TIPS MEMILIH JAS HUJAN DAN 10 CONTOH JAS HUJAN DI PASARAN + HARGA JAS HUJAN

#Tags

Tinggal di kawasan Bogor sudah biasa dengan kondisi hujan yang lebih tinggi daripada daerah sekitarnya. Di musim hujan, ada baiknya warga Bogor mempersiapkan diri. Dengan kondisi cuaca yang berubah-ubah, kesehatan bisa menurun. Karena itu siapkan diri dengan makanan dan minuman yang bergizi, istirahat yang cukup, dan tentu saja mempersiapkan payung dan jas hujan supaya tidak basah terkena hujan.  


Jika hanya berjalan bisa menggunakan payung saja atau jas hujan. Namun jika hendak mengendarai kendaraan seperti sepeda atau sepeda motor, maka sudah harus tentu menggunakan jas hujan.

Memilih jas hujan juga tidak mudah. Ada banyak merek di pasaran, ada banyak bahan pembuatan, kenyamanan bahan, model serta aktivitas yang akan dijalani menggunakan jas hujan tersebut.

TIPS MEMILIH JAS HUJAN

Bereiku ini adalah poin-poin apa saja yang harus diperhatikan dari memilih jas hujan.

1. Tahan air
Ini jelas wajib.

2. Resistansi Air
Resistansi air merupakan kemampuan bahan jas hujan dalam menahan rembesan air. Jika harus berjaga-jaga menghadapi hujan lebat, maka pilihlah jas hujan dengan bahan resistansi air 20.000 mm. Jika biasa-biasa saja maka angka 10.000 mm sudah cukup.

Tingkat waterproof dari bahan jas hujan bisa dilihat dari resistansi terhadap tekanan air. Tekanan terhadap air mengacu pada kemampuan bahan menahan air agar tidak merembes masuk ke dalam jas hujan. Makin tinggi resistansi terhadap tekanan air setiap produk, makin baik produk tersebut menghalau rembesan air.


3. Jas hujan dengan material water-repellent

Water repellent maksudnya adalahh bahan yang mampu menolak air. Seperti air di daun talas, seperti itulah kira-kira.

Tidak setiap bahan yang tidak menyerap air itu punya daya menolak air. Jika bahan waterproof akan membuat jas hujan tidak menyerap air, bahan water-repellent akan membuat air yang jatuh di permukaan jas hujan lewat begitu saja. JIka tidak bisa menolak air dengan baik, kadang perlu menggoyangkan atau menggoncakna jas hujan supaya air yang melekat jatuh.

Material dengan water-repellent yang baik juga punya kelebihan lain, yaitu mudah dibersihkan.

Tapi fitur ini sebisa mungkin juga melupakan faktor yang dibicarakan sebelumnya yaitu kemampuan untuk tidak menyerap air.



4. Jas hujan dengan daya serap kelembapan yang tinggi
Jas hujan merupakan benda yang mudah basah di bagian dalamnya. Hal ini karena panas tubuh terperangkap di dalam. Panas yang teperangkap membuat badan lebih berkeringat dan gerah, dan kelembapan di dalam menjadi tinggi. Ini salah satu ketidaknyamanan dalam menggunakan jas hujan.

Sangat disarankan memilih jas hujan dengan material dalam memiliki tingkat permeabilitas (daya serap atau kemampuan cepat kering) yang tinggi. Anda akan merasa nyaman jika tingkat daya serap atau kemampuan mengeluarkan sisa air paling sedikit 5.000 gr/㎡ atau 8.000 gr/㎡ dalam waktu 24 jam.

Salah satu bahan jas hujan yang memiliki daya serap kelembapan yang tinggi adalah Gore-Tex. Bahan ini tidak disarankan dikenakan saat cuaca panas karena karakteristiknya yang mengubah udara panas menjadi dingin. Saat cuaca panas, sebaiknya Anda memakai jas hujan dari bahan lain.

5 Bahan Jas Hujan
Ada bberbagai jenis bahan digunakan untuk membuat jas hujan, yang disesuaikan dengan tujuan dan fitu utamanya.
- Jas hujan bahan vynil : waterproof, pilihlah produk berbahan vinil.
- Jas hujan bahan nylon dan polyester : cocok untuk yang dipakai untuk kegiatan yang harus bergerak, karena ringan. Sayangnya, air akan merembes dalam waktu lama.
- Jas hujan bahan PVC atau EVA : punya ketahanan air yang baik, tapi berat jenisnya berat.

6. Sesuaikan Ukuran Badan
Sesuaikan ukuran jas hujan dengan tubuh, bukan hanya mengukur tinggi badan, tapi juga ukuran pinggang dan perut. Sangat disarankan menggunakan ukuran yang lebih longgar daripada ukuran sehari-hari.


