7 Daftar Seri Handphone OPPO Dan Perbedaannya

#Tags

Produsen ponsel pintar, OPPO, memang tidak mau bertarung setengah-setengah dalam pertarungan industri smartphone. Produsen ponsel pintar asal  Tiongkok telah mempunyai nama yang dikenal, berkat pemasarannya yang sangat agresif.

Selain pemasaran agresif, tentu kualitasnya bisa diadu, yang membuat banyak pihak yang menjadi penggemar merek OPPO.
Sejak diluncurkan pada tahun 2004, kini OPPO telah memiliki banyak seri atau series. Sejauh ini seri OPPO yang telah diluncurkan ada OPPO seri Find, Reno, A, K, R, N, dan Neo. Tentunya setiap seri memiliki kelebihan masing-masing dan melahirkan berbagai tipe yang dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan berbeda pula.

Lewat artikel ini, semoga Anda bisa membedakan perbedaan tiap seri, dan tidak bingung jika hendak membeli OPPO di OPPO Store.



1. OPPO Find Series

OPPO Find Series merupakan seri ponsel yang memberikan inovasi terbaru, dan desain yang estetis. Semua keluaran OPPO Find Series merupakan keluaran ponsel spesial dan penting.
OPPO Find Series juga selalu terdepan dalam urusan pengembangan teknologi teranyar di dunia ponsel pintar.

Salah satu model hp OPPO Find Series yaitu OPPO Find X3


OPPO Find yang memiliki perpaduan antara layar sentuh 4 inci dan keyboard QWERTY fisik yang disembunyikan oleh metode geser. OPPO Find mungkin satu-satunya yang mempunyai desain ganda tersebut, sebab penerusnya sudah beralih ke layar sentuh.

Untuk kamera sudah tidak diragukan lagi, seperti kamera depan yang dimiliki oleh OPPO Find X2 Neo dengan resolusi 44MP. Sementara, untuk kamera belakang khususnya kamera wide di jajaran model terbaru di seri ini berada di ukuran 48MP. Sementara  OPPO Find X3 Pro yang akan memiliki kamera wide dan ultrawide berukuran 50MP.

Umumnya OPPO Find Series pada seri ini ditenagai dengan prosesor Snapdragon dari Qualcomm. Rata-rata OPPO Find Series juga memiliki daya baterai yang cukup besar, misalnya OPPO Find X dengan daya 3730 mAh atau ada OPPO Find X2 Pro berkapasitas 4260 mAh.

Jelas ini sangat upgrade dari kemunculan model pertama yang hanya berdaya 1500 mAh. Beberapa model terbaru di seri ini telah didukung dengan teknologi Fast Charging. Tertarik ? Langsung saja ke OPPO Store

BACA JUGA :

Ponsel OPPO : Daftar Model HP OPPO & Harga HP OPPO Seri FInd dan Seri Reno - Per tanggal 5 Desember 2021


2. OPPO Reno Series

OPPO Reno Series sebenarnya pengganti hp OPPO seri R. Reno Series lebih dianggap sebagai hp kelas medium ke premium. OPPO Reno Series diberi desain yang lebih segar, berwarna, menarik minat konsumen terkhusus anak muda.

Sejak  OPPO Reno Series dirilis pada April 2019, seri ini telah berhasil meluncurkan 27 perangkat dengan kehebatan kamera yang dimilikinya.

HP OPPO Reno6


OPPO patut berbangga dengan kemampuan kamera pada OPPO Reno Series, rata-rata perangkat di OPPO Reno Series memiliki resolusi kamera utama 48 MP dan bahkan ada OPPO Reno3 Pro, Reno5 4G, dan Reno5 5G yang dibenamkan ukuran lensa utama 64 MP.  Kamera depannya diberikan lensa dengan resolusi dari kamera depan mulai dari 16 MP  hingga 44 MP.

Selain itu, OPPO Reno Series berhasil mencetak sejarah sebagai ponsel pintar yang telah disematkan teknologi 5G. Jaringan 5G ini bisa ditemui di perangkat seri Reno seperti Reno3 5G, Reno4 Z 5G atau Reno5 5G.

Sumber daya baterai pada OPPO Reno Series, semua perangkatnya tidak ada yang di bawah 3600 mAh. Semenjak kelahiran OPPO Reno, model selanjutnya memiliki ukuran daya baterai yang tinggi.

Sejauh ini kapasitas baterai tertinggi di seri ini dipegang oleh OPPO Reno5 Pro+ 5G dengan ukuran 4500 mAh. Dengan baterai yang dimiliki OPPO Reno Series tentu akan bertahan lama dipakai seharian untuk mendampingi aktivitas.

Dari berbagai seri OPPO, seri ini dapat dikatakan sebagai pelopor untuk penggunaan sistem operasi Android 11. Kamu bisa menikmati fitur-fitur terbaru dari Android 11 di perangkat OPPO Reno keluaran terbaru seperti OPPO Reno5 4G, Reno5 5G, Reno5 Pro 5G, dan Reno5 Pro+ 5G.



