8 Taman di Kota Bogor Untuk Rekreasi Dan Olahraga

#Tags

Bogor, terutama kota mungkin sudah biasa diketahui mempunyai kebun raya Bogor. Selain itu banyak yang datang dan berkeliling untuk menikamti aneka kuliner, atau belanja.

Selain lokasi Kebun Raya Bogor, ada beberapa taman dan kawasan hijau lainnya yang sering jadi tujuan bersantai warga kota Bogor. Beberapa taman di Bogor tersebut menambah lokasi bagi warga untuk melepas penat, dan ada pula yang bisa digunakan sebagai lokasi olahraga. 



Beberapa taman di Bogor cukup populer menjadi tempat untuk refreshing, berkumpul, bahkan berolahraga. Pepohonan dan tanaman di sekitarnya membuat nuansa asri dan segar. Ditambah lagi udara kota Bogor yang masih sejuk, menjadikan taman-taman tersebut nyaman dikunjungi. 


7 Taman di Kota Bogor untuk rekreasi  dan olahraga

Berikut beberapa taman di Bogor yang dapat kamu kunjungi untuk bermain atau melepas lelah, sebagai berikut :

1. Taman Peranginan Bogor


 

Taman Peranginan berada samping Jalan Sudirman, Bogor, yang dikenal memiliki pohon-pohon hijau besar dan rindang sepanjang jalannya. Oleh karena itu, Taman Perangin juga teduh oleh pepohonan besar di sekitarnya.


Selain itu, Taman Perangin berada di sisi tebing yang menghadap ke lembah Sungai Ciliwung dan area pemukiman Sempur. Sambil duduk-duduk, kamu akan disuguhkan pemandangan cantik kota Bogor.


 Lokasi Taman Perangin juga strategis, tidak jauh dari pintu Istana Bogor, dekat Markas Kodim 0606 Kota Bogor, serta beberapa pusat kuliner ternama (Bogor Permai, Air Mancur).

Taman telah tertata rapi, dengan jalan setapak dari paving block, bangku taman, dan alat bermain anak-anak.

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.31, Bogor Tengah
Akses trasnportasi umum ke Taman Perangin:
  • Dari stasiun Bogor, angkot 07 (Jambu Dua – Merdeka), 12 (Cimanggu – Merdeka), dan Biskita Koridor 5
  • Dari Tugu Kujang, angkot 07A (BTM – Jambu Dua)

2. Taman Malabar Bogor


 

Taman ini berada di tengah pemukiman warga dan dilengkapi pepohonan yang teduh dan tempat berumput, sehingga sangat asri dan menenangkan.  Lokasinya hanya 150 m dari pintu masuk Kebun Raya Bogor di Jalan Pajajaran, berada di belakang deretan hotel dan Lippo Kebun Raya, serta dekat RS PMI Bogor.

Tidak jauh dari  taman berada, ada kafe sedang populer di Bogor, Lili Seduh Saji dan Kopitagram.


Taman ini cocok untuk yang ingin berolahraga karena dilengkapi jogging track dari paving block atau aktivitas olahraga lain. Tersedia bangku-bangku taman untuk yang ingin sekadar bersantai.

Bisa dibilang, taman ini termasuk "hidden gem", karena tidak terlalu ramai pengunjung, letaknya tersembunyi dan berada di area pemukiman.

Ketika berada di taman ini, kamu dapat mendengarkan kicau burung dengan jelas, hembusan angin sepoi yang sejuk, dan suasana yang teduh.

Alamat: Jl. Taman Malabar, RT 01/RW 08, Babakan, Bogor Tengah
Akses transportasi umum ke Taman Malabar Bogor:

  • Dari Stasiun Bogor, angkot 03 (Bubulak – Baranangsiang), 02 (Bubulak – Sukasari), 10 (Merdeka – Sukasari), Biskita Koridor 2 (turun di Halte PMI, jalan sekitar 200 m)
  • Dari Tugu Kujang, angkot 06 (Ciheuleut – Pasar Bogor), 13 (Bantar Kemang – Pasar Bogor)

3. Lapangan Sempur 


Lapangan Sempur bisa dibilang merupakan salah satu lokasi hijau paling populer di Bogor selain Kebun Raya Bogor. Selain gratis, lokasinya juga sangat strategis, hanya berjarak 1,7 km dari Stasiun Bogor.

