Tempat Wisata Berkemah / Camping di Bogor

#Tags

Bogor, halamanbogor.com  -- Berlibur bersama keluarga atau kenalan, mungkin sudah biasa kalau hanya mengunjungi lokasi wisata kemudian menginap di hotel atau menyewa villa. Selain itu ada pilihan lain, yaitu mengisi liburan dengan berkemah.

Camping bisa jadi alternatif liburan seru yang bisa dilakukan bersama teman maupun keluarga. Bagi kamu yang tinggal di Jabodetabek dan Jawa Barat, Bogor merupakan salah satu destinasi yang tepat dengan pilihan lokasi berkemah yang cukup banyak.

Tak hanya karena alam Bogor masih sangat asri, kota hujan juga mudah dijangkau karena akses dan fasilitas transportasinya lengkap. Selain itu, banyak kawasan di Kabupaten Bogor dikenal sebagai salah satu daerah bersuhu dingin, serta memiliki banyak gunung dan bukit di sekitarnya yang menawarkan keindahan wisata alam.

<


Berikut daftar lokasi yang bisa jadi alternatif liburan berkemah.

1. Griya Sawah Lega

 

Ilustrasi : Salah satu tempat perkemahan di Bogor, Di Griya Sawah Lega. Sumber : Instagram @griyasawahlegaofficial


Griya Sawah Lega merupakan tempat wisata yang menawarkan penginapan villa, dan Bungalow, dan fasilitas outbond. Selain itu mereka juga menyediakan paket untuk berkemah di dalam area mereka dan kolam pemancingan yang bisa menampung 100 pemancing sekaligus. 


Griya Sawah Lega bisa menjadi pilihan bagi yang  sedang mencari pemandangan persawahan. Jika sedang ingin mencari ketenangan sejenak, dan berlibur dari penat keseharian, tempat camping di Cisarua ini mungkin cocok untuk kamu.

2. D’Jungle Private Camp

D'Jungle Private Camp

 

Bagi wisatawan yang menginginkan suasana liburan yang berbeda dari biasanya, D’Jungle Private Camp adalah tempat yang sangat cocok. D’Jungle Private Camp sendiri merupakan area berkemah yang berada di jalur puncak Cisarua Bogor. Tempat ini memiliki luas area sekitar 10 hektar.

Berbagai kegiatan dari hiking sampai tracking, bisa dilakukan di D’Jungle Private Camp. Udara di sini pun masih sangat sejuk, karena lokasinya yang berada di ketinggian 1000 mdpl. Dari sini, pengunjung juga bisa tracking ke air terjun Curug Kembar.

3. Gunung Pancar 

Kamu yang sudah lelah berada di rumah dan ingin berlibur sejenak merasakan suasana baru, bisa mencoba aktivitas menginap di glamping selama satu atau dua hari di Gunung Pancar.

Ilustrasi : Berkemah di area gunung pancar (Sumber: Instagram @gunungpancar)

 
Gunung Pancar merupakan salah satu destinasi wisata di Bogor yang cocok untukrs yang memiliki jiwa petualang. Sejuknya kawasan hutan pinus ditambah atmosfer udara yang masih segar menjadikannya salah satu tempat camping favorit.


Tak cuma bisa berkemah dan merasakan bermalam lebih dekat dengan alam, di kawasan Gunung Pancar, pengunjung juga bisa menemukan pemandian air panas alami yang sangat menenangkan.

HARGA 169RB >>> LINK PEMBELIAN

 

 4. Agrowisata Gunung Mas

 



Tempat berkemah yang selanjutnya ini, pengunjung bisa menikmati suasana berkemah di tengah-tengah perkebunan teh di atas ketinggian 1200 mdpl.

Agrowisata Gunung Mas terletak di Kabupaten Bogor di kecamatan Cisarua, persisnya antara Taman Safari Indonesia - Bogor  serta Masjid Attaawun.  Lokasi agro wisata ini dikelola oleh PTPN VIII.  Lokasi ini dikelilingi hijaunya perkebunan teh tak hanya menawarkan segarnya udara perkebunan, namun juga suasana dingin khas dataran tinggi.

 5. Bumi Perkemahaan Mandalawangi

Ilustrasi : Berkemah di Bumi Perkemahan Mandalawangi (Sumber : IG @natgeoIndonesia)

 
Bumi perkemahan Mandalawangi adalah alternatif tempat kemah di Bogor selanjutnya yang bisa jadi pilihanmu.

Bumi Perkemahan ini termasuk dalam Zona Pemanfaatan kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dengan luas tiga hektare.

Di dalam bumi perkemahan terdapat Danau Mandalawangi, air terjun Rawagede, juga jalan setapak di dalam hutan. Lokasinya berdekatan dengan Kebun Raya Cibodas.