3. OPPO A Series


OPPO A Series menyuguhkan kamera yang canggih dengan baterai yang tahan lama untuk setiap aktivitas yang dilakukan oleh penggunannya.

OPPO A Series - model OPPO A92


Rata-rata ukuran lensa kamera belakang yang tersemat pada OPPO A Series yaitu dari 8MP hingga 48MP untuk kamera wide. Sejauh ini, OPPO A Series yang menghasilkan gambar yang bagus berkat ukuran lensa kameranya ada OPPO A9, OPPO A91, OPPO A92 dan A95.

Beralih ke kapasitas baterai yang katanya mampu bertahan lama, tipe dari OPPO A Series memiliki daya baterai yang beragam mulai dari 2900 mAh, 3000 mAh, 4000 mAh, sampai 5000 mAh. Salah satu tipe OPPO A Series yang mampu bertahan lama adalah OPPO A5 yang telah ditanamkan baterai berkapasitas 5000mAh.

Beberapa tipe dari OPPO A Series ditenagai oleh prosesor dari MediaTek seperti OPPO A1K dan OPPO A91. Namun, beberapa lainnya dioperasikan dengan Qualcomm Snapdragon, misalnya OPPO A7 dengan Snapdragon 450 dam OPPO A95 bersama Snapdragon 662.

Hp OPPO seri A secara keseluruhan dapat dikatakan menjadi pasar terbesar OPPO di Indonesia, karena merangkul segmen bawah hingga menengah .

BACA JUGA :

Mengintip OPPO A95, Ponsel Hadiah Untuk Man Of The Match Setiap Pertandingan AFF 2020 : Spesifikasi dan Harga



4. OPPO K Series

Di tahun 2018, tepatnya bulan Oktober OPPO merilis seri terbarunya yaitu seri K. Oppo K Series merupakan seri ponsel pintar dari Oppo yang dikhusukan untuk penyuka game. Model pertama yang masuk ke dalam seri ini adalah OPPO K1. 


Kemunculan berikutnya dari OPPO K Series ada OPPO K3 dan OPPO K5 yang lahir di tahun yang sama yaitu 2019. Disusul oleh OPPO K7 dan OPPO K7x di tahun 2020. Hampir semua tipe dari OPPO K Series beroperasikan oleh Qualcomm Snapdragon, kecuali OPPO K7x yang menggandeng MediaTek sebagai prosesornya. Soal sistem operasinya, ada OPPO K7 dan OPPO K7x yang lebih maju dengan Android 10.

Kamera?  HP OPP seri K  memiliki awalnya memiliki kamera belakangnya telah disisipkan 16MP, selanjutnya ada OPPO K5 yang memegang kasta tertinggi dengan resolusi kamera yaitu 64MP. Sementara kamera depan terpaku di angka 32 MP. Dengan ukuran lensa belakang dan depan tersebut, membuat hasil dari jepretan OPPO K Series sudah pasti jempolan.

OPPO K Series  menngunakan layar proteksi Gorilla Glass 5 untuk layar bertipekan AMOLED dan Super AMOLED. Berbeda dengan model yang memiliki jenis layar LTPS IPS LCD yaitu OPPO K7x yang harus puas dipasangkan Gorilla Glass 3. Sedangkan untuk ukuran ada K3 dan K7x dengan 6,5 inci yang lebih luas dari teman-temannya.

Untuk sumber daya baterai hampir, OPPO K Series telah disematkan teknologi pengisian cepat, kecuali model OPPO K1. Di antara semua model dari HP OPPO Seri K,  predikat nomor satu adalah OPPO K7x dengan besaran baterai 5000 mAh. Namun, secara keseluruhan OPPO K Series memang unggul dalam hal baterai mengingat seri ini difokuskan untuk gaming.


Cek harga HP OPPO dan belanja di OPPO STORE.



5. OPPO R Series

HP OPPO R Series diklaim oleh produsennya sebagai salah satu seri ponsel pintarnya yang sangat populer di dunia. HP OPPO Seri R yang termasuk ke dalam smartphone high-end ini, dibalutkan dengan desain yang high-end fashion tingkat premium dan dikendarai dengan teknologi yang inovatif.

Varian pertama dari gawai OPPO Seri R yang diluncurkan adalah  OPPO R1, dengan keunggulan mampu membidik gambar dengan baik dan tajam di kala malam berkat mode Night Shoot.

Setelah keberhasilan varian OPPO R1,  OPPO R5 pun diluncurkan. HP OPPO R5 ini diklaim smartphone tertipis dengan ketebalan hanya 4,85 mm.

Untuk memberi tenaga pada gawai OPPO Series R,  disematkan baterai dengan kapasitas baterai mulai dari 2000 mAh hingga 4120 mAh. Model seperti hp OPPO R5 dan OPPO R5s disematkan baterai kapasitas kecil sebesar 2000 mAH,  sementara gawai Oppo R11s Plus bermuatan 4000 mAh atau  OPPO RS Plus dengan 4120 mAh.

