WhatsApp Web Bisa di 4 Perangkat Sekaligus, Begini Cara Menggunakan Meski Ponsel Mati Atau Terputus Internet

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- WhatsApp merupakan salah satu aplikasi komunikasi yang vital di Indonesia. Hampir semua urusan mulai dari urusan pesan pribadi hingga komunikasi pemerintahan dijalankan lewat aplikasi WA. Coba perhatikan kebiasaan orang Indonesia, pesan sayur, galon air, sekolah online, dan pesan antar pejabat saja pakai WA. 



Tapi, WhatsApp tidak hanya dijalankan lewat handphone saja. Meski fitur WhatsApp Web bukan fitur yang diluncurkan 1-2 bulan, tapi para pengguna WhatsApp yang biasa menggunakan smartphone mungkin masih ada yang belum tahu jika kita bisa membuka aplikasi ini melalui komputer atau laptop tanpa mengunduh aplikasinya.

WhatsApp versi PC ini bernama WhatsApp Web yang bisa kamu gunakan melalui web atau browser. Kamu bisa menggunakan peramban Microsoft Edge, Google Chrome, Mozilla Firefox, dan berbagai browser lainnya.

Yang terbaru, WhatsApp web memungkinkan kamu untuk membuka WhatsApp di dua perangkat sekaligus.  Apabila kamu sedang bekerja di komputer atau laptop, kamu bisa membuka WhatsApp Web untuk mempermudah menyalin atau mengirim dokumen dari Microsoft Word.


Cara menggunakan WhatsApp Web

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan WhatsApp Web di komputer atau laptop, pastikan perangkatmu terhubung dengan koneksi internet.

  1. Pertama buka aplikasi browser di komputer atau laptop.
  2. Di halaman situs browser cari atau bukan situs web.whatsapp.com
  3. Kini Anda ditampilkan sebuah QR Code di halaman situs untuk melakukan proses login, caranya dengan memindai (scan) QR code tersebut menggunakan aplikasi WhatsApp di smartphone.
  4. Buka aplikasi WhatsApp di smartphone dan pilih ikon tiga titik yang ada di sudut kanan atas aplikasi WhatsApp.
  5. Di kotak menu yang muncul pilih “Linked devices”. Langkah selanjutnya tekan tombol hijau bertuliskan Link A Device”.
  6. Masukan kode pin keamanan smartphone atau scan sidik jari Anda.
  7. Kamera smartphone akan terbuka dan siap memindai (scan) QR Code yang diberikan pada disitus WhatsApp Web tadi.
  8. Terakhir, Anda akan melihat tampilan situs WhatsApp Web akan terbuka dan terlihat sama dengan yang ada di smartphone.

Link Alternatif Whatsapp Web

Jika link / tautan web.whatsapp.com di atas tidak bisa, dapat juga menggunakan tautan whatsapp lainnya, yaitu : web.whatsapp.net


WhatsApp Web Bisa Tetap terkoneksi meski Handphone Mati / Internet Putus


Sejak awal WhatsApp Web diluncurkan, salah satu keharusan adalah ponsel harus tetap menyala atau terkoneksi internet. Kini karena adanya fitur multi-device pada WhatsApp yang diperbaharua,  WhatsApp bisa  digunakan pada satu smartphone dan empat perangkat lainnya secara bersamaan, bahkan jika baterai ponsel mati.

Untuk keamanan dan privasi, perusahaan memastikan tetap menggunakan end-to-end encryption di mana pesan hanya bisa dibaca, didengar atau ditonton oleh pengirim dan penerima pesan saja.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna Android tidak perlu lagi mendaftar dalam program beta terbuka. Pengguna tinggal memastikan aplikasi WhatsApp, WhatsApp Web, Portal, dan Desktop sudah menggunakan versi terbaru.

BACA JUGA:

Kulik Fitur-Fitur Di Whatsapp Web Terbaru

Apakah Anda sudah tahu Apa Itu WhatsApp Business ?


Jika ada perangkat laptop lain yang ingin membuka WhatsApp Web, ketuk tiga tanda titik yang berada di kanan atas, pilih linked devices dan scan QR Code yang tersedia.