Fasilitasnya sangat lengkap, ada bangku taman, toilet, arena olahraga, taman bermain anak-anak, dan lapangan hijau nan luas. Taman olahraga di Bogor ini dilengkapi lapangan basket, jogging track, jalur lari, area senam, hingga panjat tebing.
Areanya yang dikelilingi oleh rerumputan hijau serta pepohonan membuatnya menjadi lokasi favorit untuk bersantai. Nggak heran kalau Taman Sempur kerap ramai tanpa mengenal hari.
Alamat: Taman Sempur Jln. Sempur, Sempur, Bogor Tengah, Bogor

Akses transportasi umum ke Lapangan Sempur Bogor:

  • Dari Stasiun Bogor, angkot 03 (Bubulak – Baranangsiang), 02 (Bubulak – Sukasari)
  • Dari Tugu Kujang, angkot 06 (Ciheuleut – BTM), 05 (Cimahpar – BTM), 08 (Warung Jambu – BTM), 13 (Bantar Kemang – BTM), Biskita Koridor 1 (berhenti di Halte Taman Ekspresi)

BACA JUGA :

Lapangan Sempur - Ikon Untuk Tempat Nongkrong dan Olahraga di BOGOR

4. Taman Kencana Bogor

Taman Kencana berlokasi di tengah kota dan strategis,  membuatnya menjadi salah satu taman yang populer di Bogor. Taman ini letaknya hanya beberapa meter dari Lapangan Sempur, tidak jauh dari Istana Bogor dan KRB, juga bersebelahan dengan kampus IPB Taman Kencana.


Selain itu, berdekatan juga salah satu pusat kuliner di Bogor (yang bernama sama) serta berbagai restoran dan hotel populer. Ketika weekend, taman ini ramai dikunjungi warga Bogor yang berolahraga, jalan santai, atau berkumpul dengan teman dan keluarga.


Pada taman ini, warga dapat duduk-duduk santai di bangku taman yang disediakan, menikmati ragam tanaman dan air mancur. Taman dilengkapi juga dengan lampu penerangan, signame untuk spot berfoto, serta beberapa alat bermain anak.

Alamat:  Jl. Taman Kencana No.3, Babakan, Bogor Tengah
Akses transportasi umum ke Taman Kencana Bogor:

  • Dari Stasiun Bogor, angkot 03 trayek Bubulak – Baranangsiang
  • Dari Tugu Kujang, angkot 08 trayek Warung Jambu – Baranangsiang 

5. Taman Heulang Bogor

Taman Heulang adalah salah satu taman di Bogor yang baru mengalami renovasi untuk memenuhi kebutuhan ruang terbuka hijau untuk warga sekitar.


Lokasi taman ini awalnya lapangan terbuka dengan pepohonan di sekelilingnya. Taman seluas 28.000 m2 terletak di tengah pemukiman penduduk yang berbatasan dengan empat jalan berbeda.

Sisi utara taman berbatasan dengan Jalan Heulang, sisi timur dengan Jalan Kasintu, sisi selatan dengan Jalan Beo, dan sisi barat dengan Jalan Bincarung.

Selain itu,  ada  beberapa sekolah dekat dengan taman ini antara lain  SMK Negeri 1, SMAN 6, SMPN 12, dan SMPN 5.

Tamannya pun tertata rapi dan fasilitasnya memadai. Jalan di dalam taman terbuat dari paving block yang nyaman, ada jalur sepeda, bangku-bangku taman, gazebo untuk beristirahat, dan air mancur, hingga toilet.  Begitu juga terdapat CCTV untuk pengawasan keamanan.

Alamat: Jl. Heulang, RT 06/RW 04, Tanah Sereal, Bogor Barat
Akses transportasi umum ke Taman Heulang Bogor:

  • Dari Stasiun Bogor, angkot 07 (Jambu Dua – Merdeka), Biskita Koridor 5 (berhenti di Halte SMPN 5)
  • Dari Tugu Kujang, angkot 07A (Jambu Dua – BTM)


6. Taman Corat-coret Bogor

 Taman ini dibuat untuk jadi tempat pemuda Bogor menuangkan kreativitasnya dalam seni grafiti dan melukis mural.  Oleh karena itu, jangan heran taman yang tidak begitu luas ini penuh dengan aneka ‘coretan’ warna-warni menarik.


