Arti Merchandiser, Tanggung Jawab Merchandiser, dan Skill Yang dibutuhkan

#Tags

Arti Merchandiser

Sebenarnya, ada beberapa definisi atas merchandise, karena tanggung jawab merchandiser di satu tempat dengan tempat lain bisa saja berbeda.

Menurut The Balance Small Business, merchandiser adalah seseorang yang bertugas menciptakan lingkungan yang menarik secara visual untuk pengalaman pelanggan berbelanja.

Adapun menurut Repsly, merchandiser adalah seseorang yang bertanggung jawab atas segala sesuatu yang terjadi pada suatu produk, mulai dari produk tersebut dikirim ke toko sampai pembeli mengambilnya dari rak.

Ilustrasi pengaturan tata letak produk olerh merchandiser. Sumber :  Martin Adams on Unsplash



Jika disimpulkan, merchandiser adalah seseorang yang mengatur tata letak produk agar menarik untuk dibeli oleh pelanggan di toko.

Selain itu, seorang merchandiser juga harus memastikan produk tiba tepat waktu dan bekerja dengan tim purchasing atau sales untuk memperkirakan, merencanakan, dan mengawasi stok barang.

Biasanya, seorang merchandiser bekerja di sebuah toko retail atau supermarket. Mereka bekerja sebagai bagian dari tim sales.

Berkat kinerja seorang merchandiser, pelanggan bisa terdorong untuk membeli banyak produk yang sesuai dengannya. Selain itu, pelanggan juga bisa menemukan produk-produk unggulan dengan lebih mudah.

 

Tanggung Jawa Merchandiser

Dalam menjalankan pekerjaannya, ada beberapa tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang merchandiser. Namun, tanggung jawab tersebut bisa berbeda dari satu industri dengan industri lainnya.

Pasalnya, setiap industri memiliki kebutuhan merchandiser yang berbeda.

Namun, tanggung jawab umum seorang merchandiser adalah sebagai berikut.
1. Memeriksa produk yang dipajang

Sebelum produk dipajang di sebuah toko, kios, atau supermarket, seorang merchandiser harus memeriksa produk-produk tersebut.

Hal-hal yang diperiksa antara lain harga, tanggal kadaluarsa, kondisi kemasan, hingga kondisi produk itu sendiri. Merchandiser harus memastikan bahwa produk tersebut memang layak untuk dijual.
2. Mengatur tata letak penjualan

Salah satu tanggung jawab utama seorang merchandiser adalah mengatur tata letak penjualan.

Biasanya, sebuah toko memiliki floor plan atau layout sendiri. Dari floor plan tersebut, merchandiser bisa menentukan lokasi yang cocok untuk setiap produk yang dijual.

Selain cocok, merchandiser juga bertanggung jawab agar produk tersebut mudah ditemukan oleh pelanggan.

Bahkan, ada pula trik-trik yang bisa dilakukan, seperti menaruh produk-produk kecil di bagian kasir agar dilirik pelanggan.
3. Menganalisis tren market terhadap produk

Tugas merchandiser lainnya adalah melakukan analisis tren market terhadap produk-produk yang dijual.

Dengan kata lain, merchandiser harus mencari tahu produk apa yang sedang banyak dicari dan dibeli oleh pelanggan.

Produk-produk itulah yang harus mendapat perhatian lebih untuk ditempatkan di lokasi yang mudah dijangkau pelanggan.
4. Menjalankan strategi promosi

Seorang merchandiser juga bertugas menjalankan strategi promosi yang sudah dirancang oleh departemen lainnya. Promosi yang dimaksud bisa berupa diskon, beli 1 gratis 1, dan sebagainya.
5. Memeriksa stok produk

Setelah menjalankan empat tanggung jawab tersebut, merchandiser juga harus memeriksa stok produk secara berkala.

Merchandiser bisa melihat dan menentukan produk mana yang memerlukan stok lebih banyak dan mana yang harus dikurangi. Dengan begitu, stok tidak akan kehabisan atau menumpuk di kios tersebut.

Skill yang Dibutuhkan

Ada beberapa skill utama yang dibutuhkan oleh seorang merchandiser, yaitu sebagai berikut.

  1.     Analisis data dan tren
  2.     Kreativitas yang tinggi
  3.     Komunikasi dengan berbagai pihak
  4.     Memiliki ketelitian yang tinggi
  5.     Menguasai tentang display produk


Itulah penjelasan lengkap mengenai merchandiser.

Intinya, merchandiser adalah seseorang yang bertanggung jawab atas produk yang baru saja diantar ke sebuah toko retail atau supermarket.

Sumber : Glints.com