Tempat Wisata di Bogor yang Seru Bersama Anak

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- Beberapa waktu belakangan, diberikan pelonggaran lokasi untuk membuka tempat wisata di masa pandemi. Beberapa sekolah juga sudah mulai melakukan sekolah tatap muka. Barangkali bisa memberikan waktu kepada anak membawa mereka ke tempat wisata di Area Bogor. 


Kenapa ke Bogor ?
Bogor merupakan salah satu kota yang sering menjadi tujuan berwisata. Kota ini menyuguhkan berbagai jenis hiburan dari mulai pemandangan alamnya  yang masih asri hingga kuliner khas bogor yang super enak.

Berikut 6 pilihan tempat wisata anak di Bogor terbaik yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga pastinya seru banget untuk dicoba.

1. Melrimba Garden

Salah satu spot foto di Melrimba. Sumber : IG @melrimbagarden

 

Melrimba Garden terletak di daerah Puncak, Bogor. Tempat ini menjadi sangat populer sebagai lokasi wisata warga Jakarta karena fasilitasnya yang lengkap dan pemandanganya yang indah dikelilingi oleh hutan pinus yang masih asri dan hamparan perkebunan Teh Ciliwung.

Di tempat ini juga banyak terdapat spot foto yang menarik. Untuk anak-anak, Melrimba Garden menyediakan fasilitas taman bermain seperti high rope, mini soccer, ATV dan buggy kart, fun boat dan masih banyak aktivitas seru lainya untuk anak-anak.

Tiket masuk ke Melrimba Garden berkisar dari Rp. 15.000 rupiah untuk anak-anak dan Rp. 20.000 rupiah untuk orang dewasa.

Salah satu objek paling menarik bagi anak-anak adalah mengenal dan melihat hewan secara langsung. Taman Safari Indonesia sejak dulu hingga sekarang selalu menjadi tempat favorit berlibur keluarga.

Pengunjung akan diajak bersafari melihat berbagai macam  hewan yang hidup bebas seperti pada habitat aslinya.

Selain terkenal wisata faunanya, Taman Safari Indonesia menyediakan fasilitas penginapan seperti  hotel, lodge, hingga resort.

3. Penangkaran Rusa Giri Jaya (Cariu)


 

Taman penangkaran rusa Giri Jaya terletak di desa Buana Jaya ini memiliki luas sekitar 5 hektar. Tempat ini telah berdiri sejak tahun 1993 dan sudah memiliki sekitar 44 ekor.

Selain melihat dan memberi makan rusa, disediakan juga fasilitas taman bermain untuk anak dan spot khusus untuk berfoto bersama rusa. Untuk harga tiket masuk pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 8.000/orang, tidak termasuk tiket untuk ke kandang Rusa.


Pengunjung bisa turun ke lahan berumput dan langsung berinteraksi dengan rusa. Hewan herbivora ini memang tidak agresif dan ramah, sehingga tidak perlu takut untuk memberi makan langsung dengan tangan.

Pengunjung boleh membawa sayur untuk makanan rusa dari rumah atau membelinya di tempat. Rusa-rusa biasanya diberi makan ubi atau kacang panjang. Karena sifatnya yang tenang, rusa sangat aman untuk dijadikan teman untuk berfoto bersama.

Tidak jarang tempat penangkaran ini menjadi lokasi untuk foto pre-wedding. Rusa juga tidak segan jika didekati dan dielus. Berkunjung dan berinteraksi dengan rusa bisa menjadi sarana edukasi yang menyenangkan bagi anak-anak untuk mengenalkan dunia hewan.

Waktu yang paling tepat untuk datang dan bertemu rusa-rusa lucu ini adalah pukul 10 dan antara pukul 2 hingga pukul 4 sore. Pada waktu ini, rusa biasanya keluar dari persembunyiannya untuk mencari makan. Selain di waktu tersebut, biasanya mereka tidur dan hanya satu-dua ekor yang berkeliaran.


4. Museum Zoologi
Pergi mengunjungi museum dapat menjadi alternatif berlibur bersama anak. Museum Zoologi memiliki berbagai koleksi sekitar 20 ribu jenis fauna, lengkap dari mulai masa pra-sejarah hingga koleksi serangga-serangga.

Selain menyenangkan mengunjungi museum dapat menjadi aktivitas bermain sekaligus belajar yang menyenangkan bagi anak.

Museum Zoologi buka setiap hari dari mulai jam 8 pagi sampai dengan 3 sore. Untuk harga tiket wisatawan lokal dikenakan biaya sebesar Rp. 14.000 rupiah sedangkan untuk wisatawan asing sebesar Rp. 25.000 rupiah.

BACA JUGA : Hewan Mamalia Terbesar di Dunia Adalah  yang Bisa Kamu Temukan di Bogor

 JSI Resort Puncak Bogor : Bermain dan Bertualang

5. Kuntum Farmfield
Kuntum Farmfield merupakan salah satu tempat agrowisata yang menyatukan pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan menjadi aktivitas yang asik untuk dilakukan.

Pengunjung akan diajak cara menanam padi, memberi makan hewan ternak, sampai diajarkan cara membuat pupuk kompos dari kotoran hewan.

Berkunjung ke tempat ini  selain berlibur juga memberikan banyak manfaat seperti menambah pengetahuan dan menumbuhkan rasa cinta terhadap alam pada anak sejak dini. Tiket masuk ke Farmfield berkisar Rp. 50.000 rupiah weekday dan Rp. 60.000 rupiah weekend

6. Bogor Mini Zoo

Seperti halnya Tempat Rekreasi Anak Di Bogor. Bogor Mini Zoo yang berada di Pamoyanan, Bogor Selatan. Kebun binatang mini ini, merupakan taman wisata edukasi hewan.

Di lahan seluas tiga hektar tersebut, anak-anak dan keluarga bisa belajar dan bermain bersama satwa-satwa jinak peliharaan seperti domba, rusa, anak sapi, anak, ayam, burung kelinci dan lainnya.