Bisnis Rekber / Pulber Game Online : Pengertian, dan Cara Kerja

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- Industri permainan daring atau biasa disebut dengan Game online merupakan salah satu bidang yang berkembang. Dengan varian game yang banyak, semakin memanjakan pengguna atau penggemar permainan digital. Pilihan gamers PC ataupun ponsel, sekarang ada begitu banyak pilihan game yang bisa dimainkan. Sering dianggap cuma buang uang, ternyata game online tidak hanya menguntungkan bagi pembuat game saja. Ada banyak jasa lain yang menjadi penghasilan para gamer dengan nilai jutaan per transaksi.



Antara lain jasa joki, jual beli akun game online, menjual equipment tertentu dan masih banyak lagi. Bagi gamers yang memiliki jiwa bisnis, tentu kesempatan ini tidak mau disia-siakan begitu saja.

Trend game online di Indonesia yang terus meningkat menjadi peluang besar untuk mendapatkan keuntungan. Namun, tetap ada risiko transaksi. Untuk itu game online senantiasa melibatkan rekber, sehingga, transaksi bisa aman dan tanpa khawatir penipuan bagi kedua belah pihak.



Pengertian Rekber / Pulber

Bagi pengguna marketplace atau yang biasa melakukan jual beli online kedua istilah ini cukup populer.  Rekber merupakan singkatan dari rekening bersama, sementara Pulber merupakan singkatan dari pulsa bersama.

Baik Rekber/ Pulber mempunyai fungsi yang sama, yaitu mengamankan setiap transaksi di antara penjual dan pembeli. Kendati demikian, masih saja ada beberapa orang yang belum menggunakan Rekber/Pulber dengan berbagai alasan. 



permainan online
Bisnis Rekber / Pulber game online menghasilkan cuan

Perbedaan Rekber / Pulber

Sekalipun mempunyai fungsi yang sama, namun Rekber / Pulber juga mempunyai perbedaan. Rekber bertugas melindungi proses transaksi jual beli melalui Bank, sedangkan pulber hanya bersedia memproses transaksi menggunakan pulsa saja.

Sebagian orang menggunakan pulber untuk transaksi ringan seperti pembelian pulsa atau voucher game. Sedangkan rekber menerima pembayaran uang dengan mentransfer uang ke rekening bank.

Rekber menggunakan pembayaran dengan uang, sedangkan pulber menerima pembayaran pulsa.

Cara Kerja Rekber dan Pulber

Rekber/ pulber  merupakan jasapihak ketiga, dimana penjual atau pembeli yang telah sepakat akan mempercayakan jasa rekber/pulber untuk menampung dana terlebih dahulu.

Setelah pembeli menerima barang, maka jasa rekber akan melepas uang dan mengirimkan ke pihak penjual.  Secara sederhana begini penjelasannya :
Rekber
  1. Pembeli dan penjual sebelum bertransaksi hendaknya sepakat menggunakan rekening bersama yang terpercaya
  2. Kemudian pembeli akan melakukan transfer terlebih dahulu ke rekening bersama yang ada
  3. Jasa rekber akan menerima dana yang masuk dan mengkonfirmasi kepada penjual.
  4. Jasa rekber akan mengamankan dana tersebut sampai penjual mengirimkan barang ke pembeli
  5. Pembeli yang menerima barang akan memberikan konfirmasi ke jasa rekber
  6. Selanjutnya jasa rekber akan mentransfer dana kepada penjual.
  7. Setelah penjual memberikan konfirmasi jika dana telah masuk, maka jasa rekber akan mendapatkan komisi.

Pulber
  1. Tidak jauh berbeda dengan cara menggunakan rekber. Bedanya hanya menggunakan pembayaran berupa pulsa bukan dana. Berikut cara menggunakannya :
  2. Penjual dan pembeli akan membuat kesepakatan terlebih dahulu
  3. Penjual akan mengirimkan voucher kepada jasa pulber
  4. Jasa pulber akan mengkonfirmasi pada pembeli
  5. Pembeli kemudian akan mengirimkan sejumlah pulsa.
  6. Pihak jasa pulber akan mengamankan pulsa tersebut dan mengirimkan voucher milik pembeli.
  7. Selanjutnya, penyedia jasa pulber akan mengirimkan sejumlah pulsa kepada penjual
  8. Baik penjual maupun pembeli akan saling mengkonfirmasi kepada jasa pulber bahwa transaksi telah selesai.

Keuntungan Menggunakan Rekber / Pulber

Bagi Penjual
Meningkatkan keyakinan pembeli
Meningkatkan keamanan setiap kali bertransaksi
Kredibilitas penjual menjadi meningkat

Bagi Pembeli
Transaksi jual beli menjadi lebih aman, terjamin dan nyaman
Meminimalisir risiko terjadinya penipuan online

Rekber
Industri game online yang semakin besar membuka banyak peluang usaha, salah satunya akun rekber / pulber. Sumber : Unsplash


Menggunakan jasa rekber atau pun pulber  dalam bisnis game online cukup aman, karena dapat meminimalisir tindak penipuan. Dengan jasa rekber, seakan-akan memaksa pembeli menjadi pembeli serius yang tidak asal tawar lalu menghilang. Pembeli harus melakukan pembayaran terlebih dahulu jika ingin mendapatkan barang.  Begitu juga dari segi penjual. Pihak penjual tidak dapat kabur membawa uang pembeli karena jasa rekber akan melepas uang ketika pembeli sudah mendapatkan yang yang dipesan sebelumnya.