Resep dan Cara Membuat Kue Ulang Tahun Sederhana

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- Untuk memperingati hari kelahiran seseorang, lazim disebut dengan hari ulang tahun. Dalam beberapa kebudayaan atau tradisi, memperingati ulang tahun seseorang biasanya dirayakan dengan mengadakan pesta ulang tahun dengan keluarga dan/atau teman. Hadiah sering diberikan pada orang yang merayakan ulang tahun. Pada saat seseorang ulang tahun, sudah menjadi kebiasaan untuk memperlakukan seseorang secara istimewa pada hari ulangtahunnya. 


Salah satu kebiasaan saat ini untuk merayakan ulang tahun adalah menyajikan kue ulang tahun (birthday cake).  Kue yang istimewa ini diuat untuk menyambut hari ulang tahun, dan disantap bersama keluarga dan teman terdekat.

Kue ulang tahun banyak dijual, namun membuat kue ulang tahun sendiri juga bisa dilakukan. Membuat kue ulang tahun buatan sendiri dan dipersembahkan buat yang ulang tahun tentu akan sangat berkesan, apalagi yang ulang tahun tahu. Itu bisa jadi simbol, semua orang orang yang dekat sayang.


Cara Membuat Kue Ulang Tahun Sederhana

Di bawah ini akan bagikan bahan - bahan dan langkah - langkah untuk membuat kue ulang tahun sederhana. Meskin sederhana tapi tentu enak, dan penuh makna. Resep membuat kue ulang tahun buatan sendiri dapat dijadikan sebagai kado istimewa bagi teman atau saudara yang merayakan hari istimewanya.


Bahan-bahan Membuat Kue Ulang Tahun Sederhana

Bahan A:

  • 250 gr tepung terigu
  • 4 sdm coklat bubuk
  • 3 sdm susu bubuk
  • 1 sdt vanili
  • 1/2 sdt baking powder


Bahan B:

  • 250 gr gula pasir
  • 4 butir telur
  • 1 sdm sp


Bahan Tambahan:

  • 200 gr mentega
  • 500 gr butter cream siap pakai
  • Pewarna makanan


BACA JUGA :

Kata Ucapan Selamat Ulang Tahun Yang Bisa Jadi Inspirasi Buat DIbagikan Kepada Kenalan, Sahabat, Pasangan, Anak, dan Anggota Keluaga Lain

9 Toko Kue Ulang Tahun Klasik Hingga Aesthetic di Bogor

15++ Inspirasi Hadiah Ulang Tahun Untuk Sahabat

 

Langkah-langkah Membuat Kue Ulang Tahun Sederhana

  1. Siapkan seluruh bahan untuk membuat kue ulang tahun di tempat khusus agar Anda dapat mengolah bahan dengan mudah. 
  2. Panaskan mentega di atas kompor, pastikan mentega meleleh dengan sempurna lalu sisihkan dalam wadah khusus.
  3. Campurkan seluruh bahan A hingga rata, lalu ayak dengan saringan untuk memastikan tidak ada bahan yang menggumpal. 
  4. Campurkan seluruh bahan B dengan mixer hingga tercampur rata dengan sempurna.
  5. Setelah itu masukkan campuran bahan A ke dalam campuran bahan B lalu aduk hingga rata. 
  6. Tambahkan mentega yang sudah dicairkan ke dalam adonan lalu aduk kembali dan pastikan adonan hingga benar-benar tercampur rata.
  7. Kemudian masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Jangan lupa untuk mengolesi loyang dengan mentega terlebih dahulu agar adonan tidak menempel pada loyang saat matang nanti.
  8. Masukkan adonan kue ke dalam kukusan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Kukus kue hingga matang selama kurang lebih 40 menit. 
  9. Jangan lupa cek secara berkala untuk memastikan tingkat kematangan kue.
  10. Setelah matang, hias kue dengan butter cream, meises dan lain sebagainya sesuai dengan keinginan Anda. kue ulang tahun kini siap disajikan untuk merayakan hari spesial buat keluarga atau seseorang yang Anda sayangi.