Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah untuk Siswa Sekolah SD SMP SMA SMK dan Contoh Surat Izin Sakit

#Tags

Surat merupakan sarana komunikasi yang digunakan untuk  menyampaikan informasi secara tertulis oleh seseorang atau pihak kepada yang  lain, dengan tujuan untuk memberitahukan maksud pesan dari pengirimnya.  Meski komunikasi sudah menggunakan ponsel, namun dalam beberapa hal surat masih tetap dibutuhkan.  Seperti surat pemberitahuan tidak bisa masuk sekolah karena sakit. Meski bisa diminta izin lewat ponsel, namun penggunaan surat dibutuhkan untuk dokumen administrasi.



Berbicara tentang surat, lalu bagaimana cara membuat surat izin karena  sakit, contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit dan contoh surat  izin tidak masuk sekolah karena pergi. Berikut hal-hal yang perlu dituliskan dalam membuat surat izin 


1. Menuliskan Tujuan Penulisan Surat
Dalam mengirim surat tentu saja harus dengan tujuan yang jelas, agar di  ketahui untuk siapa surat tersebut ditujukan. Misalkan bagi anda yang  masih sekolah surat tersebut ditujukan untuk Kepala Sekolah atau Wali  Kelas, dan bagi pekerja biasanya ditujukan kepada pimpinan maka anda  harus menggunakan kata “Yth” atau “Kepada”.


2. Alasan yang Jelas
Ketika membuat surat anda harus memberikan alasan yang jelas mengapa  anda tidak bisa hadir dalam mengikuti proses belajar mengajar atau kenapa  anda tidak masuk kerja, karena alasan inilah yang dapat menentukan  apakah surat anda di terima atau tidak. Untuk itu tuliskan alasan anda  secara logis. Dan bisa melampirkan dengan surat keterangan sakit dari  dokter.


3. Tanggal
Hal yang harus anda perhatikan selanjutnya dalam pembuatan surat adalah  tanggal, surat yang akan anda kirim harus tertera tanggal yang jelas dan  sesuai dengan tanggal pengiriman atau hari itu juga, agar penerima surat  tidak merasa bingung.


4. Alamat Tujuan
Selain alamat pribadi, anda juga harus melampirkan alamat yang akan dituju. Misalnya sekolah, kantor, dll.


5. Salam Pembuka
Setiap surat baik formal maupun surat pribadi tentu saja memiliki salam  pembuka. Ketika mengirim surat izin tentunya anda harus memulai suratnya dengan salam pembuka terlebih dahulu kemudian di lanjutkan  dengan isi surat.


6. Isi Surat  
Setelah salam, anda akan menulis isi dimana menjelaskan tentang tujuan dan alasan anda mengirim surat tersebut, dalam isi surat anda harus menggunakan bahasa yang baik dan benar agar mudah di pahami oleh  pembaca.

7. Salam penutup  
Setelah isi surat dilanjutkan dengan salam penutup, biasanya pada bagian  penutup surat, pengirim akan mengucapkan terima kasih kepada pembaca  dan salam sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.


8. Nama Pengirim
Tak lupa nama pengirim ditulis pada bagian bawah samping kanan, agar  pembaca mengetahui dengan jelas siapa pengirim surat tersebut. Ketika sakit dan tidak bisa mengikuti proses belajar mengajar maka orang  tua/wali murid akan membuatkan surat.

Membuat surat baik dari orang tua  maupun membuat surat izin sekolah sendiri tidak jauh berbeda, hanya saja  perbedaan pada nama, jika orang tua/wali yang membuat maka akan di cantumkan  nama mereka. Sebaliknya, jika surat buatan sendiri maka cantumkan nama sendiri.


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit untuk Siswa SD,SMP, SMA,SMK


A. Contoh Surat Izin Sekolah SD karena sakit

( Nama Kota misal, Bogor), 1 Agustus 2021

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-D
(Nama Sekolah)
di Tempat


Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku Orang Tua/ Wali murid dari :
Nama : ……….
Kelas : V – A
Alamat : ……….
NISN : ……….

Bismillahirrahmanirrahim Assalamu’Alaikum Wr. Wb
Melalui surat ini kami memberitahukan bahwa anak kami pada hari ini Kamis, 1 Agustus 2019 tidak dapat mengikuti proses belajar mengajar sebagaimana biasa dikarenakan sakit ( Diare ). Untuk itu kami memohon kepada Bapak/Ibu guru agar memberikan izin sampai anak kami sembuh dan bisa belajar seperti biasa. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu’Alaikum Wr. Wb

Hormat kami,
Orang Tua/Wali murid,

( Tanda Tangan)

( Nama Orang Tua/Wali)


B. Cara membuat surat izin sendiri dan Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena pergi

                                                                                ( Nama Kota,misal Bogor ), 1 Agustus 2021

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas
(Nama Sekolah)
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : ……….
Kelas : ……….

Melalui surat ini saya menyampaikan permohonan maaf kepada Bapak/Ibu hari ini tidak dapat mengikuti proses belajar mengajar sebagaimana biasa karena ada urusan mendadak di Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan dan harus segera diselesaikan hari ini. Demikian apa yang saya sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu guru saya ucapkan terima kasih

Hormat saya

(Tanda tangan)

(Nama pengirim)