Kuntum Farm Field : Jalan - Jalan Agrowisata di Tengah Kota Bogor

#Tags

Ada banyak tempat wisata di Bogor, baik di kabupaten Bogor maupun di Kota Bogor. Dan lokasi wisata di kota Bogor, bukan hanya kuliner,  museum dan kebun raya saja. Di kota Bogor, yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, juga ada tempat wisata yang sangat cocok untuk keluarga, dan tentu saja tetap bisa menikmati alam .

Namanya, Kuntum Farm Field . Kuntum Farm Field / KFF merupakan tempat yang sangat pas untuk disinggahi oleh teman dekat keluarga.  Pengunjung dapat nikmati keelokan alam serta memberi tempat edukasi untuk anak juga. Ingin tahu dengan lokasi ini? Silahkan kita jejaki obyek wisata satu ini.

Sumber : IG


Tentang KFF
Di Kuntum Farm Field, pengunjung yang datang beserta keluarga akan dibawa ke satu pengalaman yang berbeda. Menyintai hewan dan tanaman,  serta berani kotor. Tempat ini benar-benar begitu pas untuk memberi pelajaran terhadap anak-anak agar melihat hewan dan tumbuhan dari dekat.

Lokasi KFF
Sindangrasa, Bogor Timur, bertambah persisnya ada di Jl. Raya Tajur No.291. Datang ke lokasi ini mudah, bahkan dengan kendaraan umum. Tempat ini tidak jauh dari pintu keluar tol Jagorawi.


Jarak dari kota Jakarta ketujuan lokasi ini sekitar 62 km. Tak usah takut lantaran sewaktu keluar dari pintu tol Jagorawi telah banyak papan petunjuk yang tercantum di sini. Saking mudahnya, kamu keluar dari pintu tol jagorawi  yang mengarah ke baranang siang, langsung ambil  belokan  jalan pajajaran ke kiri (ke arah tajur). Terus ikuti  jalan ini beberapa kilometer,  lokasi di sebelah kiri jalan. Memang agak harus berhati-hati karena tidak ada nama Kuntum Farm Field di pinggir jalan Pajajaran. Patokannya adalah, ada belokan setelah restoran Sate maranggi 4444. Langsung masuk ke dalam.
Ada beberapa  belokan / pertigaan, tapi jangan khawatir, bisa tetap ikuti aplikasi waze atau google maps, atau tanya orang-orang di sekitar situ.

Lokasi Kuntum, pertigaan setelah warung sate



Dengan prinsip agrowisata, KFF  menyatukan konsep pertanian, perkebunan, perikanan serta peternakan dalam satu wadah yang dikemas lewat cara menarik serta asyik. Pengunjung akan belajar bagaimana caranya menanam secara benar, bagaimana caranya manfaatkan pupuk kompos sampai agribisnis.

Depan Kuntum Farm Field


Ragam koleksi tanaman dapat disaksikan di lokasi ini. Buat yang mau membawanya pulang serta coba menanamnya sendiri di dalam rumah, kamu dapat beli bibitnya pada harga dimulai dengan 10 ribu rupiah saja.

Lokasi ini memang memiliki daya tarik yang demikian kuat. Sesudah berjalan  melihat beberapa lokasi,  para pengunjung mana pun akan merasakan ketenangan, kenyamanan, serta keteduhan yang mengagumkan. Ditambah lagi bisa mendengar gemericik air terdengar yang membuat perasaan rileks.

Kuntum Farm Field Yang Berbeda
Kesan-kesan pertama waktu masuk tempat ini, pengunjung akan dibikin tidak yakin bila lokasi ini merupakan obyek wisata agrowisata lantaran pada halaman depan cuma perabot. Persisnya, seperti satu rumah serta satu teras yang dimanfaatkan untuk santai.

Di area depan penerima tamu, pengnjung  akan mudha menemukan beberapa koleksi tanaman yang menyengaja dipamerkan. Tanaman ini mengisyaratakan begitu Kuntum Farm Field benar-benar fokus untuk membawa alam pada pengunjung.

Tidak cuma tanaman saja yang bikin mata tidak dapat berkedip, tapi terdapatnya kolam ikan dengan  ragam ikan di dalamnya.