Di kawasan ini, pengunjung bisa menemukan lapangan luas yang bisa Toppers gunakan untuk membangun tenda bersama para pengunjung lainnya. Dikelilingi rimbunnya hutan dan pegunungan, berkemah di Mandalawangi. 


6. Eagle Hill Camp

 

Sumber : IG @hohoatmaja

Berkemah pun bisa nyaman. Anda bisa merasakan hal tersebut di Eagle Hill Camp. Dikelola secara modern lengkap bersama fasilitas-fasilitas penunjang yang membuat pengunjung yang masih pemula dalam hal berkemah tak perlu khawatir kesulitan.

Kawasan perkemahan seluas tak kurang dari 12 Hektar yang berada di ketinggian 1000 mdpl tak hanya memiliki suasana asri yang menyegarkan, namun dilengkapi beragam wahana penunjang yang menjadikannya sangat tepat untuk dijadikan tempat gathering, pelatihan, dan aktivitas-aktivitas berkelompok lainnya. 

7. Gunung Bunder

 Tempat camping di Bogor selanjutnya yang tak kalah seru adalah perkemahan Gunung Bunder yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Di dalam kawasan ini sendiri, ada banyak sekali titik lokasi kemah.


Salah satu tempat kemah yang paling favorit adalah di Curug Cihurang yang menawarkan suasana khas air terjun yang menyegarkan. Tak cuma Curug Cihurang, ada pula Curug Cigamea, Curug Ngumen dan berbagai air terjun lainnya yang tak kalah menakjubkan untuk dijelajahi saat berkemah disini.

 8. Campground Sukamantri

 
Untuk bisa mencapai Camp Ground Sukamantri sebagai lokasi berkemah, mungkin membutuhkan perjuangan yang tak mudah karena akses-nya yang masih tidak terlalu memadai.

Salah satu suasana di Camp Ground Sumantri hasil foto IG @tezar_fikry


Namun, dibandingkan dengan panorama alam dari perkemahan Sumantri yang berada di kaki Gunung Salak ini, tentu perjuangan tersebut akan terbayarkan.

Titik perkemahan di kawasan ini berada di dataran sebuah lembah dimana pengunjung bisa menikmati indahnya panorama pegunungan, hutan pinus, dan juga rasamala.

Tempat camping di Bogor satu ini juga merupakan lokasi yang tepat untuk menikmati indahnya panorama matahari terbit.

10. Perkemahan Citamiang
Berlokasi di Kampung Pondok Rawa, Citamiang adalah tempat perkemahan / camping ground lainnya yang bisa dicoba di Bogor.  Terletak di jalan raya Ciawi-Cianjur, pengunjung tidak perlu bingung mencapai lokasi camping ground Citamiang. Dari arah Ciawi, gerbang masuk camping ground berada persis di sisi kiri jalan raya. Hanya terpaut sekitar satu kilometer sebelum Agrowisata Gunung Mas.

Perkemahan Citamiang (Sumber : IG susan_tiany)

 
Membawa kendaraan sendiri bisa memudahkan mencapai lokasi. Namun apabila Teman Traveler memakai kendaraan umum, tidak masalah. Turun saja di gapura Kebun Teh Ciliwung. Dari situ kalian bisa naik ojek atau berjalan kaki ke area kemping yang jaraknya kurang lebih 700 meter dari gerbang masuk.

Di kawasan asri ini, para pengunjung tak hanya bisa berkemah namun juga menikmati serunya melakukan trekking menyurusi hutan dan juga menjelahi hijaunya perkebunan teh.


Jika ingin merasakan suasana berkemah namun tidak ingin repot-repot bawa tenda dan perlengkapan lainnya, sewa saja dome atau vila pondokan di Citamiang. Tarifnya memang sedikit lebih mahal dibanding membawa tenda dan peralatan sendiri. Namun jika ingin praktis, sewa dome atau vila bisa jadi alternatif bijak.

11. Perkemahan Ciputri
Satu lagi tempat camping di Bogor yang menawarkan keseruan bermalam di alam liar adalah di Perkemahan Ciputri. Kawasan perkemahan ini tak hanya masih sangat alami, namun juga merupakan rumah bagi berbagai satwa seperti Elang Jawa dan juga monyet-monyet yang hidup bebas di hutan.

Berkemah di Perkemahan Ciputri (Sumber : IG @info_campsite_bogor)

Untuk pengunjung yang berjiwa petualang, trekking di kawasan ini, bisa menyusuri berbagai air terjun yang indah seperti Curug Putri, dan Curug Padalarang, ataupun melewati segarnya aliran sungai. Namun, pastikan kondisi fisik kamu fit dan prima karena jalur trekking di kawasan ini cukup sulit.