7. Desain / Model Jas Hujan
Ada berbagai macam jenis model jas hujan. Sesuaikan dengan tujuan pemakaian dan aktivitasnya.
- Jas hujan model ponco

Jas hujan ponco. Sumber :  Katya Austin on Unsplash

Jas hujan model ponco mudah dipakai, bisa dipakai wanita dan anak-anak.
Jas hujan didesain beragam dengan bermacam-macam fungsi. Pilihlah produk yang sesuai dengan tujuan pemakaian Anda. Sayangnya, jas hujan ponco  kurang cocok dikenakan saat hujan lebat atau hujan berkepanjangan.

- Jas hujan Breathable
Jas hujan breathable maksudnya adalah jas hujan bersirkulasi udara baik. Sehingga Anda merasa nyaman dan tidak merasa gerah atau lembab. Jas hujan model ini cocok untuk kegiatan outdoor dan olahraga.  Sangat disarankan memilih jas hujan meodel ini, dimana bagian leher dan ujung celana jas hujan dilengkapi dengan perekat velcro.


8. Desain Jas Hujan  Aman Untuk Aktivitas Pengendara motor atau Sepeda
Jika Anda harus menggunakan jas hujan saat berkendara motor atau sepeda, pilihlah desain setelan yang bagian atas dan bawahnya terpisah.

Pilihan warna mencolok sangat direkomendasikan, sehingga mudah terlihat saat malam atau kondisi cuaca sangat mendung.

Untuk pengendara sepeda, penting memilih jas hujan dengan material yang memiliki tingkat daya serap yang tinggi. Hal ini agar jas hujan cepat kering dan tidak lembap karena Anda mungkin berkeringat saat mengayuh sepeda.

9. Jas hujan Yang Mudah Dibawa
Jika Anda membawa jas hujan untuk berjaga-jaga, ada baiknya Anda memiliki produk yang praktis dan ringkas.

 Itu adalah beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih dan membeli jas hujan. Jika sudah selesai beraktifitas, jas hujan jangan langsung disimpan, tapi dibersihkan dan diangin-anginkan dulu supaya tidak berjamur.  Punya jas hujan cadangan juga sangat disarankan. 

Menyimpan jas hujan. SUmber :  Katya Austin on Unsplash


CONTOH  JAS HUJAN DI PASARAN  + HARGA JAS HUJAN

Berikut ini adalah 10 contoh jas hujan/ jaket hujan di pasaran. Kami pilihkan jas hujan yang akan dipakai dalam kondisi naik gunung/ trekking dan berkendara.

 1. Jas hujan Spyder Consina

Harga jas hujan Spyder Consina --mulai  Rp. 395.000,-


 

Ketika mendaki gunung saat musim hujan, penggunaan mantel jenis ponco sebaiknya dihindari. Hal ini karena mantel jenis ponco mudah tersangkut ranting atau bebatuan, serta karena bahan tebalnya yang tidak bisa mengeluarkan panas tubuh sehingga dapat membuat gerah walaupun sedang hujan deras.


Bentuk mantel yang ideal untuk menghadapi hujan di gunung adalah model pakaian, yaitu baju dan celana. Salah satu produk memenuhi perlindungan dari hujan saat ada di gunung adalah Consina Spyder Seal. Bahan yang digunakan adalah bahan yang tipis namun kuat sehingga ringan, serta mempermudah ruang gerak ketika sedang menghadapi hujan di gunung.


Jika jas hujan ini terlipat juga lumayan kecil, jadi tidak terlalu memakan banyak tempat ketika dimasukkan ke dalam tas carrier. Jas hujan ini juga memiliki saku yang cukup aman dari guyuran air hujan.

 2.Jas Hujan GMA 2 Rubber

Harga jas hujanGMA 2 Rubber --mulai  Rp.120.000,-

 


 

Jas hujan ini memiliki bahan yang tebal dan nyaman dipakai. Namun, jas hujan ini tidak memakan banyak tempat sehingga praktis dibawa dalam tas ransel. Ada beberapa jas hujan dengan bahan yang lebih tipis dan hanya sekali pakai. Akan tetapi, jas hujan dengan bahan tebal bisa dijadikan sebagai penghangat tambahan. Caranya, kalian tinggal memakai jas hujan ini sebelum memakai jaket. Alhasil, kalian akan tetap hangat walau dalam suhu yang sangat dingin..

Bahan dasar terbuat dari Karet, air hujan tidak akan  tembus . Bahan kuat tidak mudah sobek, elastis dan nyaman dipakai.

3. Jas Hujan dari Acold - Raintol

Harga Jas Hujan dari Acold - Raintol, mulai dari Rp 270.000,-

 


 

Sebagai langkah perlindungan terhadap hujan,  Acold Raintol  bisa jadi pilihan. Produk ini terdiri dari jaket dan celana.

Acold Raintol terbuat dari kain taslan balon yang tahan air dan kuat. Saat dipakai, raincoat ini tidak terasa gerah dan berat. Karenanya, pengguna masih bisa bergerak lincah meski di bawah guyuran hujan. Saat hujan tiba-tiba reda, tetap bisa memakai raincoat ini hingga kering tanpa merasa gerah. Asyiknya lagi, raincoat ini dapat dilipat menjadi tas kecil yang bisa ditenteng atau dimasukkan ke dalam ransel.

