Whatsapp Meluncurkan Fitur Yang Menyembunyikan Arsip Pesan

#Tags

 Alat komunikasi sejuta umat pengguna hp android, yaitu whatsapp, masih tetap berinovasi. Terbaru, mereka meluncurkan fitur Archived chats baru untuk pengguna. Fitur yang baru diluncurkan ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan pesan yang kurang penting tanpa perlu diganggu lagi setelahnya.

>
Melalui pengumuman baru di blog, WhatsApp mengatakan update terbaru ini bertujuan untuk memberikan pengguna lebih banyak kontrol terhadap chat yang ada di inbox mereka dan fokus dengan chat yang lebih penting.

Ilustrasi Whatsapp di ponsel

Sebelum fitur baru ini, yaitu Archived chats, diluncurkan, chat yang sudah diarsipkan akan kembali ke inbox utama jika ada pesan baru yang masuk ke chat tersebut. Pengguna WhatsApp pun telah lama meminta agar chat yang telah diarsipkan agar tetap tersembunyi.

Dengan fitur baru ini, chat yang sudah diarsipkan akan tetap berada di folder Archived meski menerima pesan baru. Fitur ini akan menyembunyikan chat yang sudah diarsipkan secara permanen, kecuali pengguna memasukkannya kembali ke inbox utama secara manual.


Pengguna Whatsapp tidak akan menerima notifikasi jika ada pesan yang masuk ke chat yang telah diarsipkan, kecuali jika di-mention atau pesan mereka dibalas di grup.

WhatsApp juga memberikan opsi bagi pengguna untuk menggunakan fitur arsip yang sebelumnya. Caranya dengan menonaktifkan opsi 'Keep chats archived' di pengaturan Chats di aplikasi.

Cara menggunakan fitur chat arsip / folder archived

Berikut ini cara menyembunyikan pesan ke arsip WhatsApp selamanya:
- Buka aplikasi WhatsApp di ponsel lalu ketuk dan tahan chat yang ingin diarsipkan
- Ketuk ikon Archive yang menunjukkan kotak dengan tanda panah di bagian kanan atas aplikasi
- Chat akan langsung tersimpan di folder Archived secara permanen dan tidak akan menampilkan notifikasi jika ada pesan yang masuk. Untuk mengakses chat yang sudah diarsipkan, buka folder Archived yang ada di bagian atas aplikasi WhatsApp

- Jika ingin mengeluarkan chat dari folder Archived dan mengembalikannya ke inbox utama, buka folder Archived, ketuk chat yang ingin dikembalikan, dan ketuk ikon Archive di pojok kanan atas.

- Jika ingin pesan yang sudah diarsipkan agar kembali ke inbox utama setelah menerima pesan, buka menu pengaturan di aplikasi WhatsApp, pilih opsi Chats, dan matikan toggle 'Keep chats archive