Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja / Interview Kerja

#Tags

 Mencari pekerjaan saat bukan hal yang mudah. Menyusuri pengumuman loker di Bogor, Jakarta, Tangerang, dan kota-kota lain sama saja. Fresh graduate dari perguruan tinggi yang mana saja bertarung untuk posisi yang sama. Belum lagi usaha mencoba lagi dari rekan-rekan yang sebenarnya sudah sempat bekerja.

Itu sebabnya ketika berhasil melewati serangkaian test, dan tiba di test wawancara atau interview adalah pencapaian juga. Bagi fresh graduate, wawancara pekerjaan adalah hal perdana yang baru dilakukan karena sebelumnya belum punya pengalaman bekerja. Tapi fresh graduate atau sudah berpengalaman, sama sulitnya. 

Wawancara Kerja. Sumber :  Christina @ wocintechchat.com on Unsplash



Peserta wawancara harus bisa jawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam wawancara dengan tepat. Jangan sampai jawaban yang diberikan justru memberikan penilaian buruk untuk diri sendiri.

Saat interview berlangsung kamu mungkin merasa gugup hingga jawabanmu jadi tidak jelas. Apalagi tidak ada persiapan sebelumnya. Berikut ini adalah contoh beberapa pertanya-pertanyaan yang barangkali bisa diajukan dalam wawancara pekerjaan / interview.Jika sudah tahu kira-kira pertanyaan yang muncul, mungkin kamu mempersiapkan jawaban-jawaban utama sebelumnya. Tidak ada jaminan bahwa ini pasti berhasil, tapi setidaknya sudah berusaha. Berikut ini berbagai pertanyaan interview yang bisa jadi pertimbangan dan dipelajari.


Pertanyaan-pertanyaan saat wawancara kerja / interview kerja

1. Jelaskan Mengenai diri Anda!
Dalam menjawab pertanyaan ini, yang harus kamu lakukan adalah menjelaskan tentang diri Anda, mulai dari nama, lulusan dari Universitas mana dan jurusan apa, lahir kapan, tinggal dimana.

Untuk tambahan kamu bisa ceritakan sedikit pengalaman kamu yang berhubungan dengan bidang yang akan kamu ambil pada perusahaan tersebut. Pengalaman yang kamu sebutkan disini tidak harus pengalaman saat kamu bekerja di perusahaan, boleh sebutkan pengalaman kamu saat di perkuliahan atau pengalaman lain.

Nah, sekali lagi yang terpenting pengalamannya tetap berhubungan sama bidang ya, hal ini bisa jadi pertimbangan utama bagi pihak perekrut.

2. Mengapa Anda Ingin Bekerja di Sini?
Mungkin banyak yang yang mengatakan bahwa berikanlah jawaban yang jujur. Tapi jika semua jujur, sebagian besar akan menjawab karena butuh uang. Pertimbangkanlah, dan bijaksanalah dalam menjawabnya.

Berikan alasan yang paling mendasari kenapa kamu tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut. Jika kamu menjelaskan ketertarikan kamu karena perusahaan tersebut adalah perusahaan yang punya (penghargaan) banyak di Indonesia, terkenal, atau lumayan dikenal di bidang yang kamu tahu, dan  jangan lupa untuk sebutkan kalau kamu juga ingin menjadi bagian di dalamnya dan siap untuk memberikan yang terbaik untuk kemajuan perusahaan .


3. Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Ini?

Sebelum wawancara dilakukan, kamu harus membaca-baca mengenai perusahaan yang ingin kamu lamar. Kapan perusahaan itu berdiri, siapa CEO dari perusahaan tersebut, pekerjaan itu bergerak di bidang apa, dan hal-hal lain seperti penghargaan yang sudah perusahaan  tersebut dapatkan (jika ada).

Untuk mengetahui hal-hal ini mudah kok, kamu tinggal cari di website perusahaan yang akan kamu lamar dan bisa cari juga dari pemberitaan-pemberitaan baik itu online atau media konvensional.


4. Apa Kelebihan Anda?

Kamu boleh menjawabnya dengan jawaban, kamu adalah orang yang mau belajar, pantang menyerah, mudah beradaptasi, pekerja keras, selalu on time dan  banyak hal positif lainnya tentang Anda.

Hindari jawaban yang sebenarnya tidak ada pada diri kamu dan tidak mampu kamu lakukan. Tetap realistis.

5. Apa Kekurangan Anda?
Jangan menjawab pertanyaan ini dengan “saya itu orangnya egois” atau “saya itu orangnya gak bisa diem”. Jawablah dengan kekurangan kamu tapi disertai dengan cara kamu dalam menangani kekurangan kamu itu.

