Cara Membuat Surat Pengalaman Kerja / Paklaring dan Contoh Surat Pengalaman Kerja / Paklaring

#Tags

 Di antara pemburu informasi loker Bogor, tentu saja bukan hanya yang baru lulus (fresh graduate) saja. Ada pula yang sudah malang-melintang di dunia kerja masih berharap ada kesempatan mendapatkan pekerjaan impian. Saat pekerjaan yang diinginkan muncul di salah satu loker Bogor, mungkin langsung melamar. Supaya makin yakin, bisa menambahkan surat pengalaman kerja. 

 


Yang sudah kerja tentu tak asing dengan jenis surat satu ini. Surat pengalaman kerja atau paklaring biasanya diselipkan oleh para pencari kerja untuk membuat resume tampak lebih meyakinkan saat mereka melamar pada profesi baru. Ada fungsi lain dari surat ini, nanti bisa dibaca di bawah.

Jadi, Apa Itu Surat Pengalaman Kerja?

Surat pengalaman kerja adalah dokumen yang menunjukkan bahwa seseorang pernah memiliki pengalaman bekerja pada sebuah perusahaan di posisi tertentu. Isi dari dokumen itu menjelaskan tentang jenjang karier, mulai dari awal masa bekerja sampai masa akhir kerja.

Umumnya, surat ini digunakan sebagai syarat lampiran berkas atau dokumen saat mendaftar atau melamar pekerjaan di perusahaan baru. Bahkan, beberapa perusahaan rintisan menjadikan surat ini sebagai syarat bagi calon pekerja saat melamar pekerjaan untuk menunjukkan bukti pernah bekerja.


Syarat Membuat Paklaring

Sebelum menerbitkan surat paklaring, beberapa syarat berikut ini mesti dipenuhi oleh karyawan:

Mengundurkan diri dengan baik-baik. Pastikan untuk mengakhiri masa kerja dengan kesan yang positif agar bisa memperoleh dokumen ini.

Lama kerja minimal satu tahun. Umumnya, untuk bisa memperoleh dokumen surat pengalaman kerja, karyawan harus memiliki masa kontrak kerja paling sedikit 1 tahun di suatu perusahaan. Jadi, pastikan masa kerjamu lebih dari satu tahun agar bisa memperoleh surat ini.

Telah memenuhi semua kewajiban kerja. Dengan telah memenuhi dan menyelesaikan syarat serta kewajiban kerja, karyawan dapat meninggalkan kesan yang baik pada perusahaan yang ditinggalkannya. Dan tentunya, surat pengalaman kerja dengan informasi positif pun akan lebih mudah diperoleh.

Membuat surat pengalaman kerja. Sumber : Christin Hume on Unsplash

Fungsi Surat Pengalaman Kerja

Seperti yang dijelaskan di atas, surat ini bukan hanya untuk mempermulus prosesmu melamar pekerjaan baru. Dokumen ini juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan, semisal:

- Mengurus pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan. 

Usahakan memiliki surat paklaring yang telah dilegalisir sebagai pengganti surat keterangan bekerja.


- Melamar pekerjaan selanjutnya. 

Kendati tidak semua profesi membutuhkan dokumen semacam ini, tetapi jika kamu melamar untuk posisi supervisor, kamu tampaknya akan memerlukan surat paklaring ini. Karena itu, jangan hilangkan kesempatan kerja di jabatan yang tinggi hanya karena tidak memiliki surat paklaring.


- Memperoleh beasiswa melalui jalur profesional. 

Surat pengalaman kerja konon bisa mempermulus kesempatanmu untuk memperoleh beasiswa melalui jalur profesional. Bahkan, calon penerima beasiswa juga bisa mengurus untuk penerbitan surat rekomendasi dari atasan.
- Mengajukan pinjaman bank dan kartu kredit. 

Surat paklaring dapat menjadi bukti calon debitur memiliki penghasilan tetap dengan nominal tertentu. Ini juga berlaku bila kamu ingin mengajukan kartu kredit. Bank dapat mengetahui kemampuan finansialmu dengan melihat surat paklaring tersebut.


Cara Membuat Paklaring / Surat Pengalaman Kerja

Surat pengalaman kerja atau paklaring dibuat oleh perusahaan melalui personalia, tidak oleh karyawan sendiri. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan:
- Data diri karyawan bersangkutan dituliskan dengan jelas, termasuk pencantuman posisi karyawan di perusahaan
- Informasi berapa lama karyawan yang bersangkutan bekerja di perusahaan
- Mencantumkan keterangan tentang kelebihan, kinerja, dan prestasi karyawan secara jelas

Berikut ini standar struktur surat pengalaman kerja:
- Bagian kepala surat. Dalam surat, bagian ini berisi identitas lembaga atau institusi, logo atau alamat, nomor telepon, dan alamat surel.
-  Bagian badan surat. Pada badan surat, isikan keterangan berikut ini: judul dan nomor surat, identitas pihak yang memberikan keterangan, identitas orang yang meminta keterangan, penjelasan atau keterangan pengalaman.
-  Bagian penutup. Bagian personalia perusahaan perlu memberikan keterangan pengalaman kerja ini dengan dibubuhi tanda tangan dan stempel perusahaan.

Contoh Surat Pengalaman Kerja / Paklaring

Sebenarnya personalia perusahaan tentu sudah menyediakan template standar untuk surat pengalaman kerja, berikut ini contoh standar penulisan surat yang dapat kamu sesuaikan atau bandingkan:

PT….(Kop Surat)

Jl….

No Telp….


 

Surat Pengalaman Kerja


No….


 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                            :

Jabatan                            :

Menyatakan bahwa    :

 Nama        :

Jabatan        :

Merupakan karyawan PT … sejak …. s/d ….. Dengan jabatan sebagai ….. .

Dalam kurun waktu …., prestasi ….. (nama karyawan) sangat memuaskan. Hal ini dibuktikan dengan dedikasi dan tanggung jawab dalam menerima tugas. Kami berharap … (nama karyawan) dapat menemukan kesuksesannya di kemudian hari.

Demikian surat pengalaman kerja ini dibuat dengan sebenarnya, untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

….. , …..

Kepala HRD,

 

……………..

Demikian, contoh surat paklaring / surat pengalaman kerja. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi warga Bogor.. 

 Oh ya, memang hingga saat ini, peraturan terkait surat pengalaman kerja tidak disebutkan secara jelas. Namun, semestinya surat ini sudah masuk dalam perjanjian awal kerja. Pastikan kamu memenuhi hakmu untuk meminta terbitnya surat ini. Untuk contoh surat perjanjian kerja sederhana bisa warga Bogor cek di artikel Contoh Surat Kontrak Kerja Atau Perjanjian Kerja Sederhana