Peralatan Standar Pemain Game Online ( Gamer ) / Youtuber Permainan Online

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- Banyak hal telah berubah sejak internet dengan kecepatan tinggi kita manfaatkan. Pekerjaan yang dulu tidak ada menjadi ada, dan sebaliknya. Ada pula pdulu dianggap cuma main-main saja, malah sekarang dianggap sebagai profesi. Salah satunya adalah youtuber gaming. 

Tapi, bukan berarti kalau mau main game harus jadi profesi ya. Kamu juga bisa tetap bermain game seperti gamer biasa atau menjadi youtuber game hanya sebagai hobi atau sampingan saja. 

Namun, mau jadi profesi atau sekedar hobi, kamu bisa memulai dengan menyiapkan peralatan standar untuk menjadi youtuber gaming.

Namun bukan berarti bisa asal main "game" sudah pasti jadi cuan ya. Setiap profesi membutuhkan kerja keras dan trik. Untuk menjadi youtuber game yang berhasil maka dibutuhkan syarat, antara lain:
1. Tentukan Jenis Sukses yang Ingin Diraih.
2. Pasang Goal yang Terukur.

3. Temukan Ciri Khas Anda.
4. Rancang Konten yang Menarik.
5. Siapkan Peralatan Yang Diperlukan.
6. Fokus Saat Pembuatan Video.

Nah, jadi peralatan yang memadai juga dibutuhkan ya. Supaya enggak bingung, ini adalah contoh beberapa peralatan youtuber gaming yang wajib dimiliki, dan link dimana kamu bisa membelinya. 



1. Komputer atau Laptop
Ini harus ada ya, soalnya semua aktivitas menjadi youtuber dilakukan di sini, mulai dari proses editing, hingga proses merekam saat kamu bermain gim.

Spesifikasi komputer atau laptop yang disarankan adalah sebagai berikut:
- Intel Core i3 (minimal generasi ke 7) atau Ryzen 1200 ke atas
- RAM minimal 8 gb
- GPU minimal seri 1050  (semakin bagus, semakin cepat proses rendering)
- Hardisdisk minimal 1 tb




2. Mouse

Mungkin ini kelihatan sepele, tapi lama bekerja di depan komputer menggunakan mouse yang bisa membuat tangan cedera. Pastikan mengunakan mouse untuk game supaya kamu nyaman berlatih dan mengedit video. 

Mouse analog game

Tertarik dengan mouse game murah harga 98rb ini ? Bisa dilihat di link di bawah ini :




3. Mikrofon
Peralatan mikrofon sebenarnya tidak wajib. Terutama, jika perangkat penangkap suara di laptop kamu sudah mumpuni. Namun, kalau ingin menghasilkan kualitas suara terbaik untuk video, tidak ada salahnya dibeli. 

Mikropon dengan mixer + stand

Banyak yang menjual mikropon dengan stand. Ada pula yang menjual sekalian dengan mixer sehingga kualitas suara dari video kamu akan semakin bagus. 

INGIN BELI LENGKAP MIXER + MIKROPON + STAND ?



4. Kamera
Kalau peralatan kamera, tentu saja penting. Kualitas gambar video yang memanjakan mata akan membuat nyaman orang yang melihat video kamu. Untuk opsi yang lebih ekonomis, kamu bisa saja membeli webcam. 

Contohnya  Logitech C270  ini .

Logitech C270

Logitech C270 mampu menghasilkan gambar HD 720pixel. Bisa dipakai di laptop dan komputer. Sudah dilengkapi pula dengan mikropon noise cancel untuk mengurangi kebisingan. 

Mau ? Coba cek 



 

5. Perangkat Lunak untuk Mengedit Video dan Gambar
Perangkat lunak untuk proses penyuntingan video adalah hal yang wajib untuk dimiliki. Berikan penonton bagian-bagian terbaik yang kamu rekam. Selain itu, kamu bisa mengatur berbagai aspek yang kamu inginkan di dalam video mulai dari memilih lagu di latar belakang hingga menambahkan meme agar video terlihat lebih menarik. Beberapa perangkat lunak yang bisa mejadi pertimbangan antara lain  Adobe Premiere Pro dan Wondershare Video. 

6. Kacamata anti radiasi

Meski kamu bukan pemakai kacamata, tidak ada salahnya kamu melengkapi diri dengan kaca mata anti radiasi. Terutama saat mengerjakan penyuntingan video dalam waktu lama. Kaca mata ini sudah  banyak dijual di pasaran dengan berbagai model.


Salah satunya foto sebelumnya, dengan model minimalis desain dari korea. Kamu bisa cek dan beli di



7. Headset Gaming
Headset adalah salah satu peralatan menjadi  streaming gamer yang perlu dipertimbangkan.  Pasalnya, akan ada kalanya kamu bermain game secara live streaming bersama youtuber game lainnya.

 




Suara yang terekam terdengar jernih,  akan membuat pengalaman live streaming terasa lebih nyaman.

Salah satunya yang bisa dipertimbangkan adalah Sades G-Power SA-708 bisa dibeli cek di marketplace di bawah ini :




8. Layar Hijau atau Green Screen
Misal saja kamu memang sudah serius, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli layar hijau atau green scren.  Layar hijau bisa membuat tampilan video lebih menarik karena kamu bisa menampilkan video bersama wajah kamu yang “mejeng” di salah satu sudut layar.

Banyak youtuber gaming terkenal juga menggunakan layar hijau yang tentunya membantu penonton untuk melihat reaksi kocak yang sering dia lakukan. Harganya juga tidak terlalu mahal. sekitar 70rb-an.





9. Kursi Gaming yang Nyaman


 

 
Proses merekam video serta editing tentunya memerlukan waktu yang sangat lama. Untuk itu, tidak ada salahnya kamu berinvestasi dengan cara membeli kursi gaming.

Harga kursi gaming Frontline dari Olympy berkisar dari 1,6 juta s/d 2,1 juta