Tentang Alun-Alun Kota Bogor dan Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Di Lokasi

#Tags

 Kota Bogor, Jawa Barat, kini memiliki ikon baru yakni Alun-alun Kota Bogor yang baru saja diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, pada tanggal 17 Desember 2021. Alun-alun Kota Bogor dibangun di atas lahan seluas 1,7 hektare yang berlokasi di Jalan Kapten Muslihat, bersebelahan dengan Stasiun Bogor.  Lokasi yang sama sebelum dibangun merupakan lokasi taman hiburan Taman Ade Irma Suryani namun akrab disebut taman topi. 

Selain meratakan taman topi, Plaza Kapten Muslihat juga diratakan, sementara patung Kapten Muslihat dipindahkan (namun belum jelas akan ditempatkan dimana selanjutnya).

Alun-alun Kota Bogor dibangun dengan anggaran mencapai Rp 15 miliar dari dana bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, alun-alun Kota Bogor memiliki desain yang modern mirip konsep ruang terbuka di negara Eropa serta dilengkapi sederet fasilitas seperti area olahraga dan tempat bermain. 




Alun-alun Kota Bogor sangat spesial dan berbeda dengan alun-alun lainnya karena adanya perpaduan unsur sejarah dan religi yang kuat. Hal itu terlihat dari letak Alun-alun Kota Bogor yang berdampingan dengan bangunan bersejarah Stasiun Bogor serta Masjid Agung yang saat ini masih dalam proses pembangunan. Sehingga, Alun-alun Kota Bogor terintegrasi langsung dengan kedua bangunan tersebut.


Mengutip laman resmi Pemkot Bogor, Alun-alun ini terdiri dari empat zona, yaitu :
1. Zona Botani untuk relaksasi,
2. Zona Olahraga untuk rekreasi dan olahraga,
3. Zona Plaza untuk kegiatan edukasi atau kesenian, dan
4. Zona Religi yang terintegrasi dengan Masjid Agung.


Beberapa kegiatan menarik di Alun-Alun Kota Bogor dan sekitarnya yang bisa dinikmati pengunjung sebagai berikut :
1. Rekreasi di taman 


 


Berkunjung bersama keluarga atau teman bisa dilakukan dengan rekreasi di taman yang hijau. Selain banyak pepohonan, ada pedestrian atau area pejalan kaki untuk pengunjung yang ingin jalan-jalan santai.


2. Olahraga


Jogging track alun-alun kota Bogor(Instagram/@bimaaryasugiarto)


Alun-alun Kota Bogor  juga tersedia fasilitas berupa jogging track, alat fitness outdoor, dan wahana permainan anak. Jadi, bagi yang membawa anak kecil juga tidak perlu khawatir karena ada area khusus untuk mereka bermain. Tak hanya alat fitness, kamu bisa memanfaatkan area kosong luas di alun-alun untuk olahraga, seperti lompat tali, sepatu roda, dan bulutangkis.

3. Mengikuti kegiatan seni dan edukasi
Alun-alun Bogor dilengkapi fasilitas berupa amphitheater atau plaza terbuka untuk pertunjukan seni dan diorama perjuangan. Untuk kamu yang ingin menyaksikan pertunjukan seni maupun bertemu komunitas, bisa datang ke sini.  Meski baru saja dibuka dan masih situasi pandemi, sebaiknya mengecek informasi kegiatannya secara berkala. 

4. Foto 


 Alun-alun kota Bogor  menjadi istimewa karena memiliki latar belakang bangunan Stasiun Kota Bogor. Walaupun sudah cukup tua, bangunan ini telah diperindah dan bisa dijadikan spot untuk berfoto.


5. Kulineran Berjalan kaki

sekitar 450 meter ke selatan dari Alun-alun Kota Bogor, kamu bisa menemukan jembatan merah. Dari jembatan merah, ada beragam penjual makanan pinggir jalan yang bisa kamu coba terutama saat malam hari.Kuliner malam di jembatan merah sangat beragam, seperti di antaranya doclang, martabak, bakso, kupat tahu, sate, dan masih banyak lagi.

6. Belanja di pasar
Selain wisata kuliner, kamu bisa berbelanja di pasar sekitar Alun-alun Kota Bogor. Mulai dari Pasar Kebon Kembang Blok F Trade Center, Pasar Devris, Perumda Pasar Pakuan Jaya, dan lain-lain.

7. Mencari informasi seputar wisata Bogor 

Bagi yang hendak berwisata di Kota Bogor, mereka bisa mendatangi gedung TIC atau Tourist Information Center) di alun-alun kota Bogor