Waspada Saturasi Oksigen Turun saat Isolasi Mandiri

#Tags

Saat seseorang terkana covid-19, 80 persen sebenarnya memiliki kondisi tanpa gejala atau dengan gejalan ringan. Sementara 20 persen sering sekali mengalami gejala menengah hingga berat. Masalahnya belakangan ini, banyak yang mempunya gejala ringan bisa memburuk dalam waktu waktu cepat.

Karena itu WHO mengeluarkan panduan untuk memonitor kondisi saturasi oksigen saat melakukan isolasi mandiri. Saturasi oksigen dalam hal ini adalah kadar oksigen dalam tubuh. Nilai ini sangat penting karena berpengaruh pada fungsi organ dan juga jaringan tubuh. Jika saturasi oksigen-nya rendah, maka perlu cara meningkat saturasi oksigen.

Monitor Saturasi Oksigen Dengan Oximeter


Saturasi Oksigen dengan Proning Saturasi oksigen normal ada berkisar antara 95% sampai 100% pada pengukuran oximeter. Jika kadar oksigen di bawah angka tersebut, perlu di waspadai. Saturasi oksigen di bawah 92% menandakan pasien tersebut membutuhkan penanganan medis. Karena itu, pasien Covid-19 yang sedang menjalankan isolasi mandiri atau isoman harus rutin mengecek kadar oksigen menggunakan alat yang dikenal dengan nama oximeter.

BACA JUGA :  Kebutuhan Oximeter Saat Melakukan Isolasi Mandiri Karena Terpapar Covid-19

Turunnya saturasi oksigen ini ternyata diakibatkan oleh beberapa hal :
1. Terjadi hipoksia atau gagal nafas yang disebabkan oleh infeksi paru-paru yang meluas.
2. Salur nafas kecil atau alveoli mengalami koleps yang disebabkan adanya dahak yang menumpuk secara berlebih.
3. Adanya infeksi badan karotis yang disebabkan oleh infeksi dari virus corona. 4. Adanya penyakit lain yang menyebabkan saturasi oksigen covid menjadi rendah, seperti anemia, jantung, asma, dan beberapa penyakit pernapasan lainnya.

Jika saturasi oksigen turun, bisa diatasi dengan pemberian terapi oksigen melalui selang atau masker oksigen. Namun, alat-alat tersebut umumnya tersedia di fasilitas kesehatan.


Dilansir dari laman AloDokter, untuk pasien isolasi mandiri yang mengalami penurunan saturasi oksigen, dapat melakukan terapi mandiri yang dikenal dengan nama proning  (tengkurap). 

Posisi proning bisa dilihat di infografis dari indonesiabaik.id berikut ini.