pembeli datang untuk melihat barang yang ditawarkan. Jika pembeli sudah datang untuk melihat produknya, kemudian dirasa cocok, maka pembayaran bisa dilakukan saat itu juga dan barang bisa dibawa oleh pembeli.

16. No afgan dan sadis

No afgan adalah istilah di mana penjual tidak menerima pembeli yang menawar barang terlalu rendah. Penjual tetap membuka tawar menawar, namun dengan selisih yang tidak terlalu jauh. Istilah no afgan sendiri diambil dari penyanyi terkenal Afgan yang mempopulerkan lagu berjudul Sadis. Sadis adalah istilah yang biasa dipakai untuk menawar barang terlalu rendah dari harga awal. Kebalikan dari sadis adalah nego tipis, yakni permintaan dari penjual agar menawar sewajarnya. 


17. Tijek

Tijek adalah kependekan dari mati pajek atau mati majak. Tijek biasanya hanya digunakan untuk jual beli kendaraan online, baik mobil atau motor. Sebagai contoh, penjual menulis deskripsi "tijek 2". Artinya kendaraan yang ditawarkan pajaknya belum dibayarkan selama 2 tahun.

18. TS

TS adalah istilah yang digunakan oleh orang yang pertama kali memposting penawaran barang. TS lazim dipakai dalam jual beli online di media sosial dan forum jual beli online. Istilah TS diambil dari thread starter.

19. A dan B

A dan B adalah  sebuah kode harga yang digunakan dalam ranah jual beli terutama berbasis lelang secara online. A merujuk pada angka Rp 100.000. Sementara B adalah istilah untuk nominal Rp 50.000. Jika seorang menyebutkan harga A2, maka harga yang ditawarkan adalah Rp 200.000. Kemudian jika penjual menulis A3B1 artinya Rp 350.000.

20. Ganti pakan

Istilah ganti pakan  kerap digunakan dalam jual beli hewan peliharaan . Istilah ini merujuk pada uang yang harus dibayarkan kepada pemilik lama.

21. Mahar

Mahar adalah istilah lain dari harga yang ditawarkan atau harga yang diminta penjual.


22. Kaleng 

Kaleng adalah istilah yang biasa digunakan dalam jual beli mobil bekas. Kaleng artinya bodi mobilnya tidak menggunakan dempul tebal alias masih orisinal dari pabriknya. Sehingga saat diketuk dengan jari, bunyinya masih terasa seperti kaleng tipis. Mobil yang tidak kaleng artinya sudah didempul ulang, baik dicat baru atau untuk menyamarkan bekas tabrakan.

23. PLN

Sama halnya dengan kaleng, PLN adalah istilah umum dalam jual beli kendaraan. PLN sendiri bukan artinya sistem kelistrikan pada kendaraan, namun merupakan kependekan dari pelat nomor yang berarti merujuk pada status pajak tahunan. Saat penjual menyebut PLN on, artinya pajak kendaraan masih hidup atau pajaknya dibayarkan rutin oleh pemiliknya. Sebaliknya PLN off adalah istilah kendaraan yang dijual ketika pajaknya sudah mati.

24. Preloved

Preloved adalah istilah untuk menyebut kondisi barang bekas atau barang second, terutama pakaian. Preloved mengandung barang bekas yang dijual masih dalam kondisi sangat baik.

25. BNIP

BNIB adalah singkatan dari brand new in box. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan barang yang masih berada dalam box, masih bersegel, belum pernah dibuka. Biasanya penjual yang menggunakan istilah ini adalah mereka yang menjual barang elektronik.