 4. Jas Hujan Axio


 Harga Jas Hujan Axio, mulai dari Rp 210.000,-

Dengan lapisan spotlight yang dapat menyala pada malam hari, produk ini pas untuk Anda yang sering mengendarai sepeda motor pada malam hari. Di bagian punggung, dada, dan lengan terdapat lapisan spotlight yang menyala dalam gelap sebagai tanda bagi pengendara motor lainnya. Air pun tak akan merembes masuk karena produk ini dijahit dengan model full seam seal yang kuat.

 

5. Jas Hujan / Jaket Hujan Respiro The Challenger R2

 Harga Jas Hujan / Jaket Hujan Respiro The Challenger R2, mulai dari Rp 280.000,-


 

Sepuluh tahun dedikasi Respiro di bidang apparel pengendara roda dua menghasilkan data riset yang relevan dan tepat guna untuk mendampingi aktivitas pengendara Indonesia di segala kondisi dan cuaca. Salah satunya adalah jas hujan.

Jika memakai jas hujan ini, Anda tetap bisa beraktivitas meskipun harus menembus hujan. Pakaian Anda di dalam tidak akan basah berkat daya ketahanan airnya yang tinggi.
Fiturnya sbb:
100% water proof
Dibuat dari material yang dirancang agar tahan lama
Double placket zipper dilengkapi velcro dan water stopper menjamin ketahanan air yang lebih mantap
Jahitan dilapis dan anti tembus
Reflective panels untuk memastikan keamanan pengendara
Pergelangan tangan yang mudah diatur

6. Jas Hujan / Jaket Hujan Gore-Tex Raincoat


  

 Harga Jas Hujan / Jaket Hujan Gore-Tex Raincoat, mulai dari Rp 280.000,-

 Anda ingin tetap merasa hangat saat mendaki gunung? Kami sarankan untuk memakai produk ini. Dibuat dari bahan Gore-Tex berkualitas, jas hujan ini mampu menjaga badan Anda tetap hangat karena sifat bahannya yang mengikat panas. Anda akan tetap merasa nyaman naik gunung atau camping saat cuaca buruk sekalipun.

Meski hangat, jas hujan ini tidak akan membuat anda gerah, hal ini karena sirkulasi udara dan penyerapan kelembaban yang cukup baik. 


7. Jas Hujan Givi RRS01R

 Harga Jas Hujan / Jaket Hujan Givi RRS01R2, mulai dari Rp 450.000,-


 

Jas Hujan Givi RRS01R ini unik. hal ini karena Anda tak perlu khawatir salah ukuran. Bagi Anda yang berbadan kurus, bahkan plus size, jas hujan ini ideal untuk Anda. Bagian perutnya dilengkapi tali pinggang elastis yang bisa menyesuaikan bentuk tubuh. Dengan perekat velcro, jas hujan ini juga dapat membungkus tubuh Anda secara rapat.


8. Jas Hujan Eiger Jacket Riding Rexon Rainsuit

 Harga Jas Hujan / Jaket Hujan Eiger Jacket Riding Rexon Rainsui, mulai dari Rp 450.000,-


 
Eiger mengeluarkan jas hujan yang akan menjaga tubuh Anda tetap kering saat digunakan menerjang hujan yang sangat deras. Jas hujan Eiger Riding Rexon Rainsuit, ini terbagi atas dua bagian terpisah dengan warna hitam yang terlihat modern. Eiger Riding Rexon Rainsuit meerupakan jaket hujan dengan kualitas tinggi dan waterproof. Produk ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang setiap harinya bekerja menggunakan motor.

Menggunakan Material Polyester Waterproof PVC Coating
 

9. Jas Hujan Yamaha Rainsuit

 Harga Jas Hujan / Jaket Hujan Yamaha RainSuit, mulai dari Rp 650.000,-


 

 

Jika prakiraan cuaca memprediksi hari ini akan turun hujan yang lebat, Anda bisa berjaga-jaga membawa produk ini. Produk yang dikeluarkan oleh Yamaha ini disesuaikan untuk pengendara motor, dengan tingkat resistansi tekanan air yang cukup tinggi yaitu 15.000 MM menjadikan produk ini kuat menahan rembesan air hujan. Sirkulasi udara di dalam pun baik berkat bahan breathable 4.000 mg.

 

9. Jas Hujan Motor Skotlight

 Harga Jas Hujan Motor Skotlight, mulai dari Rp178.000,-



 

 Jas Hujan Motor Skotlight dari Winpu ini didesain untuk Anda yang harus keluar saat cuaca buruk. Berbahan polyester yang ringan, produk ini praktis dibawa-bawa untuk berjaga-jaga di musim hujan.

Dilengkapi scotchlight, Anda pun bisa berkendara motor dengan aman dan terlihat saat gelap. Jas hujan ini juga dilengkapi pelindung mata sehingga Anda bisa tetap beraktivitas di luar ruangan meskipun hujan turun.