Video WhatsApp Tidak Bisa Dibuka ? Coba Ikuti Solusi Berikut..

#Tags

Pengguna WhatsApp (WA) melaporkan banyak yang pernah mengalami kendala saat menggunakan aplikasi chat tersebut, salah satunya video WhatsApp tidak bisa dibuka atau diputar.

Ketika tidak bisa memutar video, baik itu video di dalam chat maupun story WA, WhatsApp biasanya akan menampilkan keterangan 'Terjadi kesalahan'. Untuk itu, ketahui cara mengatasi video WhatsApp yang tidak bisa dibuka.


Kendala video WhatsApp tidak bisa dibuka dapat terjadi di smartphone apa pun. Biasanya, video WhatsApp tidak bisa diputar disebabkan oleh banyak faktor.



Misalnya, aplikasi yang tengah error, WhatsApp belum update ke versi terbaru, pengaturan WhatsApp yang belum benar, media player bermasalah, atau koneksi internet yang sedang lemot atau tidak stabil.

Berikut solusi yang bisa dicoba untuk memperbaiki ketika aplikasi WhatsApp di gagal memutar video.

1. Cek koneksi internet
Periksa koneksi internet, kuota data, kuota internet, dan WiFi (jika pakai WiFi).

2. Update aplikasi WhatsApp

3. Pastikan kapasitas memori tidak penuh

Ruang penyimpanan atau kapasitas memori internal hp yang penuh juga menyebabkan video di WhatsApp tidak bisa diunduh dan dibuka.

Sebab, konten multimedia seperti gambar, suara, dan video memproduksi sejumlah data yang akan tersimpan ke dalam memori internal.

Internal storage hp yang sudah penuh otomatis akan membuat file baru tidak dapat tersimpan. Jika demikian, disarankan hapus berkas media yang tidak digunakan, seperti aplikasi, dokumen, foto, dan video yang tidak diperlukan.



4. Hapus cache WhatsApp

Menghapus cache bertujuan untuk menghapus bug dan crash di WhatsApp sehingga kinerja aplikasi menjadi ringan. Aplikasi yang tadinya error dapat berfungsi normal.

Akan tetapi, sebelum mencoba cara hapus cacha WA ini pastikan melakukan back up data atau pencadangan sebagai antisipasi semua data yang hilang karena sistem aplikasi akan memulai ulang dari awal.


  1. Buka menu Pengaturan di Hp Anda
  2. Pilih opsi Aplikasi atau App management, kemudian pilih daftar aplikasi
  3. Cari aplikasi WhatsApp, lalu klik
  4. Selanjutnya, buka Penyimpanan atau Storage usage
  5. Klik Clear data dan Clear cache
  6. Kemudian, coba restart Hp Anda dan buka aplikasi WhatsApp lalu login kembali seperti biasa.


Cara ini bisa Anda lakukan jika sebelumnya tidak berhasil menyelesaikan masalah tidak bisa memutar dan membuka video di WhatsApp.

5. Instal ulang WhatsApp

Menginstal ulang aplikasi WhatsApp juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi beragam masalah error termasu memperbaiki video WhatsApp yang tidak bisa dibuka.

Sama seperti sebelumnya, jika ada data penting di WhatsApp Anda disarankan mencadangkan data sebelum melakukan reinstall.

Caranya, Anda hapus atau uninstall aplikasi WhatsApp yang ada. Selanjutnya, buka Playstore dan unduh kembali WhatsApp.