Contohnya, “Saya termasuk orang yang bisa dibilang "agak pelupa", karena itu saya selalu membawa catatan kecil dan mencatat hal-hal yang harus saya lakukan di catatan tersebut.”


6. Ceritakan Mengenai Pengalaman Anda Sebelumnya?
Jika Anda fresh graduate, bisa menyebutkan pengalaman organisasi yang kamu miliki selama berkuliah, serta menyebutkan peranan serta tugas dan tanggung jawab apa saja yang kamu emban selama berada dalam organisasi tersebut.

Pengalaman magang, atau pekerjaan lepas juga bisa disebutkan.

Jika sudah pernah punya pengalaman kerja,  pastikan kamu telah mencari tahu sebelumnya, apa saja tugas dan tanggung jawab secara umum yang akan diberikan pada posisi yang kamu pilih.  Setelahnya kamu mengurutkan kembali apa saja pengalaman kamu yang berhubungan dengan posisi yang kamu pilih tersebut.

Jika mempunya portofolio dan berhubungan bekerjaan yang dilamar, maka akan sangat membantu jika sudah dipersiapkan.


7. Mengapa Kamu Memilih Posisi Tersebut?
Pastikantelah menyiapkan jawaban terbaik alasan memilih posisi tersebut. Jawaban ini bisa kamu kaitkan dengan pengalaman kamu sebelumnya dibidang itu, selain itu kamu juga bisa menjelaskan kemampuan kamu yang paling relevan dengan kebutuhan akan posisi tersebut.

Jawaban kamu harus tampak menjual dan meyakinkan, bahwa kamu memilih posisi tersebut karena telah mengetahui dan memahami apa yang akan kamu kerjakan, sehingga tampak bahwa kamu telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk posisi tersebut.


8.  Apa Rencana Kamu 5 Tahun ke Depan?
Bila memang memiliki rencana pribadi seperti ingin bekerja hanya selama setahun lalu keluar dari perusahaan tersebut, kamu tidak perlu menyebutnya secara gamblang.  Kamu bisa menyebutkan bahwa, kamu ingin bertumbuh dan berkontribusi dengan baik pada perusahaan tersebut, agar mereka yakin akan keseriusan kamu saat melamar


9. Ceritakan Bagaimana Gaya Bekerja Anda?
Jawaban ini bisa dijawab dengan mempertimbangkan posisi yangdipilih. Gaya bekerja yang mampu beradaptasi dengan baik dalam tim pasti akan membantu proses pekerjaan jadi lebih efektif dan baik.

Anda juga bisa mempertimbangkan jawaban lainnya yang bisa kamu jawab sesuai dengan kebutuhan dari posisi tersebut, pastikan bahwa jawaban yang akan mendukung posisi yang dilamar.


10. Apakah Anda Pernah Mendapat Masalah dalam Bekerja? Bagaimana Anda Mengatasinya?

Jika Anda baru lulus, maka bisa dijawab dengan masalah saat magang, atau berorganisasi.

Jika sudah mempunyai pengalaman kerja, bisa dijawab juga masalah yang pernah dihadapi saat bekerja.

Masalah apa pun yang akan dikemukakan untuk menjawah pertanyaan ini, tidak perlu kamu jawab secara terbuka dan gamblang. Bijaksanalah dan menyusun jawabannya. Jangan sampai menjelek-jelekkan orang lain. Setelahnya kamu bisa merangkai solusi yang kamu lakukan saat itu. Pastikan juga bahwa masalah tersebut tidak hanya tergantung, tapi bisa diselesaikan dengan baik.

Jawab dengan menyebutkan peranan serta apa yang kamu lakukan dalam mengatasi kendala tersebut, maka perusahaan dapat melihat bagaimana kemampuan kamu dalam menyelesaikan masalah. 

BACA JUGA :

11 Berkas Yang Harus Dipersiapkan Untuk Lamaran Kerja Loker Bogor
9 CONTOH SURAT LAMARAN - SILAHKAN DICOPY SECARA BEBAS
Contoh Daftar Riwayat Hidup Dan Daftar Template CV Kreatif 

 

Setelah mengetahui sepuluh pertanyaan yang akan ditanyakan pada saat wawancara,  berlatih menyusun dan berbicara dengan baik, diharapkan bisa lebih percaya diri saat wawancara. Rasa gugup tentu pasti ada, tapi jangan membiarkan rasa gugup tersebut mempengaruhi kamu dan mengacaukan kamu untuk meraih cita-cita serta pekerjaan impian kamu.

Jangan lupa persiapkan diri mulai dari pakaian dan kesehatan agar proses wawancara pekerjaan/ interview berjalan dengan baik.


Info Lowongan Kerja Bogor