Ukuran Header Youtube / Banner Youtube Size : Cara Membuat, Unggah dan Info Thumbnail Video

#Tags

YouTube bukan hanya platform berbagi video, tapi juga mesin pencari terbesar kedua di dunia. YouTube menawarkan berbagai konten mulai dari vlog hingga video kucing. Anda juga bisa menggunakan YouTube untuk mempromosikan konten dan brand. Selain video yang menarik, penting juga untuk memiliki thumbnails video kualitas tinggi, banner kanal, dan profile picture berkualitas tinggi. 


Bagi yang mempunyai kanal youtube atau bahkan yang berencana membuka kanal youtube sendiri, membuat tampilan depan kanal juga penting. Terutama bagi pelanggan yang ingin melihat daftar video lainnya, sering masuk ke bagian depan kanal youtube. Pada bagian depan kanal youtube ada header. header ini cukup penting karena mewakili brand dan konten Anda.


Ukuran Header Kanal Youtube

Channel banner YouTube atau dikenal sebagai channel art atau header.  Ukuran header YouTube yang tepat agar tak terpotong perlu diperhatikan. 

header youtube

 

Dikutip dari situs Canva,  mirip dengan foto sampul yang mewakili brand dan konten Anda. Ukuran banner YouTube yang ideal adalah 2560 x 1440 pixels, tapi Anda bisa menggunakan dimensi banner 2048 x 1152 pixels. 



 

Untuk hasil terbaik, buat gambar channel banner dengan aspek rasio 16:9. File yang didukung untuk gambar banner ini adalah JPG, PNG, GIF, dan BMP hingga 6MB.
Karena pengguna menonton video YouTube dari berbagai perangkat, termasuk komputer, gadget mobile, dan TV, gambar banner akan terlihat berbeda tergantung perangkatnya.

Namun, terlepas dari mana aksesnya, ukuran terbaik untuk channer art atau banner tetap 2560 x 1440 pixels. Selain header, Anda juga perlu perhatikan video yang ingin diupload. Kreator bisa mengunggah video YouTube berukuran dari 240p (426 x 240 pixels) to 2160p (3840 x 2160 pixels) di YouTube. 

Ukuran header youtube


Ukuran banner YouTube yang tepat dari Google Support berikut 

1. Ukuran dalam Piksel
Untuk ukuran dalam piksel, YouTube menyarankan satu gambar berukuran 2560 x 1440 piksel.
Adapun dimensi minimum upload adalah 2048 x 1152 piksel.

2. Area Minimum
Sementara untuk area minimum yang aman untuk teks dan logo adalah 1546 x 423 piksel.
Artinya, jika kamu ingin tulisan atau logomu terlihat, usahakan keduanya berada di “area aman” ini.
Kalau tidak, gambarmu pasti terpotong pada tampilan atau perangkat tertentu.
 

3. Lebar Maksimum
Untuk lebar maksimum adalah 2560 x 423 piksel.  Dengan lebar ini, “area aman” akan selalu terlihat, berapa pun ukuran layarnya.

4. Ukuran File
Disarankan ukuran file yang diunggah maksimal 6 MB. Jika lebih besar dari itu, maka YouTube tidak akan menerima file-mu.

Cara Membuat & Menggunggah Banner YouTube

Cara Membuat Banner YouTube

Untuk cara membuat banner YouTube, kamu bisa menggunakan aplikasi edit foto PC.  Selain itu, kamu juga bisa menggunakan sederet aplikasi desain grafis terbaik, apalagi jika kamu menginginkan banner YouTube yang bagus dan maksimal. Ikuti panduan ukuran yang disebutkan di atas. 

Selain mengedit lewat aplikasi grafis, kini juga banyak tersedia tamplate maker untuk banner youtube, seperti canva, visme, snappy dll.

Cara Menggunggah Banner YouTube

Selanjutnya adalah mengetahui cara menambah atau mengubah header/banner channel YouTube-mu.
Namun perlu diingat, cara ini hanya bisa dilakukan di komputer atau laptop dan tidak bisa dilakukan melalui ponsel.

  1. Login ke channel YouTube milikmu.
  2. Pada menu di kanan atas, pilih Channel Saya/My Channel.
    Cara unggah header


  3. Setelah itu, klik Customize Channel.
  4. Untuk menambah banner YouTube baru, klik Add Channel Art, posisinya ada di dekat bagian layar atas YouTube.
  5. Jika ingin mengubah banner YouTube, arahkan kursor ke banner yang ada dan klik Edit > Edit Channel Art.
    Cara upload header youtube

  6. Unggah gambar atau foto dari komputer. Kamu juga bisa meng-klik tab Galeri untuk memilih gambar dari YouTube Photo Gallery.

  7. Nantinya kamu akan melihat pratinjau/preview tampilan header tersebut di berbagai perangkat.
  8. Untuk membuat perubahan, pilih Sesuaikan cropping.
    header youtube
  9. Setelah kamu anggap cukup, klik Pilih. Selesai!


Menambahkan ikon media sosial ke spanduk YouTube Anda

Anda mungkin telah memperhatikan header atau banner youtube punya pengguna lain diman ada  tiga atau empat saluran sosial utama sementara yang lain hanya memiliki satu tautan, seperti contoh Google. Itu karena YouTube memberi Anda opsi untuk mengaktifkan hingga lima tautan ke akun media sosial Anda. Begini caranya:


1. Pastikan Anda masuk ke akun YouTube Anda.
2. Buka saluran YouTube Anda, dan klik “Sesuaikan saluran.”  atau "Costumize Channel"

3. Klik pada tab “Tentang” atau "About", lalu buka bagian “Tautan” atau "Link".

4. Klik ikon pensil dan masukkan hingga 5 URL untuk akun media sosial Anda


5. Klik Tombol Selesai atau Done


Ukuran thumbnail youtube

Di sisi lain, bagian yang perlu diperhatikan dalam konten ada thumnail untuk menarik penonton.  Ukuran thumbnail YouTube yang disarankan adalah 1280 x 720 pixel dan hingga 2 MB. Untuk hasil terbaik, unggah thumbnail video dengan rasio aspek 16:9. File gambar JPG, GIF, dan PNG didukung. 

Dimensi ukuran minimum untuk thumbnail YouTube adalah lebar 640 piksel. Thumbnail video yang dirancang dengan baik memberi pemirsa pratinjau cepat dari video Anda. Ini adalah cara yang bagus menggaet viewers saat mereka menjelajahi YouTube.

 Setelah mengunggah video, Anda dapat memilih dari 3 thumbnail yang dibuat secara otomatis atau mengunggah gambar khusus Anda sendiri.