Waduk Gunung Bubut Yang Sudah Ada Sejak Zaman Hindia Belanda, di Leuwiliang, Kabupaten Bogor

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- Bagi yang ingin mencari spot spot foto yang unik, Kabupaten Bogor memberikanbanyak alternatif. Mulai dari sport pemandangan alam, lokasi yang  didesain rupa supaya unik di lokasi wisata, hingga lokasi - lokasi yang sudah berusia tua. 

Salah satunya adalah Waduk Gunung BubutWaduk ini berlokasi di Desa Karacak, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor Jawa Barat. Pemandangan yang indah dan mempesona ketika Anda berada di samping waduk tersebut. 
 

 
 
Waduk Gunung Bubut dikelilingi oleh  pepohonan dan sistem pemandangan dengan arsitektur bangunan seperti penggerak turbin air ala Eropa. Gunung Bubut tidak dapat dipisahkan keberadaannya dari sistem PLTA Karacak, yang lokasinya berada di bukit di antara perbatasan desa Karacak dan Karyasari. Tempat ini sudah dibangun sejak 1926 oleh  pemerintah kolonial Hindia Belanda. 

 
Waduk ini masih berfungsi sebagai kolam panampungan air dari bendungan sungai Cianten dan bendungan sungai Cikuluwung sebelum dialirkan dengan pipa-pipa besar menuju ke turbin di PLTA Karacak. Kenapa bisa disebut sebagai Gunung Bubut? Ada versi yang menyebut karena lokasi waduk ada di atas gunung dan dibuat dengan cara dilubangi (dibubut).  Wallahu Alam.

 
Waduk ini memang tak seindah pantai, tapi rasanya seperti ketika Anda sedang berada di pantai, Kenapa bisa begitu? sangat jelas terlihat Anda bisa rasakan suasana dan keindahan selama Anda berada di kawasan waduk ini. Menjadi hal yang baru ketika Anda menikmati keindahan waduk yang ini yang memang selama ini Anda hanya bisa merasakan suasana alam dengan menjejaki gunung atau curug dll. Ketika Anda berada disini suasa dan kesejukan sangat terasa sekali.
 

 
Waduk ini memang sering jadi lokasi wsiata atau sekadar piknik bagi warga sekitar hingga warga dari luar wilayah waduk tersebut. Wilayah sekitar waduk ini sangat asyik sekali dan juga terasa nyaman untuk dijadikan sebagai tempat bersantai.

Sebelum Anda menjejaki waduk tersebut, alangkah baiknya jika Anda mempersiapkan barang-barang dan segala hal untuk diri Anda seperti makan dan minum. Karena untuk menuju waduk ini lumayan cukup melelahkan juga sehingga perlu adanya persiapan bahan-bahan tersebut, agar perjalanan Anda menuju waduk ini enak dan nyaman selama perjalanan Anda.

Selain itu, harus minta izin kepada petugas di lokasi. 

BACA JUGA :