Jelajah Kuntum Farm Field
Kita mulai menelusuri lokasi kuntum farm field. Sesudah keluar dari lobi, teman dekat native akan diterima dengan beberapa tanaman sayuran seperti wortel serta kubis. Tidak tertinggal juga dengan hewan ternak seperti kambing, biri-biri serta anak domba.

Untuk anak domba,kamu dapat memberi susu hingga beberapa anak dapat belajar bagaimana  dekat dengan binatang. Ini tentu saja pengalaman yang baru buat anak-anak. Ada yang merasa geli serta takut, ada yang berani serta selamanya ketawa. Namanya beberapa anak, yakin ada-ada saja tingkahnya.

Meski di area tesebut tercium aroma yang kurang enak dikarenakan peternakan merupakan tempatnya hewan yang bersatu dengan kotoran, tapi masih bisa ditoleransi.
Area Kandang Kambing
Sumber Foto : IG @shofahanifati


Lalu ada ruang kelinci serta marmut. Ruang ini paling diminati beberapa anak, dikarenakan mereka dapat main sepuasnya dengan ke-2 hewan yang imut ini. Meski demikian, tetap pantau buah hati anda, karena  kelinci dan marmut merupakan hewan yang sensitif juga.

Bermain dengan kelinci
Sumber foto : IG Feby_kenangan


Selanjutnya adalah area unggas. Ada aliran sungai buatan yang dimanfaatkan untuk angsa, bebek, serta beberapa unggas lain berenang ke sana-kemari. Tempat ini tampak demikian menggemaskan lantaran pesona hewan-hewan ini. Waspada yang namanya angsa. Lantaran hewan satu ini bisa agresif jika merasa kesal.

Kandang Unggas di Kuntum Farm Field
Sumber Foto : IG alchemiputri


Selanjutnya, yuk berkuda. Pengunjung  dapat naik kuda  dengan beberapa pemandu yang sudah  berpengalaman. Kamu akan  ditunjukkan bagaimana menjaga kuda, hingga perawatan yang penting dikerjakan teratur. Dimulai dengan memandikan, memijat, sampai membersihkan kulitnya. n

Sesudah itu penangkapan ikan. Di sini pengunjung akan dibawa masuk ke satu kolam ikan, lalu ambilnya dengan jaring yang udah disiapkan. Sepertinya mudah, tapi kamu harus coba sendiri untuk merasakan susahnya. Ikan-ikan di sini begitu kecil, hingga butuh kecermatan serta ketelitian.

Sesudah suka kerjakan permainan tangkap ikan, waktunya untuk belajar menanam. Ada banyak tanaman organik yang udah disediakan untuk ditanam oleh pengunjung. Tidak cuma menanam saja, tapi pengunjung juga dikasih tahu apakah saja faedah tanaman, terutama tanaman obat.

Area Berkebun di Kuntum Farm Field
Sumber Foto : IG alexandra.ivanka

BACA JUGA :

 Tempat Wisata di Bogor yang Seru Bersama Anak

Wisata Alam dan Budaya di Kampung Wisata Cinaneng Bogor , Kecamatan Ciampea

 

Tidak tertinggal juga, kegiatan yang menggabungkan kreasi ialah dengan menggambar serta melukis caping. Aktivitas ini bisa menambah kepekaan serta kepandaian yang dibutuhkan. Buat anak yang berumur 5 tahun, aktivitas ini pun memiliki fungsi untuk pengenalan warna serta melatih indera pandangan.


Harga Ticket Masuk
Harga tiket masuk lokasi ini merupakan  50  ribu rupiah di hari biasa, 60 ribu di akhir pekan (sabtu dan minggu)  harga per bulan Mei 2020. Jika ingin menikmati layanan  fish spa ada tambahan biaya lagi.  Begitu juga  buat yang mau memberikan susu atau makanan terhadap hewan, harga cuma 5 ribu rupiah saja.

Setelah menjelajah kuntum farm fiel, memang amatlah melelahkan, tapi juga membahagiakan. Tapi kamu juga jadi tambah pengetahuan  soal tanaman dan hewan. Hal yang akan jarang kamu temukan di tempat wisata lain.

Kuntum Farm Field memang menawarkan semua konsep ideal lokasi wisata, mulai dari mudah dijangkau, lengkap, dan tentu saja INSTAGRAMABLE.  Langsung ingin ke lokasi ya ? Tahan dulu, cek jam buka mereka ya di instagram mereka.