OPPO R Series menyediakan layar berbeda untuk tiap modelnya. Ada yang menggunakan IPS LCD, AMOLED, dan Super AMOLED. Layar  IPS LCD disediakan untuk hp di model awal seperti Oppo R1x, OPPO R1s, OPPO R3, dan beberapa model baru  seperti OPPO R9 Plus dan OPPO R11 Plus.  Layar Super AMOLED disematkan pada ponsel  OPPO R15x dan sisanya memakai tipe layar AMOLED. 


 Untuk fitur kamera, ukuran lensa mulai dari 16 MP, dengan ukuran kamera depan dan belakang sama atau secara umum ukuran lensa kamera depan lebih besar. Contoh saja, OPPO R17 memiliki kamera selfie 25 MP, kamera utama 16 MP dan kamera dalam 5 MP.

Sementara prosesor hampir semua perangkat di seri ini menggunakan Snapdragon dari Qualcomm, kecuali hp OPPO R15 yang ditanaman MediaTek Helio sebagai prosesornya.

Sebagai contoh ada OPPO R17 yang ditanamkan lensa selfie 25 MP dengan kamera utamanya berukuran 16 MP dan kamera kedalaman 5 MP. Untuk prosesor hampir semua perangkat di seri ini menggunakan Snapdragon dari Qualcomm, kecuali OPPO R15 yang tampil beda dengan membawa MediaTek Helio sebagai prosesornya.

Sementara bila membahas perihal sistem operasi seri ini hanya mentok sampai Android 9 (Pie), akan tetapi direncanakan akan dilakukan peningkatan hingga Android 10 seperti pada OPPO R17 dan OPPO RX17 Pro. 



6. OPPO N Series


 

Ponsel OPPO N Series diluncurkan pertama kali September 2013, dengan model OPPO N1. Sempat tidak ada perkembangan, hingga akhirnya awal tahun 2013, diluncurkan OPPO N3. Sejauh ini OPPO N Series baru terisi oleh dua anggota, OPPO N1 dan OPPO N3.

Hp OPPO N3 ini menawarkan fitur kamera putar, yang sengaja mengyasar untuk pengguna yang memerlukan kemampuan foto. Harganya sendiri lebih untuk pengguna kelas menengah ke atas.

Dengan fitur kamera putar ini, para model dari OPPO N Series ini mampu menghasilkan kualitas gambar yang sama baik saat memutar kamera depan atau belakang. Sementara ukuran kamera OPPO N1 yaitu 13MP, dan OPPO N3 mempunyai 16MP.

Ponsel OPPO N Series diberikan  prosesor Snapdragon dari Qualcomm, masing-masing Snapdragon 600 pada N1 dan Snapdragon 801 untuk N3. Soal baterai, OPPO N1 yang mempunyai baterai 3610 mAh, sementara model OPPO N3 hanya diberikan 3000 mAh

Bujet yang harus disiapkan untuk membeli ponsel OPPO seri ini sekitar Rp3-6 jutaan, dan bisa cek juga model -model hp lain dari OPPO di OPPO store.

`





7. OPPO Neo Series

 Ponsel OPPO Neo Series merupakan gawai paduan antara harga terjangkau,namun spesifikasi bisa diandalkan.

Diluncurkan tahun 2014, diikuti dengan model OPPO Neo 3 dan Neo 5 masih di tahun yang sama.

Tahun2015, OPPO seri Neo erilis model terbarunya yaitu OPPO Neo 5, OPPO Neo 5s, dan OPPO Neo 7. Seri Neo pun dpadukan dengan OPPO seri lain untuk menghasilkan OPPO RX16 Neo pada 2018 dan OPPO Find X2 Neo pada 2020.

Jika dikulik, spesifikasi dari perangkat seri Neo dengan model Neo campuran, jelas OPPO RX16 Neo dan OPPO Find X2 Neo jauh lebih unggul. Semua OPPO Seri Neo sebelum RX16,  masih menggunakan teknologi yang belum ditingkatkan seperti sistem operasi tersentuh di Android Lollipop pada OPPO Neo 7, tipe layar IPS LCD, hingga kapasitas daya kurang dari 2450 mAh.

Kamera yang tersemat di OPPO Seri Neo berukuran 2 MP, sedangkan kamera belakang ada dua macam yaitu 5 MP (OPPO Neo, OPPO Neo 3, dan OPPO Neo 5) dan 8 MP (OPPO Neo 5, OPPO Neo 5s, OPPO Neo 7).

Untuk prosesornya OPPO Neo Series memakai Qualcomm Snapdragon dan MediaTek untuk perangkatnya. Namun, ada hal unik seperti OPPO Neo 7 yang memberikan dua opsi. Opsi pertama menggunakan Qualcomm Snapdragon bila perangkatnya memasang jaringan 4G  dan opsi kedua memakai MediaTek jika OPPO Neo 7 memasang jaringan 3G.

Saat ini tipe ponsel di seri Neo dijual kisaran Rp900 ribu - 1,8 jutaan.