Taman Corat-coret dilengkapi 14 dinding mural berukuran 400 m x 400 m di belakang taman dan enam dinding mural ukuran 300 m x 400 m di sisi depannya.

Tersedia bangku melingkar dan bangku panjang pada taman untuk menjadi tempat melepas lelah atau menikmati mural menarik. Taman juga menarik di malam hari karena penataan lampu yang apik.

Meski ada mural, bukan berarti boleh ikut sembarang "ngecat". Dilarang ikut menggambar di taman ini tanpa izin dari pihak berwenang!

Alamat: Jl. KH. Achmad Adnawijaya RT 01/RW 15, Tegal Gundil, Bogor Utara
Akses transportasi umum ke Taman Corat-coret Bogor:

  • Dari Stasiun Bogor, tidak ada yang langsung melewati, tapi kamu dapat berganti angkot dari 03 (Terminal Bubulak – Baranangsiang) ke 08 (Warung Jambu – BTM) di Taman Kencana
  • Dari Tugu Kujang, angkot 08 (Warung Jambu – BTM)


7. Taman Ekspresi Bogor

 


Salah satu taman di Bogor yang sering ramai pengunjung ini berada di simpang Jalan Salak dan Jalan Jalak Harupat. Lokasinya du seberang Kebun Raya Bogor, Istana Bogor, dan dekat Taman Kencana.

Tepatnya, berada di samping Lapangan Sempur dan untuk masuk ke taman, dapat mengakses dari pintu masuk Lapangan Sempur.

Lokasi taman ini termasuk unik karena kontur taman yang cekung seperti tebing dan dikelilingi pepohonan tinggi yang rindang.

Semula adalah taman bermain anak, kemudian Pemerintah Kota Bogor merenovasi menjadi seperti amphitheatre. Termasuk, dilengkapi plaza di lerengnya untuk aktivitas pengunjung.

Selain dilengkapi bangku-bangku panjang yang cukup banyak, Taman Ekspresi dilengkapi fasilitas toilet umum, mushola, lampu penerangan, dan tempat sampah. Bahkan, ada soket untuk sumber listrik jika ada acara di taman tersebut.
Alamat: Jl. Salak, RT 01/ RW 01, Sempur, Bogor Tengah
Akses transportasi umum ke Taman Ekspresi Bogor:

  • Dari Stasiun Bogor, angkot 03 (Bubulak – Baranangsiang), 02 (Bubulak – Sukasari)
  • Dari Tugu Kujang, angkot 06 (Ciheuleut – BTM), 05 (Cimahpar – BTM), 08 (Warung Jambu – BTM), 13 (Bantar Kemang – BTM), Biskita Koridor 1 (berhenti di Halte Taman Ekspresi)


8. Alun – Alun Kota Bogor

Nama tempat ini memang tidak pakai kata taman, tapi konsepnya adalah ruang terbuka hijau seperti taman di Bogor. Alun – Alun Kota Bogor adalah sebuah tempat yang baru diresmikan pada akhir tahun 2021. Letaknya tepat berada di samping Stasiun Bogor.



Konsep Alun-Alun Kota Bogor adalah ruang terbuka seperti plaza di Eropa dan dilengkapi fasilitas rumput yang menghijau, bangku taman untuk bersantai, toilet, area olahraga, dan tempat bermain.

Semula, taman ini adalah kawasan komersial Plaza Kapten Muslihat (Taman Topi) dan Taman Ade Irma Suryani. Setelah lokasi tersebut diratakan, diganti dengan dengan alun alun kota Bogor.

BACA JUGA:

Tentang Alun-Alun Kota Bogor dan Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Di Lokasi

KUMPULAN FOTO-FOTO TAMAN TOPI SEBELUM DIRATAKAN MENJADI ALUN ALUN KOTA BOGOR

Alamat: Jl. Kapten Muslihat, No. 17A, RT 04/RW 06, Pabaton, Bogor Tengah

Akses transportasi umum ke Alun-alun Kota Bogor:

  • Dari Tugu Kujang, angkot 02 (Sukasari – Bubulak), 03 (Baranangsiang – Bubulak), Biskita Koridor 2 (berhenti di Halte Kapten Muslihat)
  • Demikian tadi 7 taman di Bogor bisa jadi pilihan untuk berjalan - jalan di Kota Bogor.