UKURAN KTP DAN CARA MENCETAK KTP DI WORD

#Tags

KTP adalah  Kartu Tanda Penduduk, kartu ini adalah identitas resmi yang dapat dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia (WNI) dan warga negara Asing (WNA) yang memiliki surat izin menetap berusia diatas 17 tahun.

KTP di Indonesia sudah mulai berbasis elektronik sehingga disebut juga e-KTP, dengan beberapa keunggulan diantaranya adalah kartu ini berlaku secara nasional sehingga dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti, pembukaan rekening bank, pengurusan izin dll.

Ilustrasi KTP



e-KTP  pun memiliki sistem basis data terpusat dan dilengkapi teknologi tertentu untuk menghindari adanya double data kependudukan, hal ini bermanfaat agar seseorang tidak menyalahgunakan kepemilikan kartu identitas.

Masa berlaku ktp yang awalnya hanya 5 tahun pun berubah menjadi seumur hidup, artinya jika masa ktp habis, maka tidak perlu dilakukan perpanjangan lagi seperti sebelumnya.

Menurut Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) ukuran KTP elektronik di Indonesia adalah 85,60 x 53,98 mm yang terdiri dari 7 layer atau lapisan berbahan dasar PET-G (Polyethylene terephthalate Glycol).


Pada  e-KTP terdapat teknologi biometrics dan kartu chip berbasis mikroprosessor yang dapat menyimpan data pemilik Kt, photo, tanda tangan dan juga sidik jari. Interface dari chip ini telah dibuat sesuai dengan standar ISO 1443 A/B.

 


Cara Print Bolak Balik Ukuran KTP di Word

Tutorial dijalankan di Microsoft Word 2013, namun dapat dilakukan juga di versi lain seperti 2003, 2007, 2010, 2016 dan 365.

 1.  Siapkan  scan/foto ktp yang ingin dicetak (Kondisi image harus sudah ter crop secara rapi). 

 2.   Buka Microsoft Word

3.   Klik Insert untuk memasukkan image ke halaman Word.

Klik Insert dan Pilih Picture

4.   Pilih menu Insert, lalu pilih menu Picture

5. Selanjutnya Cari Folder dimana tempat Gambar atau Foto KTP disimpan




6.  Klik kanan pada gambar KTP, lalu pilih menu Size and Position.

7.  Pada kolom tinggi masukkan angka 5.398 cm, sedangkan di kolom lebar masukkan angka 8.56 cm. Klik OK jika sudah.  Jika settingan Word anda menggunakan Bahasa Indonesia, maka ganti titik menjadi koma pada saat memasukkan angka. Misalnya 5,398 cm dan 8,56 cm.



8.  Klik kanan pada gambar KTP, lalu pilih Wrap Text dan Klik pada pilihan In Front of Text.


9. Klik gambar KTP, pilih menu Format. Selanjutnya Klik Colors dan pilih warna Grayscale, supaya hasil print nanti seperti fotocopy.


9.  Atur posisi gambar KTP. Agar lebih rapi bisa mengaktifkan fitur Gridlines


10. Jika dirasa sudah pas, lanjutkan dengan Klik menu File dan pilih Print. Klik ikon printer untuk mencetak dokumen

11. Setelah sisi KTP belakang tercetak, kembali ke dokumen Word. Sekarang masukkan gambar KTP bagian depan. Pengaturan ukuran dan warna sama dengan sisi belakang.

12.  Agar nanti hasil cetak pas, tumpuk saja gambar KTP bagian belakang dengan KTP bagian depan. Pastikan sisi KTP Belakang tidak tampak lagi.

 


13.  Sebelum mencetak sisi depan KTP, kita harus memutar dulu hasil cetak sisi belakang KTP. Sehingga bagian atas menjadi bawah begitupun sebaliknya.

 

14. Selanjutnya balik kertas, sehingga bagian belakang yang kosong menjadi di depan. Baru setelah itu masukkan kembali kertas ke mesin printer. Cetak dengan settingan yang sama seperti pada sisi bagian belakang KTP.

15. Jika semua sesuai, bagian belakang dan depan akan pas dan rapi. Sehingga akan memudahkan kita saat menggunting hasil cetaknya.