Cara Reset Handphone Oppo Termasuk Jika Lupa Sandi

#Tags

Handphone Oppo merupakan salah satu jenama gawai ponsel yang cukup banyak dipakai. Ponsel Oppo dianggap memiliki harga terjangkau dan bisa dibilang juaranya kamera selfie. Hingga kini, banyak produk hp OPPO terbaru dirilis dengan berbagai keunggulan kamera, desain, hingga spesifikasi. Namun, dalam pengunaannya, kadang handphone Oppo harus direset.

Handphone (HP) merupakan gawai dengan umur pakai tertentu. Sering dipakai, ada kemugkinan pula umurnya pendek. Apalagi jika pemakaiannya tidak terawat.  Kadang, tanpa sebab yang bisa dipahami  handphone tiba -tiba  error berulang kali dan banyaknya file yang rusak terkadang membuat jengkel karena performa jadi lambat. Salah satu solusi supaya bisa kembali lancar dan normal, perlu untuk mereset HP secara menyeluruh atau sebagian agar ponsel bisa kembali lagi berjalan optimal.

Selain karena harus mengulangi / reset awal handphone karena ada permasalahan, reset handphone juga dibutuhkan untuk kebutuhan lain, misal karena handphone akan dijual lagi, atau sekedar ingin membersihkan dokumen di dalam handphone sehingga ruang penyimpanan ponsel akan bersih layaknya smartphone baru.
 

Jika membutuhkan reset handphone OPPO , berikut artikel di bawah ini akan mengurangikan lebihlanjut, bahkan jika lupa kata sandi.


Cara Reset Handphone Oppo

Sebelum melakukan reset handphone OPPO, harap mencadangkan atau backup file penting yang ada agar tidak ikut terhapus oleh sistem. Jika sudah, ikuti cara-cara berikut ini:

1. Reset Handphone Oppo Lewat Pengaturan

Cara pertama reset HP Oppo yang paling mudah dan bisa dilakukan oleh semua jenis HP Oppo adalah lewat pengaturan. Cara yang satu ini akan menghapus semua data yang ada di memori internal, sehingga kamu perlu mencadangkan data-data penting milikmu. Berikut langkah  dan caranya:

  • Masuk ke menu settings atau pengaturan.
  • Pilih backup & reset.
  • Dalam menu backup & reset, pilih reset phone.


  • Jika kamu ingin menghapus semua data yang ada di dalam ponsel, pilih erase everything dan pilih yes.
  • Tunggu hingga proses selesai, HP Oppo akan restart secara otomatis.


2. Cara Reset HP Oppo Mode Recovery

Saat HP mengalami bootloop, hardbrick, mati total, atau masalah lainnya sehingga ponselmu tidak bisa menyala, kamu bisa melakukan hard reset dengan mode recovery seperti berikut ini:

  • Matikan HP Oppo.
  • Tekan tombol volume bawah + power secara bersamaan.
  • Kamu akan masuk ke menu recovery mode, setelah itu pilih bahasa inggris, gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk memilih.

 


  • Pilih wipe data.
  • Pilih reboot dan tunggu hingga selesai.


3. Cara Reset Handphone OPPO dengan Aplikasi Find My Device

Jika metode sebelumnya harus langsung dilakukan pada handphone,  kamu juga bisa reset handphone Oppo dengan fitur Google Find MyMobile. Cara ini bisa dibilang cukup praktis dan bisa menjadi solusi saat HP hilang atau lupa password, karena kamu bisa melakukan reset jarak jauh tanpa memegang ponsel secara langsung:

  • Buka halaman “http://www.google.com/android/find” melalui perangkat lain, seperti komputer, laptop, tab, atau HP yang lainnya.
  • Login akun Google yang terhubung dengan ponsel yang akan kamu cari.


Setelah terhubung ke ponsel Oppo yang kamu cari, ada beberapa pilihan yang bisa kamu gunakan, yaitu menghapus akun, membunyikan perangkat jarak jauh, dan kunci untuk mengubah kata sandi.
Apabila kamu ingin reset HP, pilih opsi “hapus” dan proses akan berjalan hingga selesai. Setelah itu, semua pengaturan dan tampilan ponsel akan kembali pada setelan awal.

BACA JUGA:

Find My Device Dari Google Untuk Lacak Handphone Yang Hilang Atau Tidak Kelihatan

4 Aplikasi Melacak HP Yang Hilang


4. Cara Reset Handphone Oppo Jika Lupa Sandi

Oppo menawarkan fitur keamanan berupa password atau PIN untuk kenyamanan penggunanya. Namun, ada kalanya kamu lupa akan kata sandi HP karena baru saja menggantinya atau lupa untuk mengingatnya, untuk mengatasi hal ini, simak tips berikut:

Cara Reset Handphone OPPO dengan Forgot Password

Cara yang bisa kamu lakukan untuk reset HP Oppo adalah menggunakan email yang ada di fitur forgot password. Untuk langkah ini, kamu perlu mengetahui email Google yang dipakai dalam perangkat tersebut. Agar bisa mengakses ponselmu seperti sedia kala, ikuti cara berikut ini:

  • Masukkan password HP secara acak sebanyak 5 kali, hingga ada tulisan untuk coba lagi.
  • Klik forgot password atau lupa password.


  • Masukan alamat email utama yang digunakan dalam ponsel tersebut.
  • Setelah itu, nonaktifkan sandi agar bisa mengakses ponsel Oppo tanpa menggunakan password.


Cara Reset Handphone OPPO dengan Android Device Manager

Metode lain yang kamu bisa pakai saat lupa password adalah Android Device Manager (ADM). Untuk cara yang satu ini, dibutuhkan  PC atau laptop untuk melakukannya. Berikut caranya :

  • Buka halaman “https://www.google.com/android/devicemanager/” di laptop atau PC.
    Login dengan akun Google yang terhubung dengan HP Oppo yang kamu gunakan.


  • Mirip dengan Find MyMobile, kamu akan menemukan pilihan Dering, Kunci, dan Hapus. Pilih Kunci atau Lock dan cari perangkat Oppo. Apabila belum terdeteksi, coba refresh halaman dengan menekan tombol F5.
  • Setelah itu, kamu akan diminta untuk memasukkan sandi baru.
  • Klik tombol Kunci lalu restart HP, lalu masukkan kata sandi yang kamu ubah.

BACA JUGA :

7 Daftar Seri Handphone OPPO Dan Perbedaannya


Demikian tadi beberapa cara untuk reset handphone OPPO. Yang mana pun kebutuhan Anda saat reset HP Oppo,  mulai dari membersihkan data hingga masalah lupa password, jangan sampai lupa untuk backup segala data penting agar tidak hilang saat melakukan reset perangkat.