Hewan Mamalia Terbesar di Dunia Adalah ...Kamu Bisa Temukan di Bogor

#Tags

Apakah kamu pernah memikirkan, apa ya hewan mamalia terbesar di dunia ? Mungkin jika orang banyak ditanya akan menjawab  Gaja Atau Badak? Ya, keduanya besar dan berat. Tapi untuk menemukan jawabannya, kamu yang berlokasi di Bogor, tidak perlu jauh berkelana keliling dunia untuk menemukannya.  Kamu cukup mengunjungi Museum Zoologi di Bogor.

Sebelum kita mencari tahu apa hewan mamalia terbesar di dunia, kamu harus tahu dulu apa itu Museum Zoologi.Nama awalnya adalah Museum Zoologicum Bogoriense atau Museum Zoologi dibangun oleh J.C. Koningsberger, seorang pakar botani asal Jerman di tahun 1894.

J.C. Koningsberger
Perintis Museum Zoologi Bogor

Museum ini awalannya mempunyai peranan untuk wadah riset yang terkait dengan pertanian, pendataan fauna, serta zoologi. J.C. Koningsberger kumpulkan koleksi-koleksi dari beberapa wilayah di Indonesia dan beberapa negara di dunia, diantaranya ialah  hewan mamalia terbesar di dunia.

Museum bogor
Halaman Depan Museum Zoologi di Bawah Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya-LIPI
Sumber foto : https://www.instagram.com/mzb1894/

Banyak koleksi lain di Museum Zoologi. Jumlah koleksi yang dipamerikan di museum ini mencakup 3,5% jumlah tipe fauna yang ada di Indonesia. Kecuali koleksi binatang awetan, museum ini mempunyai koleksi binatang hidup untuk riset ilmiah.

Koleksi ilmiah yang berada di zoologi terdiri dari kelompok-kelompok, yaitu barisan mamalia, ikan, burung, reptil serta amfibi, moluska, serangga, serta invertebrata yang lain.

Koleksi paling banyak yang dipunyai museum zoologi ialah koleksi serangga, yaitu 12.000 tipe serangga, yang diwakilkan 2.580.000 contoh spesimen.

Nah, kamu pasti bertanya-tanya, jadi hewan mamalia  terbesar di dunia,  yang ada di museum Zoologi Bogor itu, apa ya  ?

Hewan Mamalia Terbesar di dunia adalah Paus Biru. Memang, cuma rangka saja sih. Tepatnya, kerangka asli ikan paus biru raksasa (Balaenoptera musculus) . Kerangka ikan ini ditemukan terdampar mati di Pantai Pamengpeuk, Priangan Selatan, pada Desember 1916. Panjangnya 27,25 m dengan berat 119.000 kg.

Museum Bogor
Tampilan Paus Biru dari belakang di Museum Zoologi Bogor


Perbandingan besar badan paus biru dengan hewan lain.
Paus biru atau bahasa ilmiahnya Balaenoptera musculus ialah makhluk laut yang memiliki ukuran besar sekali, serta dipercaya ialah makhluk hidup paling besar yang sempat hidup di planet bumi, bahkan lebih besar dari dinosaurus paling besar.

Dinousaurus terbesar tidak terima dengan ukuran Paus Biru



Paus biru paling besar yang sempat tertera capai berat 181 ton serta panjang 33 meter.  Bila ditempatkan di atas tanah, Paus Biru sama juga dengan panjang  6 ekor gajah besar!

Perbandingan Ukuran Paus Biru
Sumber : Ocean Institue



Ukuran jantung paus biru ialah seukuran mobil, serta aliran pembuluh darahnya demikian besar sampai kita dapat berenang didalamnya.

Dalam beberapa ribu tahun, beberapa pelaut jarang-jarang sekali lihat mamalia raksasa ini. Bahkan kalau sedang apes dan  berjumpa dengan paus biru, mereka langsung menghindar secepat-cepatnya sebab  takut akan kehadirannya. Pasti dapat dimengerti buat orang pemula seperti kita untuk berasa takut serta was was berjumpa dengan makhluk memiliki ukuran raksasa ini.

Museum Zoologi
Mundur Sedikit, dan kamu  bisa melihat ekor paus biru di
Museum Zoologi Bogor


Sekarang, kita semakin tahu jika paus biru benar-benar tidak beresiko buat manusia, serta faktanya, mereka punyai kesamaan dengan kita, manusia, yaitu mereka ialah mamalia berdarah hangat yang perlu hirup udara.

Jika kamu penasaran seperti apa sih bentuknya lebih jelas dan tentu saja ingin berfoto atau mengabadikan fotonya lebih baik, bisa mengunjungi di alamat berikut :
Museum Zoologi Bogor
Alamat :
Jl. Ir. H. Djuanda No. 9, Paledang, Bogor Tengah, Paledang,
Bogor Tengah, Paledang,
Bogor Tengah, Kota Bogor,
Jawa Barat 16911

Untukjam buka dan kunjungan bisa menghubungi :

Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya-LIPI (0251) 8311362 - 8336871