11 Berkas Yang Harus Dipersiapkan Untuk Lamaran Kerja

#Tags

Berkas lamaran kerja adalah hal terpenting yang harus dipersiapkan bagi kamu yang akan melamar pekerjaan karena di dalamnya terdapat segala macam dokumen yang menjadi persyaratan sehingga jangan sampai ada yang terlewat. Apakah Bogorian sudah tahu berkas lamaran kerja apa saja yang harus kamu siapkan? Jangan sampai begitu ada loker di Bogor yang menjadi diinginkan, malah gagal karena berkas tidak lengkap. 



Berkas lamaran kerja yang lengkap akan memudahkan tim HR dalam melakukan seleksi calon pegawai baru. Apabila sesuai kriteria, kamu akan cepat dipanggil guna memulai tahap selanjutnya seperti wawancara kerja. Sangat disaranakn berkas untuk lamaran kerja tersebut bisa diersiapkan jauh-jauh hari.

Ini bukan hanya untuk yang fresh graduate (baru lulus), yang masih mencari meski sudah bekerja juga disarankan mempersiapkan diri. Cek berkas apa saja yang dibutuhkan untuk lamaran kerja jika ada  lowongan kerja di Bogor atau tempat lain.

>
1. Surat Lamaran
Berkas lamaran kerja yang sangat vital bagi seorang pencari kerja adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran ini salah satu berkas yang tidak boleh kamu lewatkan, lo.
Dalam surat lamaran ini biasanya memaparkan tentang maksud dan tujuan kamu serta informasi ringan mengenai identitas diri.  Jika membutuhkan contoh surat lamaran kerja bisa cek  9 CONTOH SURAT LAMARAN - SILAHKAN DICOPY SECARA BEBAS

2. Curriculum Vitae (CV)
Selain surat lamaran kerja, berkas yang juga tak boleh kamu lewatkan adalah curriculum vitae (CV) yakni daftar riwayat hidup yang berisi mengenai calon pelamar.  CV ini berisi nama lengkap, alamat email, telepon, riwayat pendidikan, pengalaman kerja dan organisasi serta skill yang dimiliki.

Jika membutuhkan contoh / template CV bisa cek  Contoh Daftar Riwayat Hidup Dan Daftar Template CV Kreatif


3. Portofolio
Bagi kamu yang mempunyai pengalaman kerja ada baiknya mempersiapkan portofolio dengan baik. Ada banyak cara membuat dan contoh portofolio yang bisa kamu tiru.
Portofolio ini bisa jadi acuan bagi tim HR untuk menyeleksi calon pegawai baru.

4. Fotokopi Ijazah
Berkas lamaran kerja selanjutnya adalah fotokopi ijazah serta transkrip nilai. Ini sebagai keabsahan bahwa kamu benar-benar pernah kuliah di Universitas yang kamu tulis di CV serta prestasi akademik yang ada sesuai dengan apa yang diakui pihak kampus.

5. Fotokopi KTP
Berkas lamaran kerja selanjutnya adalah fotokopi KTP dan Kartu Keluarga (KK).
Berkas yang satu ini harus kamu siapkan terlebih jika kamu sudah mencapai beberapa tahap dalam proses melamar pekerjaan. Untuk KTP barangkali banyak diminta, namun untuk KK, dipersiapkan saja, siapa tahu dibutuhkan.



6. Pas Foto Terbaru
Pas foto terbaru berukuran 3×4 dan 4×6. Siapkan stok sebanyak mungkin sesuai rencana kamu melamar pekerjaan secara offline.
Jika kamu melamar secara online, cukup sertakan file digitalnya dengan resolusi yang baik.

7. Sertifikat

Jika ertifikat atau piagam penghargaan,  bisa dimasukkan ke dalam berkas lamaran kerja.  Salah satunya adalah bahasa Inggris (TOEFL atau IELTS) dan pendidikan informal lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menyertakan piagam penghargaan atas prestasi yang pernah diraih sepanjang hal tersebut relevan dengan dunia pekerjaan.


8. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
Ada baiknya menyiapkan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) sebagai antisipasi kebutuhan saat melamar kerja.
Jika kamu sudah memilikinya, ada baiknya cek kembali apakah SKCK tersebut masih berlaku atau tidak. Biasanya SKCK berlaku 6 (enam) bulan sejak dikeluarkan. Setelah itu
harus diperbaharui kembali.  Kamu bisa melakukan perpanjangan di kantor kepolisian dengan syarat perpanjang SKCK yang cukup mudah.

Jika belum pernah mengurus SKCK, barangkali bisa melihat artikel SKCK : Arti, Prosedur Membuat SKCK, Syarat Membuat SKCK dan Cara Memperpanjang SKCK


9. Fotokopi Surat Pengalaman Kerja/Referensi Kerja
Bagi kamu yang memiliki pengalaman kerja ada baiknya menyiapkan surat keterangan pengalaman kerja atau surat referensi kerja. Ini merupakan berkas lamaran kerja yang dapat mendukung saat kamu melamar pekerjaan.


10. Fotokopi Surat Keterangan Sehat

Di tengah pandemi Covid-19, ada baiknya bila kamu membuat surat keterangan sehat. Surat semacam ini biasanya dibutuhkan pada beberapa tahap proses rekrutmen calon pegawai. Namun, hal ini tergantung dari perusahaan tersebut sehingga bersifat opsional. Selain itu ada juga diminta surat keterangan vaksin covid-19 yang bisa diunduh dari pedulilindungi, dan satu lagi rapid test antigen. Untuk rapidtest antigen biasanya akan diminta jika sudah harus bertemu saat sesi wawancara.


11. Formulir dari Perusahaan
Biasanya, formulir isian seperti ini sudah dipersiapkan oleh perusahaan yang kamu lamar. Namun, tidak semua perusahaan memiliki prosedur semacam ini.
Untuk itu, ada baiknya mengecek kembali apakah perusahaan tersebut memiliki format sendiri atau tidak. Informasi yang biasanya harus diisi adalah nama lengkap, nilai IPK, riwayat pekerjaan hingga ekspektasi gaji.